Qupas Pop

Gempar Kemunculan Ikan Oarfish di Sulsel yang Konon Jadi Tanda Bencana Besar, Begini Faktanya!

12 December 2019, at 05:00
Gempar Kemunculan Ikan Oarfish di Sulsel yang Konon Jadi Tanda Bencana Besar, Begini Faktanya!

Bencana alam yang dahsyat pernah terjadi di Indonesia hingga menyisakan duka dan trauma mendalam. Rasa ngeri akan terjangan ombak atau goncangan tanah mungkin akan membekas dalam ingatan para korban.

Berbagai upaya pun sudah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum bencana lewat pemasangan alat pendektesi. Tapi kalau alam sudah murka, manusia bisa apa?

Nah berkaitan dengan bencana alam, baru-baru ini netizen di media sosial Instagram digegerkan pasca munculnya seekor ikan oarfish di laut Kepulauan Selayar.

ikan oarfish
instagram.com/makassar_iinfo

Seperti yang diyakini oleh sebagian orang, ikan oarfish yang muncul ke permukaan sebagai pertanda datangnya gempa atau tsunami besar.

Kabar ini muncul setelah akun @makassar_info mengunggah sebuah video berdurasi singkat yang memperlihatkan para nelayan sedang membentangkan tubuh ikan oarfish.

Kemunculan ikan ini membuah warganet resah. Apalagi ikan oarfish disebut-sebut pernah muncul sesaat sebelum gempa di Palu dan Jepang terjadi. Ikan ini pun memiliki julukan “Messengers of The Sea God” atau Pembawa Pesan dari Kerajaan Dewa Laut.

Baca juga: 10 Foto Menyedihkan ini Memperlihatkan Banyak Hewan Hidup dengan Sampah Plastik. Miris!

Sangat jarang atau sulit menemukan oarfish di permukaan laut, karena memang tempat tinggalnya yang ada di dasar laut. Meski begitu, ikan ini bisa hidup di berbagai macam lokasi dan keberadaanya ada di hampir semua lautan.

munculnya ikan oarfish
flylordsmag.com

Namun, ada beberapa jenis oarfish yang hanya ada di perairan Selatan seperti di New Zealand atau di perairan Indo-Pasifik.

Ikan oarfish nggak berbahaya lho. Bahkan menurut Peneliti taksonomi ikan LIPI, Teguh Peristiwady mengadakan bahwa ikan ini bisa dikonsumsi.

Dalam kemunculan ikan oarfish yang di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan dengan pertanda datangnya bencana alam besar tentu nggak 100% benar.

bencana alam
telegraph.co.uk

Seperti yang dilansir dari tempo.co, Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan bahwa hasil kajian statistik mengungkap kalau kemunculan ikan oarfish di perairan dangkal nggak berarti akan terjadinya gempa.

Berdasarkan teori oseanografi, munculnya biota laut yang biasanya hidup di dasar laut ke permukaan laut bisa dikaitkan dengan fenomena upwelling. Yaitu sebuah fenomena di mana air laut yang lebih dingin bergerak dari dasar laut ke permukaan.

ikan oarfish di permukaan air
deepseanews.com

Lagi pula, sejumlah penelitian mengungkap kalau hanya ada satu atau dua ikan oarfish yang muncul di permukaan laut. Bukan berarti akan terjadinya bencana. Bisa jadi karena ikan tersebut sakit atau mengikuti arus laut.

Nah, sobat Qupas jadi semakin tahu bukan? Ada baiknya, jika setiap dari kita mencari tahu lebih mengenai fenomena yang sedang terjadi. Biar nggak gampang panik!