Hai Moms, 5 Penyebab Bayi Telat Lahir Ini Sering Kali Diabaikan

24 November 2018, at 09:00
1
0
Hai Moms, 5 Penyebab Bayi Telat Lahir Ini Sering Kali Diabaikan

Momen saat sedang hamil adalah sebuah anugerah terindah untuk pasangan yang sudah menikah, khususnya untuk para perempuan. Bagaimana tidak, menjadi seorang ibu adalah karunia terindah yang diberikan Tuhan.

Tentu momen tersebut akan menjadi momen tak terlupakan seumur hidup. Tapi, apa jadinya kalau sang jabang bayi tak kunjung menunjukkan tanda-tanda akan lahir di dunia ini?

Padahal masa perkiraan kelahiran sudah terlewati. Mungkin lima penyebab bayi telat lahir ini bisa menjadi faktor mundurnya tanggal kelahiran. Yuk, simak!

1. Sedikitnya Kandungan Enzim Sulfatase dalam Plasenta

ibu hamil
abclawcenters.com

Yang menyebabkan bayi telat lahir bisa terjadi karena kebutuhan kadar enzim sulfatase dalam plasenta yang jumlahnya sedikit. Hal ini yang menyebabkan kebutuhan dari bagian tubuh ini tidak dapat terpenuhi.

Enzim sulfatase ini berfungsi untuk menghasilkan organel sel lisosom yang ada di dalam tubuh. Jadi sangat dibutuhkan untuk mendorong bayi keluar dari rahim.

konsultasi ibu hamil
mydcdental.com

Untuk para calon ibu yang memiliki kadar enzim sulfatase yang kurang, bisa memenuhinya dengan rutin berolahraga yang aman untuk perempuan sedang hamil.

Selain itu juga, menenangkan diri agar kondisi pikiran tidak dalam keadaan yang stres menjelang persalinan. Bisa juga meningkatkan enzim sulfatase dalam plasenta. Tetap perbanyak istirahat ya, moms!

2. Mengalami kegemukan

ibu hamil kegemukan
parents.com

Jelas, faktor berat badan juga menjadi salah satu penyebab mengapa tanggal kelahiran berjalan mundur dari tanggal perkiraan. Bisa jadi karena Moms mengalami kenaikan berat badan yang cukup signifikan.

Kegemukan saat sedang mengandung akan dialami oleh beberapa perempuan. Hanya saja, ada sebagian yang bisa mengontrol nafsu makannya tapi ada sebagian lainnya yang tidak. Sehingga terjadilah kegemukan.

faktor kegemukan pada ibu hamil
babycenter.com

Untuk menghindari kegemukan pada saat hamil, sebaiknya kurangi konsumsi menu makanan cepat saji. Sebisa mungkin penuhi asupan nutrisi dengan memakan banyak jenis sayuran, daging-dagingan, dan susu sapi.

Jangan pula mengonsumsi masakan yang banyak mengandung lemak jahat dalam gorengan. Karena itu dapat memengaruhi berat badan si calon ibu. Wah, lebih baik hindari makan-makanan seperti itu selama hamil ya, Moms.

3. Mengalami Peradangan

ibu hamil bekerja
dnaindia.com

Saat sedang hamil, tidak dipungkuri setiap calon ibu pasti akan mengalami perubahan hormon. Salah satunya, perubahan hormon tiroid. 

Baca juga : Sulit Hamil? Jangan-Jangan Kamu Menderita Penyakit ini

Ternyata perubahan hormon tiroid jelas menjadi faktor penyebab telat melahirkan. Jelas tidak bisa disepelakan ataupun dibiarkan begitu saja, jika Moms merasakan peradangan pada kelenjar tiroid.

peradangan pada ibu hamil
goodtherapy.org

Peradangan kelenjar tiroid bisa terjadi karena kondisi sang calon ibu yang kekurangan hormon sehingga menggangu kinerja kelenjar tiroid. Jika kondisi tersebut terjadi, cepat hubungi dokter.

Pasalnya, kondisi seperti ini tidak boleh terlambat dalam mendapatkan penanganan. Jika terlambat, maka bisa berefek terhadap perkembangan bayi dalam perut sang ibu.

4. Kelainan Pada Sang Calon Buah Hati

kelainan pada janin
healthline.com

Untuk penyebab yang satu ini, jelas Moms tidak boleh sepelekan ya. Karena faktor ini mungkin saja terjadi kepada siapa pun.

Kondisi yang bisa saja tidak normal, terjadi pada sang buah hati. Salah satunya, seperti pertumbuhan tulang pada janin dan posisi janin yang salah.

konsultasi dokter kandungan
verywellfamily.com

Bisa juga janin mengalami kelainan genetik yang bisa memperlambat kelahiran. Wah, harus menjaga kesehatan dengan baik ya Moms.

Setiap calon ibu pasti menunggu-nunggu lahirnya si jabang bayi. Di satu sisi, dirinya juga harus bisa menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat.

5. Riwayat Anggota Keluarga Lainnya yang juga Pernah Mengalami

riwayat keturunan
notforlazymoms.com

Coba saja tanyakan kepada ibu atau nenekmu perihal bayi telat lahir. Bisa saja, mereka pernah mengalaminya.

Wah, kalau begitu bisa jadi telat lahirnya sang bayi dalam perutmu karena faktor riwayat keturunan. Kalau begitu, Moms tidak perlu khawatir.

hamil besar
getchampionhealth.com

Yang bisa Moms lakukan hanyalah rutin melakukan senam hamil untuk merangsang persalinan. Dan juga agar persalinan berjalan cepat dan normal.

Siapa ya yang tidak mau persalinan seperti itu? setiap calon ibu pasti menginginkannya. Nah, biasakan dari sekarang melakukan senam kehamilan ya Moms.

Itulah lima penyebab bayi telat lahir yang nggak boleh diabaikan begitu saja. Sebisa mungkin penuhi asupan dengan benar dan yang dianjurkan. Dan juga, secara rutin melakukan senam pada kehamilan. Semoga sehat selalu ya, Moms!

0 Comment