Harus Hati-hati, Begini Cara Membangun Kedekatan dengan Anak Tiri

09 October 2019, at 17:00
0
0
Harus Hati-hati, Begini Cara Membangun Kedekatan dengan Anak Tiri

Saat memutuskan untuk menikah, kamu nggak hanya telah memilih seseorang untuk menjadi pasangan hidupmu. Namun juga harus mau menerima apapun tentang dirinya termasuk keluarganya.

Hal yang lebih kompleks dapat terjadi apabila kamu menikah dengan orang yang sudah memiliki anak di pernikahan sebelumnya.

ayah dan anak
pexels.com/@panditwiguna

Menjadi orang tua sambung dan menjalin kedekatan dengan anak tiri memang bukan sesuatu yang mudah. Pasalnya, anak-anak memiliki persepsi yang berbeda-beda tentang orang baru yang hadir di keluarganya.

Namun, bukan berarti kamu nggak bisa dekat dengan anak tiri. Berikut ini beberapa cara membangun kedekatan dengan anak tiri yang bisa kamu terapkan.

1. Jangan Memaksa

anak dan ibu tiri
pexels.com/@tadeusz-domagalski-137524

Beberapa orang ingin langsung dekat dengan anak tirinya. Akan tetapi, menerima orang baru dalam keluarga mungkin bukanlah sesuatu yang mudah bagi anak-anak.

Maka dari itu, ada baiknya apabila kamu memberikan si kecil waktu dan melakukan pendekatan secara perlahan. Jangan memberinya paksaan karena hal tersebut justru berpotensi membuat hubungan kalian berantakan.

2. Menjadi Diri Sendiri

menjadi diri sendiri
pexels.com/@jonathan-borba-1491594

Membelikan mainan atau barang mahal mungkin menjadi salah satu cara yang akan dipilih oleh beberapa orang untuk menjadi lebih dekat dengan anak tiri.

Meskipun nggak dilarang, namun hal tersebut ternyata bukanlah cara yang efektif lho. Anak-anak memiliki intuisi untuk melihat seberapa orang tua barunya memerhatikan. Oleh sebab itu, menjadi diri sendiri akan memberikanmu kesempatan yang lebih baik untuk menjadi dekat dengan si kecil.

3. Dukung Anak Bertemu dengan Orang Tua Kandungnya

betemu ibu
pexels.com/@jonas-mohamadi-621232

Beberapa orang tua tiri mungkin merasa posisinya terancam saat anak-anak menghabiskan banyak waktu dengan orang tua kandungnya. Akan tetapi, menghalangi hal tersebut akan membuat si kecil nggak suka denganmu.

Berikan dukungan kepada anak untuk bertemu dengan orang tua kandungnya. Hal tersebut akan membuatnya merasa lebih nyaman dan mudah menerimamu. Lagi pula, pertemuan tersebut bukanlah sesuatu yang bisa kamu jadikan sebagai ajang kompetisi.

Baca Juga: Mengenali Bahasa Cinta Buah Hati, Supaya Orangtua Nggak Salah Memberi

4. Habiskan Banyak Waktu dengan Anak

ibu dan anak
pexels.com/@alena-shekhovtcova-827912

Menurut Patricia Papernow, Ed.D yang merupakan psikolog sekaligus pakar di National Stepfamily Resource Center, menghabiskan waktu dengan anak tiri merupakan salah satu cara yang efektif untuk saling mengenal lebih dekat.

Kamu bisa melakukan berbagai kegiatan favorit anak yang menyenangkan seperti menonton film, jalan-jalan, dan lain sebagainya.

5. Persiapkan Mental untuk Mendengar Kalimat “Kamu Bukan Orang Tua Kandungku!”

anak tiri
shutterstock.com

Salah satu hal yang harus kamu terima saat menikah dengan seseorang yang sudah memiliki anak dari pernikahan sebelumnya adalah menjadi orang tua sambung.

Maka dari itu, kamu harusnya sudah menyiapkan mental untuk mendengar kalimat “kamu bukan orang tua kandungku!” dari anak tiri.

Cobalah untuk mengerti dan jangan sakit hati. Katakan padanya bahwa meskipun kamu bukan orang tua kandungnya, namun bukan berarti kamu nggak menyayanginya.

6. Saling Menghormati

keluarga
pexels.com/@bymalcolmgarret

Beberapa alasan mungkin membuat anak-anak belum bisa dekat atau mencintai orang tua barunya, dan hal tersebut memang nggak bisa dipaksakan.

Akan tetapi, kamu bisa berlaku tegas dan menuntut anak untuk menghormatimu. Sebaliknya, kamu juga harus melakukan hal yang sama terhadap anak.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjadi dekat dengan anak tiri. Semoga berhasil, ya!

0 Comment