Gusi Sering Bengkak? Yuk Cari Tahu Penyebabnya!

12 September 2018, pada 08:19
0
0
Gusi Sering Bengkak? Yuk Cari Tahu Penyebabnya!

Pernahkah kamu mengalami gusi bengkak? Kalau pernah, tentu saja hal tersebut sangat menyebalkan dan menyiksa, bukan? Bagaimana tidak, gusi bengkak bisa membuatmu sulit untuk makan karena rasa sakit yang diciptakan.

Jangankan makan makanan keras, bahkan makan nasi atau roti yang halus sekalipun akan memberikan sensasi sakit dan nyeri yang luar biasa jika sampai terkena gusi yang sedang bengkak. Lebih dari itu, ketika membuka mulut saja atau menguap, rasa sakit juga akan dirasa.

Gusi Sering Bengkak? Yuk Cari Tahu Penyebabnya!
yubacitydentistry.com

Biasanya, masalah ini akan berlangsung cukup lama, antara seminggu, bahkan lebih. Tentu saja dalam kurun waktu tersebut, kamu akan merasa sangat tidak nyaman sehingga mengonsumsi obat pereda nyeri adalah solusi yang biasa digunakan.

Namun, apa jadinya ketika gusi sangat sering bengkak? Apakah kamu akan terus-terusan mengonsumsi obat? Seperti diketahui, obat-obatan yang dikonsumsi terlalu sering bisa memberikan efek kurang baik dalam jangka panjang.

Nah, cara paling bijak untuk menjaga kesehatan dan mencegah efek samping tersebut adalah mencegah terjadinya penyakit. Salah satu cara mencegah adalah dengan mengetahui penyebabnya. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa penyebab dari gusi bengkak yang harus kamu ketahui.

Baca juga : 9 Obat Alami Sakit Gigi yang Ampuh, Aman Bebas Bahan Kimia

1. Sistem Imun Menurun

Gusi Sering Bengkak? Yuk Cari Tahu Penyebabnya!
hellosehat.com

Hal pertama yang mendasari dari datangnya berbagai penyakit, termasuk gusi bengkak adalah sistem imun yang sedang menurun. Hal ini biasa terjadi saat pergantian musim tiba. Oleh karenanya, ketika pergantian musim telah tiba, kamu harus menjaga sistem imun dengan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi serta memerbaiki kualitas istirahat. Tidak lupa juga, kamu harus lebih rutin berolahraga agar racun di dalam tubuh bisa dibuang secara alami.

2. Sisa Makanan

Gusi Sering Bengkak? Yuk Cari Tahu Penyebabnya!
beritagar.id

Penyebab gusi bengkak selanjutnya adalah sisa makanan yang menempel pada ruas-ruas gigi dan gusi yang sulit dijangkau. Biasanya, kamu tidak sadar jika ada sisa makanan yang masih menempel. Bahkan, sisa makanan itu bisa bertahan dalam beberapa hari yang akhirnya menyebabkan terjadinya penumpukan bakteri. Untuk itu, setelah makan pastikan bahwa tidak ada sisa makanan yang tersisa, apalagi menempel pada gusi.

3. Iritasi

Gusi Sering Bengkak? Yuk Cari Tahu Penyebabnya!
bassettcreekdental.com

Gusi bengkak juga bisa disebabkan oleh iritasi, di mana terjadi luka pada gusi akibat makanan yang keras, seperti duri ikan atau makanan keras lainnya. Saat gusi sobek dan luka, maka bakteri dan virus akan masuk melalui luka itu sehingga menyebabkan gusi bengkak. Oleh karenanya, jangan makan secara cepat, tapi lakukanlah perlahan agar tidak terjadi iritasi pada gusi.

4. Plak yang Menumpuk

Gusi Sering Bengkak? Yuk Cari Tahu Penyebabnya!
webmd.com

Kamu sudah tahu apa itu plak pada gigi, bukan? Yap, hal ini juga sering menjadi biang kerok terjadinya pembengkakan pada gusi. Plak sendiri berbentuk lapisan yang tidak bisa dilihat, namun bisa dirasakan oleh lidah. Nah, plak ini bisa menyebabkan peradangan yang mengakibatkan berbagai macam masalah, seperti sakit gigi, nyilu, dan gusi bengkak.

5. Malnutrisi

Gusi Sering Bengkak? Yuk Cari Tahu Penyebabnya!
deltadentalazblog.com

Yang tak kalah penting lagi adalah kamu harus perhatikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebab, gusi bengkak juga bisa disebabkan oleh malnutrisi atau kekurangan nutrisi. Seperti diketahui, untuk menguatkan masalah pada gigi dan gusi, dibutuhkan vitamin C yang cukup. Jadi, saat seseorang mengalami malnutrisi, maka risiko gusi bengkak akan semakin meningkat pula.

6. Gigi Berlubang

Gusi Sering Bengkak? Yuk Cari Tahu Penyebabnya!
hellosehat.com

Tahukah kamu kalau ternyata gigi berlubang juga bisa menjadi penyebab terjadinya gusi bengkak? Gigi berlubang akan menyebabkan rasa ngilu dan sakit ketika terkena makanan. Jika dibiarkan begitu saja, rasa sakit itu akan merambat pada gusi yang diawali dengan peradangan. Biasanya, pembengkakan gusi itu muncul tidak jauh dari gigi yang lubang.

Nah, itulah beberapa penyebab gusi gusi bengkak yang harus kamu ketahui. Jadi, sekarang sudah tahu kan apa yang harus dilakukan?

0 Komentar