Gendar Pecel, Masakan Khas Jawa Tengah yang Mulai Punah

24 September 2019, at 19:00
0
0
Gendar Pecel, Masakan Khas Jawa Tengah yang Mulai Punah

Pecel adalah salah satu masakan yang laris manis dipesan. Itu karena bahan masakannya yang terbuat dari sayur menyegarkan dan bumbu kacang yang memanjakan lidah. Harganya yang tergolong murah, membuat makanan ini makin digemari banyak orang, termasuk backpaker.

Tapi kamu tahu nggak sih kalau ada beberapa jenis pecel dan mirisnya salah satunya hampir punah? Yap! Namanya Gendar Pecel, makanan khas Jawa Tengah.

Buat yang belum pernah dengar nama Gendar Pecel, coba deh simak ulasan di bawah ini!

1. Ini lho menu pecel asal Jawa Tengah

gendar pecel jawa tengah
instagram.com/pishinda_catering

Buat kamu para pecinta kuliner Indonesia, pasti sudah nggak asing dong dengan pecel. Ya, salad khas Nusantara ini memiliki aneka sayuran rebus yang diguyur dengan saus kacang.

Di tiga daerah di Jawa Tengah sendiri, ada menu bernama Gendar Pecel. Makanan ini bisa dijumpai di Salatiga, Boyolali, dan Solo.

2. Perbedaan gendar pecel dengan pecel pada umumnya

gendar pecel enak
instagram.com/adzkanaeva

Walau sekilas terlihat sama dengan pecel khas daerah lain, tentunya masih ada perbedaan walau nggak begitu mencolok. Salah satunya terdapat pada gendar yang dipercaya sebagai makanan yang kaya akan sumber karbohidrat.

Pecel yang satu ini memang nggak menyajikan irisan lontong atau ketupat. Tapi menggunakan gendar yang diolah dari nasi bercampur ragi. Kemudian dikukus agar teksturnya lebih padat.

Baca juga: 8 Kuliner Solo dengan Rasa Sejuta Rempah-Rempah

3. Isian sayuran yang melimpah bisa bikin badan sehat nih!

gendar pecel murah meriah
instagram.com/pendekarkolosal

Tekstur dari gendar yang mirip sekali dengan irisan lontong ini lebih kenyal dan rasanya sedikit lebih gurih. Untuk sayuran yang diisikan dalam pecel ini ada:

  • Kenikir
  • Kecipir
  • Kol
  • Bunga turi
  • Daun adas

Kemudian pecel Jawa Tengah ini dibungkus dengan menggunakan lembaran daun pisang agar aromanya lebih terasa dan khas.

4. Rata-rata penjualnya adalah mbah-mbah

gendar pecel di solo
instagram.com/santo.rahmad

Kuliner tradisional khas Jawa Tengah ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Nggak heran kalau rata-rata penjual pecel gendar adalah mbah-mbah.

Dengan usia yang nggak lagi muda, mbah-mbah ini masih hadir untuk meramaikan kuliner khas yang sekarang semakin sulit dijumpai.

5. Biasanya dijual di pasar tradisional

gendar pecel di pasar
instagram.com/san_santoo

Kalau kamu berkunjung ke kota Solo, nggak ada salahnya untuk mampir ke warung makan Mbah Painah. Berada di Kawasan Mangkunegarawan, kamu bisa membeli satu pincuk pecel dengan harga Rp4 ribu saja.

Kalau di daerah Salatiga, kamu bisa menjumpainya di pasar tradisional Hardjonagoro saat masih pagi hari.

Gimana, dengan harga yang murah meriah, gendar pecel yang merupakan kuliner legendaris worth it banget kan untuk kamu cicipi? Mari lestarikan kuliner khas Indonesia yang satu ini!

0 Comment