Qupas Family

Harus Yakin, Lakukan 7 Langkah Ini untuk Mengobati Trauma pada Anak

22 October 2019, at 13:00
Harus Yakin, Lakukan 7 Langkah Ini untuk Mengobati Trauma pada Anak

Trauma pada anak bukanlah sesuatu yang dapat disepelekan. Pasalnya, hal tersebut bisa memengaruhi perkembangan buah hati dan terbawa hingga dewasa.

Maka dari itu, wajar apabila sebagai orang tua kamu menjadi khawatir dengan kondisi emosional si kecil. Untuk mengatasinya trauma pada anak, kamu bisa mencoba melakukan beberapa hal di bawah ini.

1. Cari Tahu Sumber Trauma

anak sedih
pexels.com/@bertellifotografia

Pertama-tama, orang tua perlu mencari tahu sumber trauma pada anak apabila memang kejadian traumatis tersebut belum diketahui. Hal ini sangat penting dilakukan agar bisa membantu mengobati masalah anak dengan lebih tepat sasaran.

Sharon Stanley, Ph.D., penulis Relational and Body-Centered Practices for Healing Trauma: Lifting the Burdens of The Past mengatakan bahwa dibutuhkan ketenangan dan kesabaran untuk mengorek informasi dari anak tentang apa yang membuatnya trauma.

Oleh sebab itu, sebagai orang tua sebaiknya kamu nggak menunjukkan emosi negatif di depan si kecil meskipun ia kesulitan untuk menceritakan masalahnya.

2. Jadilah Pendengar yang Baik

berbicara dengan anak
instagimg.com

Orang tua juga perlu menjadi pendengar yang baik bagi buah hati. Bukan hanya ketika mencari tahu tentang penyebab traumanya, namun kapan pun saat si kecil ingin bercerita.

Cobalah untuk memposisikan diri dan memahami apa yang buah hati rasakan dan berikan jawaban yang jujur serta mudah dimengerti. Gunakan kata-kata yang membuatnya nyaman dan hindari menyampaikan sesuatu yang membuatnya takut.

3. Pahami Reaksi Anak Terhadap Trauma

ibu dan anak
sageday.com

Reaksi setiap anak terhadap trauma yang dialami tentu saja berbeda. Oleh sebab itu, sebagai orang tua sudah seharusnya kamu memahami dan menerima hal tersebut.

Anak bisa saja menunjukkan reaksi dengan cara bersedih, menjadi mudah marah, nggak mau berbicara, atau bahkan seolah-olah nggak pernah terjadi hal yang menyakitkan.

Untuk mengatasi hal ini, orang tua sebaiknya memberikan pemahaman kepada buah hati bahwa merasa sedih adalah sesuatu yang wajar dan boleh diungkapkan.

Baca Juga: Cara Bijak Mendampingi Anak yang Trauma karena Dibully

4. Berikan Rasa Aman dan Nyaman

memeluk anak
stayathomemum.com.au

Anak yang mengalami trauma sangat membutuhkan perhatian dan kasih sayang orang-orang terdekatnya. Oleh sebab itu, cobalah untuk memberinya keyakinan bahwa semua kesulitan tersebut bisa diatasi bersama-sama.

Lakukan kegiatan sehari-hari seperti makan bersama, nonton tv, tidur, dan lain sebagainya seperti biasa sehingga anak merasa lebih aman dan nyaman.

5. Dorong Anak untuk Berani Berbicara dan Bertindak

anak berlari
pexels.com/@jonas-mohamadi-621232

Dilansir dari Psychology Today, orang tua perlu mendorong anak untuk bertindak berani dan nggak terjebak dalam ketakutannya. Ajarkan buah hati untuk fokus pada dirinya sehingga nggak melihat masa lalu terus-menerus.

Selain itu, kamu juga harus mendorong anak untuk berani berbicara dan terbuka terhadap apapun yang ia rasakan. Hal ini penting dilakukan untuk mengatasi peristiwa traumatis.

6. Jauhkan dari Sumber Trauma

anak trauma
pexels.com/@lucaspezeta

Orang tua juga sebaiknya menjauhkan anak dari sumber trauma agar si kecil nggak mengingat pengalaman buruk tersebut lagi.

Usahakan untuk peka terhadap segala hal yang ada di lingkungan anak agar nggak kecolongan ya, Bunda!

7. Meminta Bantuan Psikolog Anak

trauma pada anak
istockphoto.com

Apabila langkah-langkah di atas dirasa masih belum bisa mengobati trauma pada anak, nggak ada salahnya orang tua meminta bantuan pada ahli atau psikolog.

Buat anak nyaman dengan psikolog agar pengobatan atau terapi bisa dilakukan dengan lebih tepat dengan dampak yang maksimal.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk membantu mengobati trauma pada anak. Jangan pesimis, asalkan berusaha semua pasti bisa!