Gunakan VPN Gratis Saat Media Sosial Dibatasi, Ini Bahaya yang Harus Kamu Waspadai

24 May 2019, at 16:00
1
1
Gunakan VPN Gratis Saat Media Sosial Dibatasi, Ini Bahaya yang Harus Kamu Waspadai

Meskipun sudah berakhir, demonstrasi yang dilakukan pada hari Rabu, 22 Mei 2019, masih menyisakan masalah bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Salah satunya adalah pembatasan akses beberapa media sosial seperti Facebook dan Instagram serta aplikasi pesan Whatsapp. Hal tersebut dilakukan oleh pemerintah untuk mengantisipasi adanya penyebaran hoax saat aksi 22 Mei tersebut.

Sampai hari ini, akses mengunduh atau mengunggah foto dan video pada sejumlah media sosial tersebut diblokir. Keadaan ini tentu saja merugikan banyak pihak, seperti pemilik online shop dan pekerja-pekerja yang membutuhkan akses tersebut.

Baca Juga: 2 Cara Mudah Aktifkan Whatsapp Tanpa Verifikasi Nomor, Gimana Ya?

Oleh sebab itu, banyak orang memilih untuk menggunakan VPN atau Virtual Private Network gratis yang dapat diundah oleh Android maupun iOS yang ternyata belum tentu aman untuk digunakan. Berikut ini bahaya menggunakan VPN gratis yang perlu kamu waspadai agar nggak merugi.

1. Bisa Mencuri Datamu

vpn mencuri data
tahawultech.com

Penggunaan layanan VPN gratis yang nggak terpercaya untuk menembus pembatasan akses yang dilakukan oleh pemerintah berpotensi menimbulkan terjadinya pencurian data pribadi pengguna.

Data yang diambil bisa berupa nama pengguna, kata sandi, dan lain sebagainya yang penting. Bahkan data finansialmu pun bisa diketahui oleh pihak ketiga apabila kamu melakukan transaksi internet dan mobile banking saat tersambung dengan VPN gratis.

2. Melihat Aktivitas Internetmu

vpn melacak aktivitas internet
pexels.com/@rawpixel

Selain itu, penyedia VPN atau pihak ketiga juga bisa melacak aktivitas atau apa saja yang kamu lakukan di internet selama menggunakan layanan gratis tersebut.

Mereka juga bisa tahu kamu mengakses internet dari mana, lho. Sehingga kemungkinan besar alamatmu juga bisa diketahui.

3. Iklan Berbahaya

iklan berbahaya vpn
media.skyegrid.id

Pada umumnya, penyedia VPN gratis mengandalkan iklan yang dipasang oleh pihak ketiga pada aplikasi mereka untuk mendapatkan penghasilan.

Oleh sebab itu, saat menggunakan layanan VPN gratis pihak penyedia akan secara otomatis menambahkan iklan-iklan yang bisa saja berbahaya tersebut pada penelusuran internetmu.

Baca Juga: Mudah Terkena Hoax? Ikuti Tips Ini Agar Lebih Bisa Berhati-Hati

4. Penyebaran Malware

penyebaran malware
overcluster.com

Penyebaran malware pada penggunaan VPN gratis bisa juga terjadi melalui iklan berbahaya yang dipasangan oleh penyedia.

Dalam dunia internet, hal tersebut disebut dengan istilah malvertising yang merupakan proses penyaluran malware atau virus ke perangkat yang menggunakan VPN gratis.

5. Penyalahgunaan Alamat IP Pengguna

penyalahgunaan alamat ip
cpomagazine.com

Istilahnya, VPN merupakan terowongan rahasia yang digunakan untuk masuk ke dalam akses internet yang dibatasi.

Namun, sejumlah layanan VPN gratis ternyata memiliki banyak lubang pada terowongan tersebut yang dapat disusupi oleh pihak ketiga atau hacker.

Hal ini dapat menyebabkan kebocoran alamat IP pengguna VPN yang kemudian bisa disalahgunakan oleh pihak lain untuk melakukan kejahatan.

Baca Juga: Cara Keluar dari Grup Whatsapp Diam-Diam Tanpa Ketahuan

Nah, itu dia Sobat Qupas bahaya menggunakan VPN gratis yang perlu kamu waspadai. Memang nggak semua layanan VPN gratis demikian, namun ada baiknya jika melakukan antisipasi kan?

Sebaiknya jangan mengakses atau melakukan transaksi penting saat tersambung dengan VPN untuk mengurangi risiko kebocoran data.

1 Comment
Andhika Maheva Wicaksono
24/05 - 18:16
Dengan kondisi saat ini memang mau tidak mau para pengguna internet harus mencari alternatif (salah satunya VPN ini), apalagi bagi mereka yang memiliki online shop di media sosial. ?