Qupas Beauty

Hair Care Routine untuk Rambut Indah Berkilau dan Bebas dari Ketombe

18 June 2020, at 06:00
Hair Care Routine untuk Rambut Indah Berkilau dan Bebas dari Ketombe

Memiliki rambut indah dan berkilau mungkin jadi dambaan semua orang. Tapi tentunya, ada aja berbagai permasalahan yang datang. Seperti contohnya ketombe, kerontokan, lepek, hingga tekstur rambut yang kering dan rusak.

Berbagai permasalahan tersebut sebenarnya punya satu solusi. Yaitu harus dirawat dengan hair care routine yang tepat.

Nggak perlu ke salon, kamu bisa kok melakukan hair care routine untuk rambut kering, rontok, berketombe, ataupun lepek di rumah aja. Mau tau caranya? Simak langkah-langkahnya yuk!

1. Shampo dan Conditioner

Hair Care Routine untuk Rambut Rusak (Foto: instagram.com/headandshouldersusa)
instagram.com/headandshouldersusa

Hair treatment terbaik bisa dimulai dengan pemilihan shampo dan conditioner yang tepat. Pastikan untuk memahami betul apa yang jadi masalah utama rambutmu.

Kamu juga nggak bakal kesulitan untuk menemukan produk yang tepat. Karena berbagai brand sudah menyediakan conditioner dan shampo khusus rambut kering, rusak, berketombe, rontok, lepek, dan mengembang.

2. Tonic dan Vitamin

Hair Care Routine untuk Rambut Keriting (Foto: instagram.com/headandshouldersusa)
instagram.com/headandshouldersusa

Tonic, hair care routine untuk rambut rontok yang hukumnya wajib. Seperti yang diketahui, fungsi utama produk ini adalah untuk merangsang pertumbuhan dan memperkuat akar rambut.

Nah, kalau rambutmu nggak rontok, memakai hair vitamin sesudah keramas bakalan cukup untuk menutrisi dan bikin rambutmu berkilau lembut.

Jangan lupa pilih vitamin rambut yang sesuai dengan kondisi rambutmu ya!

Baca juga: 5 Hair Tonic Lokal yang Bagus untuk Menyuburkan Rambut Secara Intensif

3. Hair Mask

Hair Mask untuk Rambut Kering dan Mengembang (Foto: instagram.com/thebodyshop)
instagram.com/thebodyshop

Selain perawatan dasar di atas, kamu juga wajib menggunakan produk hair mask terbaik, minimal seminggu sekali. Atau kalau punya banyak waktu luang, bisa membuat masker rambut dari bahan alami dengan kombinasi bahan berikut:

  • Alpukat, minyak kelapa, madu
  • Pisang, madu, yoghurt
  • Madu, telur, cuka apel

4. Creambath Rambut

Hair Care Routine untuk Rambut Ketombe (Foto: instagram.com/pantene)
instagram.com/pantene

Creambath biasanya jadi treatment favorit para wanita ketika mengunjungi salon. Tapi jangan salah, perawatan ini juga bisa kamu lakukan sendiri di rumah lho.

Untuk mendapatkan rambut yang sehat, creambath baiknya dilakukan minimal satu kali dalam seminggu. Pilih produk creambath yang sesuai dengan permasalahan rambutmu.

Supaya mendapatkan manfaat yang maksimal, jangan lupa iringi dengan berbagai macam pijatan di kepala, leher, dan pundak untuk melancarkan peredaran darah.

5. Scalp Detox

Hair Care Routine untuk Rambut Lepek (Foto: instagram.com/sogooditsnoughty)
instagram.com/sogooditsnoughty

Last but not least, kamu wajib memasukkan scalp detox ke daftar hair care routine-mu. Ritual ini berfungsi untuk membuang racun dan kotoran yang ada di rambut juga kulit kepala.

Seperti yang diketahui, hair treatment biasa nggak akan bisa membuang kotoran seperti partikel polusi, sisa bahan kimia dari produk perawatan, hingga keringat yang menempel di folikel rambut. Scalp detox bisa kamu lakukan minimal dua kali dalam sebulan.

Nah, itulah hair care routine untuk rambut rusak, berketombe, mengembang, ataupun lepek. Cukup lima langkah, berbagai permasalahan rambut dijamin bisa teratasi dengan baik.