Qupas Travel

Gunung Batu Daya, Si Misterius dari Pulau Borneo yang Memesona

09 April 2020, at 05:00
2
Gunung Batu Daya, Si Misterius dari Pulau Borneo yang Memesona

Gunung Batu Daya di Kalimantan Barat tetap bertahan di tengah ganasnya pembukaan lahan kelapa sawit. Karena selain indah, destinasi tersebut juga dikeramatkan oleh masyarakat sekitar sejak dulu.

Nah, untukmu yang ingin mengenal lebih dekat tempat wisata di Kalimantan Barat ini, simak deh ulasan Qupas berikut. Kamu akan menemukan fakta menarik tentangnya!

1. Favoritnya para pecinta alam

Gunung Batu Daya (Foto: instagram.com/indoflashlight)
instagram.com/indoflashlight

Destinasi yang juga dikenal dengan nama Bukit Batu Daya ini terletak di perbatasan antara Kecamatan Laor dan Kecamatan Sukadana, Simpang Hilir, dan Kayong Utara. Lokasinya dekat dari Gunung Palung.

Masih termasuk dalam wilayah Taman Nasional Gunung Palung (TNGP), batu raksasa ini memiliki ketinggian sekitar 985 mdpl. Meski nggak terlalu tinggi, namun Batu Daya yang menjadi favorit para pecinta alam ini cukup ekstrem dan berbahaya.

Batu Daya dari Ketinggian (Foto: instagram.com/werigraphic)
instagram.com/werigraphic

Untuk mendaki bukit atau gunung ini, jalur yang paling populer terletak di Dusun Keranji, Desa Batu Daya, Kecamatan Simpang Dua karena mudah dilewati.

Bagi pengunjung yang berangkat dari Pontianak ke Batu Daya, waktu tempuhnya bisa mencapai 4 sampai 5 jam apabila melewati Sungai Laur.

2. Si misterius yang unik

Batu Daya Ketapang (Foto: instagram.com/j_viewww)
instagram.com/j_viewww

Batu Daya bukan hanya sekadar cantik. Tempat wisata di Pulau Borneo ini pun bisa dibilang menyimpan keunikan tersendiri. Konon, gunung atau bukit ini bisa memperdaya pandangan siapa saja yang melihatnya dari berbagai angle.

Kadang bentuknya bersegi dan tampak kokoh. Nggak heran kalau destinasi ini juga disebut Bukit Gantang atau takaran padi.

Berbeda kalau dilihat dari sisi lain, bentuknya malah terlihat seperti punuk unta. Sehingga si misterius ini juga dikenal dengan nama Bukit Unta.

Baca juga: Menelusuri Misteri Bukit Soeharto, Taman Hutan Raya di Kaltim yang Kental Akan Cerita Mistis

3. Mitos Batu Daya

Gunung Batu Daya Ketapang (Foto: instagram.com/rudianta_ginting)
instagram.com/rudianta_ginting

Layaknya tempat wisata di Indonesia yang lain, Batu Daya juga menyimpan mitos yang dipercaya oleh penduduk setempat. Ceritanya tentang seorang ibu yang memiliki anak usia 3 tahun bernama Daya.

Konon mereka tinggal berdua di suatu kampung di Kalimantan Barat karena suami dan ayah anak itu sudah lama meninggal. Karena hanya berdua, sang ibu selalu membawa anaknya kemanapun, termasuk saat mencuci baju di sungai. Saat itu, ia meletakkan anaknya di atas batu.

Bukit Batu Daya (Foto: instagram.com/adifery79)
instagram.com/adifery79

Selang beberapa waktu ibu itu mencuci, sang anak memanggil ibunya. Sayang, ibunya tak mendengar. Sampai akhirnya suara tersebut berangsur menghilang.

Curiga, sang ibu menoleh ke arah batu tempat ia meletakkan buah hatinya. Betapa terkejutnya ia karena batu tersebut melah menjadi sangat besar seperti gunung. Sementara anaknya menghilang secara misterius.

Nah, dari cerita rakyat tersebut lah mulai tercetus nama Bukit Batu Daya. Hmm, menarik ya?

4. Ritual di Gunung Batu Daya

Bukit Batu Daya Ketapang (Foto: instagram.com/cay_wiratama)
instagram.com/cay_wiratama

Selain kental akan mitos, ternyata setiap tahun di Batu Daya diadakan ritual oleh masyarakat sekitar. Hal ini dilakukan karena mereka menilai bahwa destinasi tersebut adalah tempat keramat.

Penduduk yang menggelar ritual itu pun untuk melestarikan warisan budaya, khususnya di Ketapang, Kalimantan Barat.

Wah, Gunung Batu Daya ternyata bukan cuma cantik ya? Kentalnya mitos dan cerita rakyat yang dipercaya masyarakat sekitar juga semakin membuat wisata Kalimantan Barat ini semakin menarik.