Gunung Bromo Ditutup Saat Nyepi, Ini Alternatif Wisata Probolinggo yang Bisa Dikunjungi

01 March 2019, at 09:00
0
0
Gunung Bromo Ditutup Saat Nyepi, Ini Alternatif Wisata Probolinggo yang Bisa Dikunjungi

Hari Raya Nyepi 2019 akan segera tiba. Tepatnya pada 7 Maret ini atau 1 Saka 1941, umat Hindu di Indonesia siap menyambut perayaan spesial ini.

Nyepi di Indonesia sendiri akan berlangsung dari Kamis, 7 Maret pukul 06.00 WIB hingga Jumat, 8 Maret jam 06.00 WIB.

Selama hari suci ini, masyarakat Hindu berhenti dari semua aktivitas. Seperti yang dilakukan oleh warga Bali sebagai penganut Hindu terbesar di Indonesia. Maka nggak heran kalau banyak tempat wisata di Pulau Dewata yang akan tutup sementara waktu.

ilustrasi nyepi 2019
wego.co.id

Selain Bali, wisata di Indonesia yang juga akan menghentikan kegiatannya adalah Gunung Bromo. Kamu sudah berniat untuk mengunjungi destinasi tersebut pada tanggal 7 atau 8 Maret 2019 nanti? Sebaiknya tunda dulu deh.

Meski begitu, nggak perlu khawatir liburanmu akan terasa hambar di tanggal merah 2019 tersebut. Sebab masih ada alternatif wisata di Probolinggo dan dekat Gunung Bromo yang bisa dikunjungi.

Baca juga: Ada 20 Tanggal Merah di 2019, Siap Ambil Cuti Liburan?

Penasaran? Yuk langsung simak ulasan Qupas di bawah ini!

1. Air Terjun Madakaripura

air terjun madakaripura probolinggo
instagram.com/seeqrtravel

Air Terjun Madakaripura bisa jadi alternatif liburanmu. Selain menyimpan cerita sejarah tentang Patih Gajah Mada, tempat wisata di Probolinggo ini juga punya pesona yang memikat.

Bentuk air terjun yang tingginya kurang lebih 200 meter ini melingkar. Daya tarik wisata ini bertambah dengan adanya pemandangan hijau yang menawan.

Untuk bisa sampai ke sini, kamu bisa menggunakan rute Probolinggo-Bromo dan menuju ke Tongas.

Sesampainya di pertigaan Sukapura, ambil arah ke kanan sampai menemukan Pasar Lumbang. Dari sini, ikuti saja petunjuk jalan yang akan membawamu ke Air Terjun Madakaripura.

air terjun madakaripura
instagram.com/rooney_atmoko

Begitu tiba di parkiran, kamu masih harus jalan kaki selama kurang lebih 20 menit. Memang terasa melelahkan. Tapi semua itu akan terbayar saat kamu melihat pemandangan indah selama perjalanan ke titik lokasi air terjun.

Perlu kamu ketahui, selain membayar tiket masuk, kamu juga perlu menyediakan budget untuk memarkir kendaraan. Ada pula biaya tambahan untuk sewaguide, jas hujan maupun payung.

Lokasi Air Terjun Madakaripura: Sapih, Branggah, Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 07.00-16.00 WIB

Tiket masuk Air Terjun Madakaripura: Rp11.000,00 (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

2. BJBR Probolinggo

bjbr probolinggo
instagram.com/its_mitha19

BJBR atau Bee Jay Bakau Resort merupakan wisata Probolinggo yang punya luas 5 hektar dan letaknya di pesisir pantai. Destinasi ini cukup populer, baik bagi warga dalam maupun luar kota.

Dulu tempat ini terbilang kumuh. Namun berkat pemuda brilian, akhirnya BJBR jauh lebih baik. Bahkan kini tempat wisata ini punya spot foto yang super instagramable, seperti: 

  • Tulisan Warna Warni "BJBR"
  • Gembok Cinta
  • Patung Kuda
  • Miniatur Kapal Pinisi
  • Bola Dunia
  • Jembatan Kayu, dan lain sebagainya

bee jay bakau resort
instagram.com/rikerismania

Selain spot foto, wisata di Probolinggo ini juga punya fasilitas terjamin, seperti parkir yang luas, toilet, musala dan cafe. Bahkan di sini juga ada penginapan dengan tarif mulai dari Rp750.000,00 per malamnya.

