Gusi Sering Bengkak, Ini 5 Cara Alami yang Bisa Kamu Gunakan untuk Mengatasinya

12 August 2019, at 04:00
0
0
Gusi Sering Bengkak, Ini 5 Cara Alami yang Bisa Kamu Gunakan untuk Mengatasinya

Gusi bengkak merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang. Meskipun terkesan sederhana, akan tetapi penyakit ini sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Apalagi, gusi bengkak sering kali terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama bahkan sampai lebih dari seminggu.

Penyebab gusi sering bengkak pun bermacam-macam, mulai dari sistem imun tubuh yang menurun, iritasi, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Penyebab Gusi Sering Bengkak yang Nggak Boleh Kamu Abaikan

Agar nggak terlalu mengganggu aktivitas, kamu bisa mencoba mengatasi masalah kesehatan tersebut dengan beberapa obat gusi bengkak alami berikut ini.

1. Kumur Air Garam

air garam
doktersehat.com

Kumur menggunakan air garam menjadi salah satu solusi bagi gusi bengkak yang dapat kamu terapkan. Pasalnya, kandungan sodium dalam garam bisa menjadi antiseptik alami untuk kesehatan mulut.

Selain itu, berkumur dengan larutan air garam setelah menyikat gigi juga bisa membantu membersihkan karang atau plak yang membandel lho.

2. Mengoleskan Belimbing Wuluh

belimbing
cellcode.us

Selain campuran air garam, belimbing wuluh yang masam juga diklaim efektif dalam membasmi bakteri dan mengatasi gusi bengkak.

Pilihlah belimbing yang belum matang, tumbuh hingga halus, kemudian olehskan pada bagian gusi yang bengkak dan tunggulah sampai obat alami tersebut bekerja.

3. Kumur Air Lemon

lemon
dailymedicalinfo.com

Obat gusi bengkak lainnya yang dapat kamu manfaatkan adalah lemon. Mengandung asam, bahan tersebut berfungsi sebagai alkali yang menyeimbangkan pH dalam mulut.

Kamu bisa memeras satu buah lemon dan melarutkannya dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur sehari tiga kali agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga: Manfaat Mengonsumsi Air Lemon yang Perlu Kamu Ketahui

4. Kumur Air Rebusan Daun Jambu Biji

daun jambu biji
rahmabrilianita.com

Selain tiga cara di atas, kamu juga bisa mengatasi gusi sering bengkak dengan menggunakan rebusan air jambu biji.

Daun jambu biji juga efektif membasmi bakteri dan menjaga kesehatan mulut lho. Cobalah untuk merebus beberapa lembar dan gunakanlah air rebusan tersebut untuk berkumur.

5. Mengoleskan Campuran Merica, Garam, dan Air

merica
pinterest.com

Bahan alami lainnya yang dapat digunakan untuk mengobati gusi bengkak adalah campuran merica, garam, dan air.

Merica mengandung zat anti inflamasi dan anlgesik yang berguna untuk meredakan nyeri, sedangkan garam berfungsi sebagai antiseptik alami.

Oleh sebab itu, masalah kesehatan tersebut dapat diatasi dengan mencampurkan ketiganya. Aduk merata hingga berbentuk pasta agar mudah dioleskan pada gusi yang bengkak.

Apabila sudah menggunakan berbagai cara namun gusi bengkak masih belum dapat teratasi, sebaiknya Sobat Qupas berkonsultasi dengan dokter terkait masalah kesehatan tersebut ya.

0 Comment