Hari Pertama Puasa, Lakukan Ini Agar Tubuh Tetap Bertenaga

06 May 2019, at 08:00
0
0
Hari Pertama Puasa, Lakukan Ini Agar Tubuh Tetap Bertenaga

Puasa hari pertama biasanya terasa lebih berat daripada hari-hari selanjutnya. Hal ini karena tubuh masih harus beradaptasi dengan kondisi baru yang dijalani.

Oleh sebab itu, ada hal-hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan tubuh saat memulai bulan puasa ini.

Berikut ini tips agar tubuh tetap kuat, meskipun hari pertama puasa masih terasa berat.

Baca Juga: Selain Perintah Agama, Ini Manfaat Puasa yang Luar Biasa

1. Jangan Lewatkan Sahur

jangan lewatkan sahur
goodminds.id

Sahur merupakan kegiatan penting dalam berpuasa karena merupakan sumber energi untuk beraktivitas sepanjang hari.

Nggak cuma itu, sahur juga bisa meningkatkan konsentrasi dan produktivitas selama menjalankan ibadah tersebut. Oleh sebab itu, usahakan untuk nggak melewatkan sahur dan pastikan menunya mengandung protein dan serat yang cukup.

2. Konsumsi Air yang Cukup

konsumsi air putih
pexels.com/@thanh-long-981306

Menahan lapar dan haus seharian akan membuat tubuh menjadi lemas dan kehilangan banyak cairan. Alhasil, kamu akan mengalami dehidrasi.

Untuk itu, kamu tetap perlu memenuhi kebutuhan cairan tubuh saat berpuasa yaitu sebanyak 2 liter. Minumlah air secara bertahap saat malam atau mulai berbuka sampai sahur dengan jumlah yang telah ditentukan.

3. Mengonsumsi Makanan dengan Nutrisi Seimbang

konsumsi makanan seimbang
pexels.com/@valeriya

Selain cairan tubuh, kamu juga harus memenuhi nutrisi dengan mengonsumsi makanan yang seimbang ketika berbuka dan sahur.

Ketika berbuka, disarankan untuk mengonsumsi kurma yang mengandung gula alami. Selebihnya, kamu membutuhkan karbohidrat, protein dalam daging atau ikan, sayuran, susu untuk lemak alami, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Penyebab Perut Lapar Terus-Menerus, Apa Ya?

4. Olahraga Ringan

tetap olahraga
pexels.com/@yogendras31

Eits, berpuasa bukan alasan untuk berhenti berolahraga lho. Justru kegiatan tersebut penting dilakukan untuk menjaga kelancaran aliran darah.

Meskipun demikian, kamu juga nggak perlu terlalu mamaksakan diri. Berjalan kaki selama 30 menit saja sudah cukup.

5. Banyak Protein dan Kurangi Garam Saat Sahur

protein yang cukup
pexels.com/@rawpixel

Menurut ahli gizi, makanan dengan protein dan serat yang tinggi seperti daging yang lambat dicerna akan baik karena bisa menyediakan energi yang cukup.

Selain itu, kamu perlu menghindari mengonsumsi terlalu banyak garam saat sahur karena bisa membuat tubuh lebih cepat mengalami dehidrasi.

6. Istirahat yang Cukup

istirahat yang cukup
pexels.com/@ivan-obolensky-49889

Siapa sih umat muslim yang nggak mau dapat banyak pahala pada bulan Ramadhan? Meskipun demikian, sebaiknya jangan memaksakan diri dengan bekerja terlalu keras.

Perhatikan kesehatanmu dengan istirahat dan tidur yang cukup agar puasa bisa maksimal dengan tubuh yang sehat dan kuat.

7. Jangan Tidur Setelah Salat Subuh

jangan tidur setelah subuh
pexels.com/@feelartfeelant

Pasti kamu sering tidur lagi setalah subuh, kan? Padahal, harusnya hal ini nggak dilakukan lho. Udara segar di pagi hari bisa baik untuk tubuhmu.

Kamu bisa mendapatkan asupan oksigen yang bersih untuk seluruh tubuh dan otak. Cahaya matahari pagi yang kaya akan votamin D juga bisa memperkuat tulang.

Baca Juga: Bahaya Kurang Tidur, Bisa Mati Muda!

Nggak cuma itu, nggak tidur setelah tubuh akan merangsang pelepasan endorfin yang membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Jadi gimana Sobat Qupas, mudah kan tipsnya? Hanya dengan melakukan 6 hal sederhana di atas kamu bisa menjalankan ibadah puasa dengan badan sehat dan bugar.

0 Comment