Hamil Tapi Perut Nggak Membesar, Benarkah Karena Janin Kurang Gizi?

26 October 2019, at 10:00
0
0
Hamil Tapi Perut Nggak Membesar, Benarkah Karena Janin Kurang Gizi?

Biasanya, perempuan hamil akan mengalami pembesaran pada perutnya. Namun ternyata, ada juga lho orang-orang yang perutnya tetap kecil meskipun sudah mengandung lebih dari 6 bulan.

Beberapa orang mungkin khawatir tentang kondisi yang tersebut. Sebagian bahwa menganggap bahwa hal tersebut terjadi karena janin kekurangan gizi. Lantas, benarkah hal tersebut?

Tentu saja hal tersebut sangat mungkin terjadi, namun lebih baik kamu berkonsultasi kepada dokter agar dapat mengetahui yang sebenarnya.

Pada umumnya, beberapa faktor berikut ini dapat menjadi penyebab hamil dengan perut kecil meskipun janin dan ibu dalam keadaan sehat.

1. Pertama Kali Hamil

kehamilan pertama
armouredvehicleslatinamerica.com

Kehamilan pertama juga bisa menjadi penyebab perut ibu hamil nggak membesar meskipun usia kandungannya sudah lebih dari 6 bulan.

Kondisi tersebut terjadi karena otot perut dan rahim masih ketat dan nggak terlalu longgar. Hal tersebut juga terkadang akan menyebabkan rasa tegang pada ibu hamil.

2. Tinggi Badan Ibu Hamil

ibu hamil
pexels.com/@pixabay

Selain kehamilan pertama, ternyata kondisi fisik seperti tinggi badan ibu hamil juga memengaruhi ukuran perut lho.

Pada perempuan yang cenderung pendek, perut akan terlihat lebih besar dan terdorong ke depan karena nggak ada banyak ruang untuk pertumbuhan rahim.

Sedangkan pada perempuan yang lebih tinggi, biasanya rahim akan tumbuh ke atas dan ke depan sehingga lebih longgar dan terlihat ramping.

3. Posisi Janin

hamil muda
popsci.com

Pada umumnya, janin sering bergerak dan mengubah posisisnya pada sekitar minggu ke-32 sampai ke-34 kehamilan. Pengubahan posisi tersebut ternyata juga bisa membuat perut terlihat lebih besar atau kecil pada waktu-waktu tertentu.

Bahkan saat hamil tua, janin bisa menggerakkan punggungnya sehingga perut ibu hamil bisa berubah bentuk.

Baca Juga: Hoax, Inilah Deretan Mitos Ibu Hamil yang Nggak Harus Dipercaya

4. Jumlah Air Ketuban

hamil
verv.com

Tahukah kamu, jumlah air ketuban juga memengaruhi besar perut ibu hamil lho. Biasanya, air ketuban mulai diproduksi oleh tubuh pada 20 minggu pertama kehamilan, setelah itu, janin yang akan menghasilkannya.

Beberapa perempuan mungkin memiliki air ketuban yang terlalu sedikit sehingga membuat perutnya terlihat lebih langsung saat hamil.

5. Organ Perut Menyusuaikan Rahim

perempuan hamil
pexels.com/@educarvalho

Ketika seorang perempuan hamil, maka ada banyak hal yang terjadi dalam perutnya. Nggak cuma bayi, akan ada juga plasenta, tali pusar, dan cairan ketuban.

Hal-hal tersebut akan memebesar seiring dengan petumbuhan janin dan dapat menekan organ perut lainnya seperti usus, lambung, dan lain sebagainya. Apabila organ pencernaan terdorong ke atas atau samping, perut ibu hamil bisa terlihat lebih ramping.

Jadi Sobat Qupas, ternyata bukan cuma kekurangan gizi dan kelainan janin saja yang bisa menyebabkan terjadinya perut kecil pada ibu hamil. Namun jika masih khawatir, sebaiknya kamu pergi ke dokter untuk mendapatkan penjelasan yang lebih spesifik.

0 Comment