Harga Anjlok dan Banyak Dibuang, Begini Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

13 February 2019, pada 00:00
0
0
Harga Anjlok dan Banyak Dibuang, Begini Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

Beberapa waktu lalu terdengar kabar tentang kelompok petani yang membuang buah naga ke sungai. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk protes terhadap rendahnya harga jual sehingga banyak buah naga yang tidak laku.

Pada akhirnya, buah-buah tersebut pun membusuk dan terpaksa dibuang. Sayang sekali bukan?

Padahal buah yang sering disebut dengan buah kaktus dengan warna merah menyala ini bisa diolah menjadi berbagai makanan dan minuman. Bahkan, dimakan langsung pun rasanya juga sangat enak.

Baca Juga: Sering Dibuang, Bagian Buah dan Sayur Ini Justru Baik untuk Kesehatan Tubuh

Selain itu, ternyata buah naga memiliki banyak kebaikan untuk tubuh manusia. Berikut ini merupakan manfaat buah naga bagi kesehatan yang harus kamu ketahui.

1. Menyehatkan Jantung

manfaat buah naga bagi kesehatan menyehatkan jantung
istockphoto.com

Salah satu manfaat buah naga yaitu mampu menyehatkan jantung. Kondisi ini terjadi karena kemampuannya dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dan menggantikannya dengan yang baik.

Sehingga, buah naga merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu kondisi jantung untuk tetap prima.

2. Membersihkan pencernaan

manfaat buah naga bagi kesehatan membersihkan pencernaan
perque.com

Buah dengan warna merah menyala ini memiliki kandungan serat yang tinggi. Komponen tersebutlah yang dapat membersihkan sistem pencernaan dengan mudah dan efektif.

Selain itu, mengonsumsi daging dan biji buah naga yang kaya akan protein bisa membuat tubuhmu menjadi tetap sehat dan bugar.

3. Antioksidan Aktif

manfaat buah naga bagi kesehatan antioksidan aktif
videoblocks.com

Siapa sangka, buah naga ternyata juga berkhasita sebagai antioksidan aktif dalam tubuh. Jika mengonsumsinya dengan rutin, kamu akan mendapatkan manfaat buah naga yang bisa membersihkan tubuh dari radikal bebas dan zat penyebab kanker.

Buah ini dipercaya memiliki antioksidan yang cukup tinggi menyaingi buah-buah dan syur-sayur lainnya.

4. Melawan Diabetes

manfaat buah naga bagi kesehatan melawan diabetes
caswellmedical.org

Meskipun rasanya manis, salah satu manfaat buah naga bagi kesehatan ternyata adalah mampu melawan diabetes. Jumlah serat yang tinggi pada buah tersebut dapat menstabilkan gula darah dan menekan lonjakan glukosa setelah makan.

Namun, kamu tetap perlu berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan makanan apa yang baik untukmu. Hal ini karena kondisi tubuh setiap orang berbeda.

Baca Juga: Anak Muda Juga Bisa Terserang Diabetes, Waspadai Gejalanya

5. Menekan Radang Sendi

manfaat buah naga bagi kesehatan menekan radang sendi
nccih.nih.gov

Penyakit radang sendi atau athritis seringkali menyusahkan penderitanya karena akan menyebabkan nyeri dan kesulitan gerak.

Kamu bisa melawan masalah kesehatan tersebut dengan mengonsumsi buah naga secara teratur. Hal ini karena buah naga mengandung zat anti-inflamasi yang bermanfaat untuk mengurangi nyeri radang sendi.

6. Pengganti Camilan

manfaat buah naga bagi kesehatan pengganti camilan sehat
civilizedcaveman.com

Jika kamu suka sekali makan atau merasa sering lapar, mengonsumsi buah ini merupakan pilhan yang tepat untuk dilakukan. Salah satu manfaat buah naga yaitu dapat menjadi camilan sehat bagimu.

Buah ini memiliki kandungan kolesterol yang sangat rendah dan memiliki rasa yang cukup manis. Kamu bisa terus nyemil tanpa khawatir gigimu akan sakit atau berat badanmu akan naik.

7. Mencegah Tekanan Darah Tinggi dan Serangan Jantung

manfaat buah naga bagi kesehatan menekan tekanan darah hipertensi
pennmedicine.org

Ternyata, manfaat buah naga lainnya adalah untuk menurunkan tekanan darah dan mencegah serangan jantung. Hal ini karena buah tersebut memiliki kandungan lycopene, seperti buah-buah berwarna merah lainnya.

Dselain itu, adanya omega 3 dan 6 pada biji buah naga juga membantu meringankan gangguan kardiovaskular.

8. Meringakan Batuk dan Asma

manfaat buah naga bagi kesehatan mengurangi batuk dan asma
health.clevelandclinic.org

Manfaat buat naga yang selanjutnya adalah dapat meringankan batuk dan asma. Kandungan omega 3 dan 6 pada bijinya dapat meringankan gangguan respirasi pada tubuh.

Akan tetapi, batuk dan asma tidak dapat diobati dengan terus mengonsumsi buah naga karena hanya memiliki efek meringankan.

Baca Juga: Takut Asma Kambuh Saat Berolahraga? Lakukan Ini untuk Mengatasinya

Setelah mengetahui 8 manfaat buah naga bagi kesehatan, jadi sayang ya kalau buah yang satu ini harus terbuang?

Mumpung sedang musim dan harganya murah, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membelinya dalam jumlah banyak.

Selain untuk mendapatkan manfaatnya yang melimpah bagi tubuh, kamu juga telah membantu meringankan beban petani buah naga dengan membelinya.

0 Komentar