Gua Pawon, Wisata di Bandung Barat yang Lekat dengan Hikayat Sangkuriang

19 May 2019, at 09:00
0
0
Gua Pawon, Wisata di Bandung Barat yang Lekat dengan Hikayat Sangkuriang

Gua Pawon bukan sekedar destinasi untuk berselfie atau bertualang. Wisata di Bandung Barat ini ternyata juga menyimpan berbagai misteri yang belum terpecahkan, terutama soal manusia purba yang pernah tinggal di area ini.

Bahkan katanya wisata Gua Pawon di Bandung ini juga lekat dengan hikayat Sangkuriang. Entah benar atau sebaliknya, yang jelas tempat ini recommended untuk kamu kunjungi. Mau tahu apa saja keistimewaannya? Yuk simak ulasan berikut.

Baca juga: Wisata di Bandung Ini Konon Jadi Favoritnya Para Bidadari, Lho!

1. Wisata Geopark yang eksotis

pemandangan gua pawon
instagram.com/mariamitsura

Bisa dibilang Gua Pawon adalah salah satu wisata Geopark yang cantik. Bahkan destinasi ini jadi bukti otentik eksistensi Danau Purba Bandung, lho.

Begitu melewati undakan tangga dari batu, kamu bakal dengar suara cicitan kelelawar. Rasanya seperti masuk di zaman prasejarah deh! Apalagi kamu bakal lihat pilar batu perpaduan antara stalaktit dan stalakmit sepanjang belasan meter di wisata Bandung Barat ini.

2. Lekat dengan Hikayat Sangkuriang

gua pawon bandung barat
instagram.com/leohando

Konon Gua Pawon yang ada di Kabupaten Bandung Barat ini lekat dengan hikayat Sangkuriang. Katanya, Dayang Sumbi yang ada dalam cerita itu sempat tinggal di dalam tempat yang ada di kawasan Karst Citatah ini.

Hmm, bener nggak ya? Sampai sekarang memang masih jadi misteri sih.

3. Jelajah Ruang Hiji di Gua Pawon

kelelawar gua pawon
instagram.com/kennyjie

Gua Pawon punya ruangan yang disebut "Ruang Hiji", area sarang dari kolono kelelawar. Kamu bisa menemukannya setelah menaiki tangga. Nanti ada lorong yang mengharuskanmu untuk merunduk supaya bisa masuk ke dalam.

Setelah masuk ke dalam, bau menyengat guano alias kotoran kelelawar akan menyergap hidungmu. Meski kurang nyaman, tapi kamu nggak akan menyesal mampir ke sini. Apalagi saat ada cahaya matahari yang masuk dari celah di atap gua. Fotogenik banget dah!

Baca juga: Lembah Dewata Lembang, Wisata Bandung Barat yang Punya Banyak Spot Foto Unik!

4. Gua Kopi yang misterius

gua pawon cipatat
instagram.com/kepinhelmy

Apa itu Gua Kopi? Ternyata ini adalah salah satu kamar yang juga disebut sebagai Ruang Arkeologi.

Di area ini, peneliti menemukan sejumlah kerangka manusia purba era Pleistosen Akhir. Bahkan artefak, fosil vertebrata, moluska, dan bebatuan ada semua di Gua Kopi.

5. Temuan geraham manusia Gua Pawon

gua pawon gunung masigit
instagram.com/nuggethelmi

Menariknya lagi, baru-baru ini, tepatnya pada 13 Mei 2019, Tim Arkeolog Jawa Barat menemukan bagian gigi belakang atau geraham manusia dewasa pada ekskavasi lanjutan di Gua Pawon. Dilansir dari Detik, ternyata kegiatan ini dilakukan sejak 7 Mei 2019 lalu.

Konon sejumlah fragmen seperti fosil sapi-sapian, tiga jenis hewan pengerat, dan dua jenis kera semakin mengungkap misteri kehidupan pada masa lampau. Selain itu, ada juga jenis bebatuan yang diduga digunakan sebagai alat potong dan alat serut oleh Manusia Gua Pawon.

6. Cara ke Gua Pawon

gua pawon
instagram.com/saripcatcitcut

Secara administratif, lokasi Gua Pawon ada di Kampung Rancamoyan, Gunungmasigit, Cipatat. Dari pusat kota, kamu bisa naik bus jurusan Alun-alun Bandung - Ciburuy.

Selanjutnya naiklah angkot Padalarang - Rajamandala. Lalu kamu perlu jalan kaki denganmelewati perkampungan warga selama kurang lebih 15 menit sebelum sampai di Gua Pawon.

Setelah tahu sedikit soal Gua Pawon, kamu tertarik untuk mampir ke wisata Bandung ini? Sampil cari info lain soal hikayat Sangkuriang, kamu juga bisa puas foto-foto di sini. Pst! Tiket masuknya cuma Rp10.000,00 lho. Tapi tarif ini ada tambahan kalau kamu bawa kendaraan pribadi, ya!

0 Comment