Qupas Travel

Grojogan Watu Purbo Sleman, Saksi Bisu Keganasan Letusan Merapi yang Bikin Jatuh Cinta

31 January 2020, at 02:00
Grojogan Watu Purbo Sleman, Saksi Bisu Keganasan Letusan Merapi yang Bikin Jatuh Cinta

Grojogan Watu Purbo yang berada di Kabupaten Sleman belakangan ini jadi sorotan. Bahkan bisa dibilang miniatur Niagara ini jadi favorit traveler yang berasal dari Jogja maupun luar kota.

Punya 6 tingkatan, air terjun di Jogja ini tampak semakin instagenik. Nggak heran kalau mulai diburu para fotografer.

Selain cantik, ternyata Grojogan Watu Purbo juga menyimpan fakta-fakta unik. Mau tahu apa saja? Simak deh ulasan berikut!

1. Asal usul nama Grojogan Watu Purbo

Grojogan Watu Purbo (Foto: instagram.com/isnansholeh)
instagram.com/isnansholeh

Bukan tanpa arti, ternyata nama Grojogan Watu Purbo punya makna tersendiri. Dalam Bahasa Jawa, 'grojogan' berarti air terjun, 'watu' artinya batu, sedangkan 'purbo' adalah purba atau berusia sangat tua. Diberi nama demikian, karena di sekitar wisata Sleman ini banyak batu yang dipercaya usianya sangat tua.

Diketahui, keberadaan bendungan yang menahan aliran Sungai Krasak ini sudah ada sejak tahun 1975. Air terjun ini juga dibangun karena adanya proyek Merapi membangun sabo (dam) sebagai penampung saat terjadi erupsi.

2. Saksi bisu erupsi Gunung Merapi

Air Terjun Tingkat Enam di Sleman (Foto: instagram.com/arukadeath)
instagram.com/arukadeath

Tahu nggak sih, Grojogan Watu Purbo bisa dibilang merupakan saksi bisu keganasan erupsi Gunung Merapi tahun 2010 lalu. Meski usianya sudah tua, bendungan ini mampu menampung aliran material dari letusan gunung tersebut.

Baru sekitar tahun 2017, air terjun ini mulai dijadikan sebagai destinasi warga atas dasar inisiatif warga. Sampai akhirnya di tahun 2019, Grojogan Watu Purbo mulai dibuka dan dikunjungi masyarakat umum.

Baca juga: Nggak Perlu Muncak, 5 Wisata Jogja dan Jateng Ini Bikin Kamu Lebih Dekat dengan Gunung Merapi

3. Wisata gratis di Sleman

Tiket Masuk Grojogan Watu Purbo (Foto: instagram.com/nyonyokecil)
instagram.com/nyonyokecil

Grojogan Watu Purbo merupakan salah satu wisata gratis di Sleman yang pantang dilewatkan. Yap! Kamu nggak perlu bayar tiket masuk saat liburan ke sini, hanya biaya parkir kendaraan saja.

Rata-rata tarif parkir wisata ini adalah Rp2 ribu untuk sepeda, Rp5 ribu untuk motor, Rp10 ribu untuk mobil, dan Rp20 ribu khusus bus.

4. Cara ke Grojogan Watu Purbo

Grojogan Watu Purbo Sleman (Foto: instagram.com/herisyech)
instagram.com/herisyech

Lokasi Grojogan Watu Purbo berada di Dukuh Bangunrejo, Desa Merdikorejo, Kecamatan Tempel. Kamu bisa mengaksesnya dari Jalan Magelang. Tepat di lampu merah Tempel, beloklah ke utara.

Selanjutnya, kamu akan memasuki Gapura Desa Merdikorejo. Di sini, kamu akan menemukan petunjuk jalan menuju Grojogan Watu Purbo.

Perjalanan belum berakhir. Karena untuk menuju tempat wisata Sleman yang buka dari pukul 06.00 sampai 18.00 WIB ini, kamu masih harus menempuh jalan yang belum diaspal dengan jarak sekitar 700 meter.

5. Hal yang harus diperhatikan saat di Grojogan Watu Purbo

Grojogan Watu Purbo Jogja (Foto: instagram.com/mytrip.id)
instagram.com/mytrip.id

Seperti yang pernah disinggung sebelumnya, air terjun ini punya 6 tingkatan. Dimana masing-masing tingginya bervariasi, yaitu mulai 2 hingga 5 meter.

Kabar baiknya, kamu bisa turun menyusuri tiap tingkatan air terjun menggunakan tangga cor yang sudah tersedia. Tapi ingat, saat melewatinya harus tetap hati-hati ya! Apalagi jalan cukup curam dan sempit.

Itu dia ulasan tentang Grojogan Watu Purbo yang baru-baru ini sedang hits. Gimana, kamu kapan nih mampir di tempat wisata Sleman ini?