Qupas Family

Hal-hal yang Bisa Dipelajari oleh Anak dari Perayaan Imlek, Apa Saja Ya Bunda?

25 January 2020, at 08:00
Hal-hal yang Bisa Dipelajari oleh Anak dari Perayaan Imlek, Apa Saja Ya Bunda?

Selamat Tahun Baru Imlek!

Tahun baru Imlek yang jatuh pada hari ini, 25 Januari 2020, menjadi momen spesial yang pasti sudah ditunggu-tunggu oleh Etnis Tionghoa di seluruh dunia.

Untuk merayakan tahun baru kalender Cina tersebut, biasanya ada banyak acara dan tradisi yang dilaksanakan. Baik bagi yang merayakan maupun nggak, momen libur nasional ini bisa membawa nilai-nilai positif lho.

Salah satunya, orang tua berkesempatan untuk mengenalkan atau mengajarkan beberapa hal baik kepada anak terkait dari perayaan Imlek. Apa saja ya?

1. Makna Warna Merah

Perayaan Imlek (Foto: pexels.com/@tun-267015)
pexels.com/@tun-267015

Salah satu hal yang nggak bisa lepas dari Imlek adalah warna merah. Warna tersebut dipercaya melambangkan sesuatu yang kuat, kebahagiaan, kesejahteraan, dan membawa keberuntungan.

Secara nggak langsung, tradisi menggunakan pakaian merah dapat mengajarkan kepada anak untuk berpikiran positif dan percaya diri untuk menyambut tahun yang baru.

2. Saling Memberi

Makna Imlek (Foto: smartparents.sg)
smartparents.sg

Selain itu, perayaan Imlek juga selalu kental dengan tradisi memberi dan menerima angpao. Biasanya, angpao diberikan oleh orang sudah bekerja dan lebih tua usianya kepada anak-anak atau orang yang nggak berpenghasilan.

Tradisi tersebut mengajarkan kepada si kecil untuk saling berbagi dan memberi kepada sesama. Nggak hanya itu, anak juga akan menanamkan sifat hormat kepada yang lebih tua melalui momen ini lho!

Baca juga: Panduan Mendidik Anak Menjadi Pribadi yang Baik Versi Harvard University

3. Silaturahmi

Keluarga Merayakan Imlek (Foto: stockunlimited.com)
stockunlimited.com

Hampir mirip dengan Lebaran, Imlek juga menjadi momen silaturhami dengan keluarga besar. Hal ini biasanya dilakukan pada hari ketiga sampai ketujuh.

Tradisi ini secara nggak langsung membuat anak menjadi lebih dekat dengan keluarga dan belajar untuk saling menghargai satu sama lain.

4. Keberagaman

Barongsai (Foto: pexels.com/@vladvictoria)
pexels.com/@vladvictoria

Tradisi-tradisi yang dilakukan saat perayaan Imlek juga mengajarkan perihal keberagaman. Ornamen-oranmen unik khas Imlek seperti lampion, barongsai, angpao, biasanya menarik minat si kecil untuk berdiskusi.

Orang tua bisa menjelaskan terkait makna tradisi-tradisi tersebut sehingga si kecil sadar bahwa di Indonesia ada banyak ragam budaya.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang bisa dipelajari oleh anak terkait perayaan Imlek.