Gunung Rinjani Akan Dibuka pada April 2019, Ini 4 Jalur Pendakian yang Bisa Dilewati

27 March 2019, at 09:00
0
0
Gunung Rinjani Akan Dibuka pada April 2019, Ini 4 Jalur Pendakian yang Bisa Dilewati

Ada kabar gembira untuk para pendaki gunung di Indonesia. Soalnya Gunung Rinjani dikabarkan akan dibuka kembali pada April 2019. Seperti diketahui, wisata di Lombok ini ditutup pasca gempa di pertengahan tahun 2018 lalu.

Sebelum memutuskan untuk mendaki salah satu gunung terindah di Indonesia ini, ketahui dulu deh fakta dan jalur mana saja yang bisa kamu lewati. Yuk intip ulasan Qupas yang sudah dirangkum dari beberapa sumber berikut!

1. Jalur Sembalun

plawangan sembalun
instagram.com/adhinagara

Dilansir dari Kompas, Kepala Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Sudiyono menyatakan bahwa jalur pendakian wisata ini akan dibuka pada Awal April 2019 ini. Namun perlu dilakukan survei terlebih dahulu.

Setelah dilakukan survei pada 16 sampai 18 Maret 2019 oleh tim TNGR, jalur pendakian Gunung Rinjani yang didominasi oleh padang savana ini tampaknya masih sulit untuk dilewati.

Terlebih lagi saat survei dilakukan, sempat ada gempa berkekuatan 5,8 dan 5,2 Skala Ritcher. Bencana ini menyebabkan tanah yang letaknya di 120 meter menjelang Plawangan Sembalung ikut runtuh.

Baca juga: Sedang di Gunung dan Terjadi Gempat? Ini Tips Agar Kamu Tetap Selamat

2. Jalur Senaru

jalur senaru rinjani
instagram.com/lusiatere

Selain Sembalun, jalur pendakian yang disebut-sebut dapat dilewati untuk ke Gunung Rinjani adalah via Senaru. Tempat ini didominasi oleh kawasan hutan belantara dan padang gurun yang cantik.

Biasanya jalur pendakian ini paling ramai. Waktu mendaki dari Senaru ke kawasan Segara Anak bisa memakan waktu selama kurang lebih 10 jam.

3. Jalur Aik Berik

jalur aik berik
instagram.com/mamud91_lombok

Jalur Aik Berik masih baru dibuka setelah jalan lainnya belum bisa diakses karena longsor. Rute ini pun sebenarnya sudah dibuka pada 19 November sampai 31 Desember 2018 lalu.

Meski begitu, pendakian hanya bisa dilakukan sampai Plawangan saja. Pendaki juga belum diperkenankan turun sampai ke Danau Segara Anak karena masih terlalu berbahaya.

4. Jalur Timbanuh

jalur timbanuh
instagram.com/ziccohudyoro

Jalur Timbanuh di Gunung Rinjani ini nyaris sama seperti jalur Senaru yang didominasi oleh hutan lebat. Tapi suasananya lebih sepi.

Tapi masih belum dipastikan juga apakah jalur ini sudah bisa diakses atau justru sebaliknya. Satu hal yang pasti, semua tergantung hasil survei dari tim TNGR.

Baca juga: Wow! Ini Gunung di Indonesia dengan Biaya Pendakian Termahal

5. Tiket untuk Mendaki Gunung Rinjani

gunung rinjani
instagram.com/sebveij

Selama vakumnya Gunung Rinjani selaku wisata populer di Lombok, pengelola telah memperbaiki sistemnya. Salah satunya terkait tiket masuk.

Kalau dulu pakai cara konvensional, sekarang calon pendaki bisa membelinya secara online.

6. Pembatasan Jumlah Pendaki

gunung rinjani lombok
instagram.com/heruwibw

Selain soal pembelian tiket, jumlah pendaki juga dibatasi. Sistemnya pun seperti ketika kamu akan naik pesawat.

Kalau quota habis, maka calon wisatawan harus membeli tiket masuk Gunung Rinjani di hari lain. Wah, kudu persiapan secara matang nih!

7. Peraturan Soal Sampah

rinjani mountain
instagram.com/wibbi_marki

Peraturan soal sampah juga diperlakukan. Sudiyono mengatakan bahwa nanti ada sistem pack in dan pack out.

Apa maksudnya? Jadi barang yang dibawa naik akan didata apa saja yang berpotensi menjadi sampah. Ketika pendaki mulai turun, barang bawaan pun akan dicek kembali.

Pengelolaan sampah juga ada sistem pack in pack out dengan barang yang dibawa naik akan didata apa saja yang berpotensi menjadi sampah dan turun dicek lagi apa saja

8. Peraturan Terkait Jalur Mendaki dan Turun Gunung Rinjani

pendakian gunung rinjani
instagram.com/jurightertawa_

Menariknya lagi, ada sistem check in dan check out, yakni tiket yang sudah dipesan akan ada barcode. Ini menjadi penentu pendaki akan turun dan naik dari jalur mana. Semuanya pun harus dilaporkan lebih dahulu.

Baca juga: Wisata Indonesia Ini Ternyata Terbentuk Akibat Bencana!

Wacana soal petugas yang naik ke area gunung secara random pun akan dilakukan. Tujuannya untuk melakukan pengendalian pendaki ilegal.

Gimana, sudah punya wacana ke Gunung Rinjani? Tapi ingat, selalu waspada dan jaga lingkungan ya! Tunggu juga hasil survei yang dilakukan oleh tim TNGR.

0 Comment