Qupas Healthy

Gejala Kanker Payudara yang Muncul Sejak Dini, Ketahui dan Waspadai!

27 December 2019, at 05:00
Gejala Kanker Payudara yang Muncul Sejak Dini, Ketahui dan Waspadai!

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh perempuan di seluruh dunia. Kasusnya pun dilaporkan meningkat dari tahun ke tahun.

Sayangnya, masih ada banyak orang yang nggak menyadari dan kurang mengenali gejala-gejala kanker payudara stadium awal sehingga terlambat pergi ke dokter.

Untuk mencegah hal tersebut, berikut ini beberapa ciri-ciri kanker payudara yang perlu kamu ketahui dan waspadai.

1. Muncul Benjolan

gejala kanker payudara
pourquoidocteur.fr

Benjolan merupakan salah satu gejala kanker payudara yang muncul sejak dini dan paling mudah dikenali. Selain di area payudara, benjolan juga bisa muncul di sekitar dada dan ketiak.

Seringkali, benjolan kanker payudara nggak bisa dilihat secara langsung namun akan terasa saat disentuh. Nggak hanya itu, benjolan ini juga bisanya nggak menyakitkan.

ciri ciri penyakit kanker payudara
alternativehealthscience.com

Untuk lebih jelasnya, berikut ini ciri-ciri benjolan di payudara yang menjadi tanda kanker:

  • Hanya ada satu benjolan
  • Nggak sakit atau nyeri saat ditekan
  • Benjolan melekat pada payudara
  • Permukaan benjolan nggak rata
  • Tekstur benjolan lunak ke arah keras

2. Keluar Cairan Berwarna dari Puting

gejala awal kanker payudara
picolozine.com

Kamu juga perlu mewaspadai apabila terdapat luka mirip eksim yang nggak kunjung sembuh di puting. Keluarnya cairan nggak biasa yang encer dan kental dari puting juga merupakan salah satu ciri-ciri penyakit kanker payudara.

Cairan yang keluar biasanya berwarna cokelat kemarahan seperti darah. Meskipun nggak selalu menandakan kanker, namun ada baiknya apabila segera memeriksakan diri ke dokter karena hal tersebut menandakan adanya infeksi.

3. Perubahan Tekstur Kulit Payudara

gejala kanker payudara stadium awal
hellosehat.com

Perubahan yang terjadi pada tekstur kulit payudara juga merupakan salah satu hal yang perlu kamu waspadai sebagai gejala kanker payudara stadium awal.

Sel kanker biasanya menyerang sel-sel kulit yang sehat dan menyebabkan peradangan. Berikut ini ciri-ciri perubahan tekstur kulit yang merupakan gejala awal kanker payudara.

  • Kulit menebal di area sekitar payudara
  • Kulit payudara berlesung atau berlubang seperti kulit jeruk

Baca Juga: Pria Juga Bisa Kena Kanker Payudara Loh, Berikut 5 Gejalanya!

4. Puting Masuk ke Dalam

gejala gejala kanker payudara
verywellhealth.com

Selain menyebabkan perubahan tekstur kulit, sel kanker juga menyerang dan mengubah sel di belakang puting. Hal tersebut dapat menyebabkan puting terbalik atau menjorok masuk ke dalam.

Nggak hanya itu, bentuk dan ukuran puting juga bisa berubah dari aslinya. Meski demikian, perubahan tersebut juga bisa disebabkan oleh kista atau infeksi sehingga nggak selalu menjadi tanda kanker payudara.

5. Payudara Besar Sebelah

gejala penyakit kanker payudara
pfimegalife.co.id

Sebenarnya, ukuran payudara yang besar sebelah merupakan hal yang wajar terjadi. Akan tetapi, hal tersebut juga bisa menjadi salah satu tanda kanker payudara stadium awal.

Payudara besar sebelah yang menjadi ciri-ciri kanker payudara biasanya beda ukurannya sangat signifikan. Sisi payudara yang terdapat benjolan sangat membengkak sehingga tampak turun dan merosot.

6. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

ciri ciri kanker payudara
healthcareempresas.com

Sel kanker juga dapat menyebar dan berpindah ke kelenjar getah bening. Apabila hal tersebut terjadi, maka kelenjar akan mengalami pembengkakan.

Benjolan kelenjar getah bening umumnya cenderung kecil dan padat, namun terasa lunak saat disentuh.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa gejala kanker payudara stadium awal yang perlu kamu ketahui. Segara periksa ke dokter apabila merasakannya ya!