Goa Rangko, Alternatif Wisata di NTT Sebelum ke Pulau Komodo

29 August 2019, at 11:00
0
0
Goa Rangko, Alternatif Wisata di NTT Sebelum ke Pulau Komodo

Begitu dengar soal Nusa Tenggara Timur atau NTT, mungkin kamu bakal terngiang-ngiang soal Pulau Komodo. Ya, memang destinasi tersebut sangat terkenal. Baik itu di Indonesia sendiri maupun luar negeri.

Tapi, tahu nggak sih kalau masih ada wisata keren di NTT? Sebut saja Goa Rangko. Buat sebagian orang, sepertinya objek wisata ini masih asing. Padahal sebenarnya goa ini bisa saja dilewati traveler yang menuju ke Pulau Komodo.

Nah, buat kamu yang penasaran sama salah satu wisata andalan keluarga Bunga Citra Lestari alias BCL saat liburan ke kawasan Labuan Bajo ini, lanjut baca artikelnya ya!

1. Bak oase di tengah gurun

goa rangko ntt
instagram.com/ashrafsinclair

Kedengarannya sih sedikit lebay. Tapi kalau digambarkan, Goa Rangko memang seperti itu. Beda dari kebanyakan wisata goa yang gelap dan pengap, destinasi di NTT ini justru seperti oase.

Bukan cuma tersaji 'ruangan' gelap saat kamu berkunjung ke sini. Mata air jernih bak kristal bakal kamu lihar saat liburan ke wisata goa di NTT ini.

goa rangko nusa tenggara timur
instagram.com/yusuf.hmzh

Air yang terdapat di dalam goa pun terasa asin. Ini karena sumbernya berasal dari laut. Adanya celah yang menghubungkan kolam dengan laut lepas membuat rasa airnya nggak tawar.

Air yang terdapat di dalam goa merupakan air asin. Air tersebut bersumber dari air laut, hal ini disebabkan karna terdapat rongga-rongga atau celah yang menghubungkan kolam di dalam goa dengan laut lepas. 

2. Goa yang eksotis di sekitar Labuan Bajo

goa rangko
instagram.com/humanhills

Goa Rangko bukan cuma menyajikan mata air yang sejernih kristal. Penampilan dinding-dinding goa pun nggak kalah memikat.

Tepat di bagian atas goa dipenuhi ornamen-ornamen stalaktit yang cantik dengan beragam bentuk. Menariknya lagi, di sini nggak ditemukan kelelawar seperti yang biasa ditemui di goa-goa lain.

Baca juga: Liburan ala Titi Kamal dan Christian Sugiono di NTT, Tetap Romantis Meski Anak Sudah Dua!

3. Alternatif wisata sebelum ke Pulau Komodo

akses goa rangko
instagram.com/rcjourneys

Goa yang terletak di Desa Rangko, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat ini bisa jadi alternatif wisata sebelum ke Pulau Komodo.

Kamu bisa menuju ke destinasi yang juga dikenal dengan nama Goa Buaya ini cuma dengan menyewa boat dari Desa Rangko dengan tarif sekira Rp300 ribuan. Supaya sampai di desa ini sendiri, kamu bisa menjangkaunya dari Labuan Bajo dengan menggunakan mobil atau motor.

dermaga goa rangko
instagram.com/fidelinasulastry_

Selanjutnya, perjalanan di lanjutkan dengan melewati jembatan panjang yang menghubungkan kalian dengan dermaga. Dari atas jembatan ini, kamu bisa melihat langsung dasar laut yang jernih.

Butuh waktu sekira 15 menit berjalanan kaki dari bibir pantai menuju kawasan goa eksotis ini. Karena bakal melewati hutan dan tebing-tebing licin, tetap hati-hati ya saat liburan ke sana!

4. Waktu tepat mampir ke Goa Rangko

goa rangko labuan bajo
instagram.com/vinasofianawijaya

Goa ini memang cukup gelap. Oleh karena itu, kalau kamu pengen menikmati pemandangan dasar kolam alami ini, datang saja antara jam 12 sampai 2 siang waktu setempat.

Soalnya di kisaran waktu tersebut sinar matahari bakal masuk di antara celah goa. Nggak pengen kan kalau kedatanganmu bakal sia-sia, apalagi masalahnya karena fotomu jadi gelap.

Itu dia ulasan singkat tentang Goa Rangko yang beberapa waktu lalu jadi tempat liburan BCL bersama keluarga kecilnya. Kalau artis sudah datang, masa kamu belum? Yuk langsung nabung buat liburan ke wisata di NTT ini!

0 Comment