Gunung Prau dan 8 Faktanya yang Bikin Kaget

21 November 2018, at 13:00
2
0
Gunung Prau dan 8 Faktanya yang Bikin Kaget

Sampai saat ini, Gunung Prau memang masih jadi primadona para pendaki. Apalagi panoramanya sungguh memikat, terutama sunrise yang bisa dilihat dari puncak.

Tapi sebelum memutuskan untuk naik ke gunung yang sampai sekarang diketahui terletak di Kabupaten Wonosobo ini, lebih baik ketahui dulu fakta menariknya.

Sebagian mungkin sudah mengetahuinya. Meski begitu, pasti ada pula yang belum pernah mendengar soal beberapa fakta Gunung Prau.

Apa saja sih contohnya? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini!

1. Letak Gunung Prau

letak gunung prau
instagram.com/arifauzi16

Selama ini mungkin kamu hanya tahu kalau Gunung Prau terletak di Kabupaten Wonosobo. Tapi sebenarnya kawasan dataran tinggi ini berdiri secara gagah di 5 wilayah sekaligus, lho.

Coba deh kamu memutari menara yang ada di Gunung Prau. Ini artinya kamu telah menginjakkan kaki di 5 kabupaten, yakni Kendal, Banjarnegara, Wonosobo, Batang dan Temanggung.

Perlu kamu ketahui juga kalau wisata gunung ini juga merupakan kawasan hutan lindung yang dikelola oleh PT Perhutani.

Jadi kamu perlu membeli tiket ke kawasan hutan lindung dan bukan SIMAKSI (Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi). Perlu dicatat nih!

2. Ketinggian Gunung Prau

ketinggian gunung prau
instagram.com/nugroho5131

Sebagian besar pendaki menuliskan tentang ketinggian Gunung Prau dengan angka 2.565 mdpl. Tapi ternyata puncaknya tertingginya melebihi nilai ini, lho.

Bahkan kurang lebih sekitar 90 persen pendaki nggak tahu kalau di ketinggian 2.565 mdpl ini merupakan area camping ground.

Sementara puncak tertingginya sendiri adalah 2.590 mdpl. Baru tahu kan?

3. Jadwal buka tutup rutin Gunung Prau

jadwal buka tutup gunung prau
instagram.com/masbayu17

Bagi pendaki yang ingin segera meluncur ke wisata cantik di Jawa Tengah ini perlu tahu jadwal buka tutup rutinnya.

Ternyata gunung ini secara berkala ditutup pada awal tahun, tepatnya pada tanggal 5 Januari sampai 5 April. Tujuannya untuk pemulihan ekosistem.

Jadi jangan heran kalau tepat malam tahun baru, pendaki Gunung Prau bisa membeludak. Kalau kamu lebih suka ketenangan, lebih baik jangan datang di waktu ini ya!

4. Pemandangan utama Gunung Prau

pemandangan utama gunung prau
instagram.com/amronfikri

Pemandangan Gunung Prau memang sangat memikat. Dengan hamparan tanaman hijau dan beberapa area dataran tinggi di sekitarnya membuat wisata alam ini kian memesona.

Gunung Sindoro dan Sumbing sendiri merupakan pemandangan utama wisata ini. Jadi nggak heran kalau sebagian besar pendaki akan lebih sibuk mengambil foto kedua wilayah dataran tinggi tersebut.

Selain itu kamu juga bisa menyaksikan kecantikan Telaga Warna dan Kawah Sikidang dari kejauhan saat berada di area gunung ini.

Cobalah pergi ke bukit sebelah barat. Tepat di balik pohon, kamu bisa menyaksikan kecantikan Telaga Warna dan Kawah Sikidang.

Baca juga: Bukit Sikunir dan 4 Wisata Lain di Wonosobo untuk Pecinta Ketinggian

5. Suara lirih saat malam di Gunung Prau

suara lirih di gunung prau
instagram.com/ahklis_firdaus

Saat mendaki ke gunung ini, kemungkinan besar kamu akan mendengar suara lirih. Khususnya saat malam hari.

Jangan takut karena ini bukan suara hantu. Tapi bunyi-bunyian tersebut berasal dari menara yang mudah terdengar saat malam hari dan nggak berangin.

Nah, fakta ini juga perlu kamu simak supaya nggak salah paham kalau mendengar suara yang sedikit unik.

6. Suhu Gunung Prau

suhu gunung prau
instagram.com/anandaoktaviano

Udara dingin pasti selalu identik dengan area pegunungan. Nggak terkecuali dengan Gunung Prau.

Menariknya lagi, kamu bisa menyaksikan butiran kristal es di waktu-waktu tertentu saat berada di gunung ini. Tepatnya saat musim kemarau, dimana suhu di kawasan gunung ini mencapai titik terendah.

Saat itu, kamu bisa melihat kristal es menempel pada permukaan tanah di beberapa lokasi ketika pagi hari. Sepertinya seru ya!

Tapi ingat, pastikan semua kebutuhan khususmu sudah tersedia kalau kamu berencana mendaki ke Gunung Prau ketika musim kemarau.

7. Jalur pendakian Gunung Prau

jalur pendakian gunung prau
instagram.com/diyahkusumaa

Ada 8 jalur pendakian untuk bisa mencapai puncak gunung ini. Tapi 2 diantaranya nggak digunakan untuk umum agar ekosistem tetap terjaga.

Sedangkan 6 jalur pendakian yang dibuka untuk umum diantaranya:

  • Via Patak Banteng: Jalur terfavorit karena jarak tempuh pendek dan lokasinya di tepi jalan raya. Letak basecamp-nya di Desa Patak Banteng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.
  • Via Kali Lembu: Rute lebih landai dari Patak Benteng. Letak basecamp-nya ada di Desa Kalilembu, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.
  • Via Dieng Wetan: Jalur pendakian favorit karena dekat dengan objek wisata Dieng dan basecamp nggak jauh dari penginapan Bu Djono. Lokasi basecamp di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.
  • Via Dieng Kulon (Dwarawati): Untuk bisa mencapainya, kamu bisa mencari lokasi objek wisata Candi Dwarawati terlebih dahulu. Letak basecamp-nya ada di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.
  • Via Campurejo: Jalur yang baru dibuka ini punya basecamp yang terletak di Desa Campurejo, Kecamatan Tretep, Kabupaten Temanggung.
  • Via wates: Jalur ini landai dan waktu tempuhnya kurang lebih mencapai 3 jam hingga sampai ke puncak. Basecamp-nya terletak di Desa Wates, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung.

Sebagai tambahan informasi, jalur pendakian via Patak Benteng akan berdebu ketika musim kemarau dan licin saat hujan. Jadi tetap hati-hati ya!

8. Nggak ada Edelweiss di Gunung Prau

bunga daisy di gunung prau
instagram.com/_jasuma_yk

Untuk kamu yang ingin mencari pemandangan bunga edelweiss, jangan harap di Gunung Prau ada. Eits! Tapi jangan kecewa dulu.

Sebab di sini ada hamparan bunga daisy atau biasa disebut sebagai lonte sore oleh masyarakat setempat. Kecantikannya pun nggak kalah dengan edelweiss.

Ingin hunting foto bersama bunga-bunga cantik ini? Tentu bisa, tapi tetap jaga lingkungan ya!

Nah, itulah beberapa fakta Gunung Prau yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk mendaki. Pastinya beberapa informasi dari Qupas ini akan sedikit membantumu kan?

0 Comment