Lokasi BJBR Probolinggo: Mangunharjo, Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur 

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 08.00-22.00 WIB

Tiket masuk BJBR Probolinggo: Rp10.000,00-Rp30.000,00 (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

3. Ranu Agung

ranu agung
instagram.com/robbiepoerwanto

Gunung Bromo tutup selama Nyepi 2019 bukan berarti liburanmu akan berakhir mengenaskan. Sebagai alternatifnya, coba deh mampir ke Ranu Agung yang berada di Kecamatan Tiris.

Danau vulkanik ini memiliki air yang jernih dan dikelilingi tebing tinggi di bagian tepinya. Dari tempat ini, kamu bisa menyaksikan kegagahan Gunung Lemongan yang statusnya masih aktif.

Baca juga: Wow! Wisata di Indonesia Ini Terbentuk Karena Bencana Alam, Mana Favoritmu?

Ingin menikmati panorama alam dengan cara berbeda? Kamu juga bisa menyewa perahu getek yang tarifnya hanya Rp10.000,00.

Tertarik untuk mampir? Maka rute yang bisa kamu pilih adalah Kecamatan Krucil-Kecamatan Tiris-Desa Ranu Agung-tujuan utama.

ranu agung probolinggo
instagram.com/alfieputranto

Selama perjalanan, kamu harus hari-hati karena akses cukup sulit. Bahkan kamu pun harus melewati jalan menanjak dan hutan belantara.

Pastikan kondisi kendaraan tetap prima. Sediakan pula bekal berupa minuman, makanan atau camilan mengenyangkan karena kamu nggak akan menemukan warung.

Lokasi Ranu Agung: Desa Ranu Agung, Kecamatan Tiris, Probolinggo, Jawa Timur

Jam buka: -

Tiket masuk Ranu Agung: Rp3.000,00 (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

4. Pantai Bentar

pantai bentar probolinggo
instagram.com/sandal_gunung_

Suasana Pantai Bentar dan Gunung Bromo memang berbeda jauh. Tapi bukan berarti tempat ini nggak kalah menarik.

Di sini, kamu bisa menikmati panorama pantai hingga pepohonan yang rimbun. Jembatan kayu yang fenomenal juga tersedia di Pantai Bentar. Kamu bisa banget hunting foto di spot favorit para wisatawan tersebut.

pantai bentar
instagram.com/wuulan_dr

Menariknya lagi, Pantai Bentar Probolinggo ini kembali menyuguhkan spot foto terbarunya. Misalnya seperti miniatur kincir angin ala Belanda dan masih banyak lagi.

Kamu ingin menikmati angin pantai yang menenangkan sekaligus mencari tempat selfie yang asyik? Maka wisata di Probolinggo inilah salah satu jawabannya.

Lokasi Pantai Bentar: Jalur Pantura Mayangan, Karang Anyar, Curahsawo, Gending, Probolinggo, Jawa Timur

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB

Tiket masuk Pantai Bentar: Rp5.000,00 (anak-anak); Rp10.000,00 (dewasa) (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

5. Kebun Teh Andung Biru

kebun teh andung biru
instagram.com/meilindasari31

Berada di ketinggian sekitar 912 mdpl membuat Kebun Teh Andung Biru ini memiliki udara yang sejuk. Pemandangan alam yan hijau di balik Gunung Argopuro pun menjadi daya tarik tersendiri bagi tempat wisata ini.

Hamparan tanaman teh seluas 300 hektar pun siap memukaumu. Satu hal lagi yang menarik dari tempat ini adalah kamu bisa menyaksikan sunset dari sini.

Akses menuju wisata kebun teh di Jawa Timur ini cukup sulit dengan medan menanjak. Dari pusat Kecamatan Tiris, jaraknya sekitar 12 kilometer.

Estimasi waktu perjalannya kurang lebih selama 45 menit dengan medan berkelok dan naik turun.

kebun teh andung biru probolinggo
instagram.com/anandayu_maulidia

Destinasi ini masih belum menjadi wisata resmi. Jadi kemungkinan kamu nggak perlu menyediakan budget untuk tiket masuk.

Meski begitu, jangan seenaknya ketika datang ke sini. Kamu tetap wajib menjaga kebersihan dan jangan memetik teh sembarangan.

Apalagi wilayah wisata ini di bawah pengelolaan PT Perkebunan Nusantara XII yang sebenarnya memang kebun betulan, bukan dibuat untuk tujuan wisata.

Lokasi Kebun Teh Andung Biru: Kecamatan Tiris, Probolinggo, Jawa Timur

Jam buka: -

Tiket masuk Kebun Teh Andung Biru: -

Itulah deretan wisata Probolinggo untuk alternatif liburanmu di saat Gunung Bromo ditutup karena perayaan Nyepi 2019 pada tanggal 7 Maret nanti. Jadi nggak perlu bingung lagi untuk mencari tempat hiburan.

0 Comment