Gunakan 8 Cara Nge-charge Smartphone ini, Baterai Awet Sepanjang Hari

29 December 2018, at 10:00
1
0
Gunakan 8 Cara Nge-charge Smartphone ini, Baterai Awet Sepanjang Hari

Ketika akan membeli smartphone atau HP, kapasitas baterai menjadi salah satu unsur penting yang pasti menjadi pertimbangan.

Hal ini karena baterai merupakan bagian penting yang bisa menentukan penggunaan HP tersebut.

HP dengan baterai bermasalah tidak akan bisa berfungsi secara maksimal karena kamu akan kesulitan dan harus terus-menerus nge-charge.

Hmm, menyebalkan sekali, bukan? Oleh sebab itu, kamu harus tahu bagaimana cara ngecharge HP dengan benar agar baterai bisa awet seharian.

1. Menggunakan Charger Asli

menggunakan charger asli
spiderbeat.com

Charger asli sebuah smartphone memiliki spesifikasi yang pas untuk mengisi baterai HP dengan baik. Penggunaan charger HP lain tidak disarankan, khusunya dengan jenis yang berbeda karena kinerjanya juga tak akan sama.

Terdapat dua jenis charger HP, yaitu:

  • Charger dengan arus 2A
  • Charger dengan arus 1A

Apabila kamu menggunakan charger yang berbeda maka hasilnya akan berbeda pula. Jadi sebaiknya perhatikan jenisnya apabila hendak menggunakan charger lain ketika terdesak.

2. Matikan HP saat Dicharge

matikan hp saat dicharge
wired.com

Banyak orang yang mengatakan bahwa mematikan HP saat sedang dicharge agar baterainya awet hanyalah mitos. Akan tetapi, cara tersebut ternyata memang sangat efektif untuk mempercepat pengisian baterai.

Selain itu, HP yang menyala atau dimainkan saat sedang proses charging akan lebih cepat panas sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi baterai menjadi cepak rusak.

3. Gunakan Baterai Original

gunakan baterai original
riaume.com

Sama halnya dengan charger, kamu juga harus menggunakan baterai yang original. Hal ini karena baterai original sudah dirancang dengan komposisi yang pas untuk HP pasangannya. Apabila baterai bawaan HP-mu sudah rusak, sebaiknya gantikan dengan baterai original.

Baterai KW yang tidak sesuai dapat merusak smartphonemu, lho!

4. Hindari Pengguanaan Power Bank

jhindari penggunaan power bank
rifky.net

Power bank adalah penyelamat bateraimu disaat krisis dan tidak memungkinkan untuk dicharge. Sebenarnya tidak ada masalah dalam penggunaan power bank, akan tetapi ada baiknya jika kamu tidak menggunakannya terlalu sering atau hanya ketika terdesak saja.

Hal ini karena power bank dengan daya yang tidak sesuai juga bisa membuat usia baterai smartphonemu berkurang lebih cepat.

Baca Juga: 5 Aplikasi Penghemat Kuota Internet, Pahlawan Penyelamat isi Dompet

5. Hindari Nge-Charge Lewat Laptop/PC

hindari ngecharge lewat laptop
pexels.com

Selain power bank, orang juga biasanya nge-charger smartphone mereka lewat laptop atau PC. Hal ini menjadi sah-sah saja apabila dilakukan dalam keadaan darurat.

Akan tetapi jika dilakukan terus-menerus, sebaiknya kamu meninggalkan kebiasaan tersebut.

Saat kamu nge-charge HP melalui laptop atau PC, arus yang masuk hanya sebesar 0,5A saja. Hal ini akan membuat proses charging menjadi lebih lama dan akan membebani baterai smartphonemu.

6. Charge HP Sebelum Baterai Benar-Benar Habis

charge hp sebelum habis
blogsecond.com

Waktu yang tepat untuk nge-charge HP adalah ketika baterai smartphonemu tersisa 30% hingga 40% persen. Batas minimalnya sendiri adalah sekitar 20%.

Jangan menunggu hingga baterai hanya tersisa 15% atau bahkan 0%. Hal ini tidak akan baik dan akan mengurangi usia bateraimu.

7. Lepas Casing HP

lepas casing hp
medcom.id

Kamu bisa mencoba melepas casing HP ketika sedang dicharge. Hal ini karena ada beberapa tipe smartphone yang memiliki body mudah panas saat digunakan maupun dicharge.

Melepas casing akan membantu pembuangan hawa panas yang terjadi saat pengisian baterai dan membuat HP tidak mudah panas.

8. Charge HP Pagi Hari

charge hp di pagi hari
thesun.co.uk

Nge-charge HP ketika kamu tidur akan membuat baterai terbebani karena kelebihan daya yang masuk.

Meskipun smartphone-smartphone keluaran terbaru sudah memiliki fitur pemutusan daya otomatis ketika baterai penuh, akan tetapi ada baiknya kamu mengisi baterai di pagi hari agar sesuai dengan porsi.

Nah, itu dia 8 tips atau cara yang nge-charge HP yang benar dan bisa kamu jadikan kebiasaan agar bateraimu awet setiap saat.

Sebaiknya kamu tidak menggunakan smartphone secara berlebihan dan menurunkan kontras ketika berada di dalam ruangan apabila ingin baterai lebih tahan lama.

0 Comment