Hadiri Festival Budaya Lembah Baliem, Eksplorasi 5 Objek Wisata di Papua Ini

02 August 2019, at 11:00
0
0
Hadiri Festival Budaya Lembah Baliem, Eksplorasi 5 Objek Wisata di Papua Ini

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa Indonesia memiliki sebuah acara bernama Festival Budaya Lembah Baliem yang merupakan ikon pariwisata Papua dan sudah terkenal di dunia. Lembah ini sendiri merupakan tempat tinggal dari Suka Dani.

Acara tersebut sudah dilaksanakan sejak 1989 dan masih terus berlangsung hingga saat ini. Festival Budaya Lembah Baliem yang ke-30 akan dilaksanakan pada tanggal 7 sampai 10 Agustus mendatang.

Menjadi ikon pariwisata Papua, Festival Budaya Lembah Baliem memiliki beberapa rangkaian acara dengan berbagai penampilan seperti atraksi kolosan perang, tari-tarian tradisioanl, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 5 Hotel di Raja Ampat ini Bikin Kamu Serasa Putri Duyung, Mewah Tiada Tara!

Meskipun demikian, sebenarnya bukan hanya kebudayaannya saja yang dapat memikat hati. Lembah Baliem yang terhampar di pegunungan Jayawijaya ini memiliki banyak destinasi wisata alam yang menarik.

Berikut ini 5 objek wisata di Lembah Baliem yang dapat kamu eksplorasi sekaligus apabila menghadiri festival tersebut.

1. Danau Habema

danau habema
instagram.com/aquilafirrina

Danau Habema merupakan danau tertinggi di Indonesia yang berada di kawasan Taman Nasional Lorentz. Memiliki nama asli Yuginopa, objek wisata ini merupakan salah satu yang wajib dikunjungi saat kamu berada di Papua Barat.

Danau di atas awan ini memiliki pemandangan yang menakjubkan dan kondisi alam yang masih sangat jernih. Apabila beruntung, kamu bisa menikmati keindahan Gunung Trikora, lengkap dengan salju yang menghiasi puncaknya.

Kamu bisa berkendara sejauh 41 km dari kota Wamena untuk menyaksikan lukisan alam yang indah tersebut.

Alamat Danau Habema: Tailarek, Asotipo, Kabupaten Jayawijaya, Papua

Jam Buka: 24 jam

Tiket Masuk Danau Habema: Rp20 ribu

2. Air Terjun Napua

air terjun napua
instagram.com/anak.lembah

Memiliki jarak tempuh sekitar 20 menit dari pusat kota Wamena, Air Terjun Napua merupakan salah satu objek wisata Papua yang nggak boleh dilewatkan.

Pasalnya, air terjun yang memiliki tinggi kurang lebih 10 meter tersebut masih sangat alami dan dikelilingi oleh banyak pepohonan. Sehingga sangat cocok untuk melepaskan penat akibat rutinitas sehari-hari.

Alamat Air Terjun Napua: Napua, Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua

Jam Buka: 24 jam

Tiket Masuk Air Terjun Napua: Rp20 ribu

3. Telaga Biru Maima

telaga biru maima
instagram.com/anak.lembah

Berjarak sekitar 30 menit dari kora Wamena, warga setempat percaya bahwa Telaga Biru Maima merupakan tempat manusia pertama di Papua berasal dan disucikan.

Objek wisata tersembunyi yang dikelilingi tebing hijau tersebut memiliki pemandangan yang sangat eksotis. Airnya yang berwarna biru toska terlihat menonjol dengan sedikit gradasi hijau yang berasal dari pepohonan rimbun disekitarnya.

Alamat Telaga Biru Maima: Maima, Asolokobal, Kabupaten Jayawijaya, Papua

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 06.00-18.00 WIT

Tiket Masuk Telaga Biru Maima: Rp20 ribu

Baca Juga: 10 Fakta Gunung Jaya Wijaya, yakin Kamu Sanggup Mendakinya?

4. Air Terjun Tinggima

air terjun tinggima
festivallembahbaliem.id

Air Terjun Tinggima terletak di Distrik Wollo yang berjarak 35 km dari Wamena. Objek wisata yang satu ini menyuguhkan air terjun dengan tinggi sekitar 30 meter lho.

Selain itu, hamparan lembah yang indah juga menjadi salah satu daya tarik dari tempat ini. Uniknya lagi, destinasi ini berada di atas ketinggian gunung sehingga membutuhkan tenaga ekstra untuk mencapainya.

Alamat Air Terjun Tinggima: Wollo, Kabupaten Jayawijaya, Papua

Jam Buka: 24 jam

Tiket Masuk Air Terjun Tinggima: Rp20 ribu

5. Pasir Putih Aikima

pasir putih aikima
instagram.com/margarethbanne

Pasir Putih di desa Aikima, Wamena merupakan salah satu tempat di Lembah Baliem yang wajib kamu kunjungi. Pasalnya, di sana kamu akan menemukan hamparan pasir putih yang berada di sekitar pegunungan dengan ketinggian 1600 meter.

Unik sekali bukan? Bagaimana bisa terdapat pasir pantai pantai di atas ketinggian tanpa adanya laut? Konon katanya dulu Lembah Baliem merupakan sebuah danau yang surut setelah terguncang gempa dahsyat pada tahun 1813.

Bagaimana pun, Pasir Putih Aikima merupakan salah satu objek wisata Papua yang indah dan eksotis dengan batu-batu yang seperti karang disekitarnya.

Alamat Pasir Putih Aikima: Aikima, Kurulu, Kabupaten Jayawijaya, Papua

Jam Buka: Setiap hari pukul 07.00-18.00 WIT

Tiket Masuk Pasir Putih Aikima: Rp20 ribu

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa objek wisata Papua yang bisa kamu eksplorasi sambil mengikuti Festival Budaya Lembah Baliem. Sudah siap belum nih?

0 Comment