Hati-Hati! 5 Masalah Kesehatan ini Bisa Diwariskan

13 December 2018, at 03:00
2
0
Hati-Hati! 5 Masalah Kesehatan ini Bisa Diwariskan

Setiap orang pasti mendambakan badan yang sehat dan kuat. Kesehatan ini tidak hanya menyangkut dirimu saja, lho.

Riwayat kesehatan keluarga juga berpengaruh besar pada kondisi tubuhmu. Ada beberapa penyakit yang tidak bisa kamu hindari karena merupakan penyakit genetik.

Penyakit genetik bisa diturunkan atau diwariskan dari orang tua kepada anak. Risiko dan tingkat keparahannya tergantung dari apa penyakitnya dan bagaimana gaya hidup si anak. Bakat ini bisa muncul sejak anak-anak tetapi ada juga yang muncul setelah dewasa.

Kamu harus tahu tentang kondisi kesehatanmu, ya! Kamu juga harus mengenali penyakit apa saja yang bisa diwariskan oleh orang tua ke anaknya.

1. Diabetes Militus

diabetes militus
drbradshook.com

Diabetes melitus memiliki hubungan erat dengan keturunan. Penyakit yang sering juga disebut sebagai penyakit gula atau kencing manis ini ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah akibat insulin yang tidak bisa bekerja dengan maksimal.

Seorang anak yang memiliki antigen leukosit dari orangtuanya akan memiliki kecenderungan menderita diabetes tipe 1.

Sedangkan diabetes tipe 2 dapat muncul pada generasi berikutnya. Jika kedua orangtuamu mengidap diabetes tipe 2, risiko diturunkannya penyakit tersebut sebesar 75 persen. Sedangkan jika hanya salah satu saja, risikonya lebih rendah, yaitu 15 persen.

2. Buta Warna

buta warna
hellosehat.com

Buta warna bisa disebabkan oleh kerusakan mata atau faktor keturunan. Akan tetapi, mayoritas kasus merupakan hasil dari warisan orang tua. Kondisi dimana penderita tidak dapat mengenali dan mengidentifikasi warna ini terbagi menjadi dua tipe.

Yang pertama, buta warna yang tidak dapat mengenali dan membedakan semua warna. Sedangkan yang kedua, buta warna yang hanya tidak dapat mengidentifikasi warna-warna yang mirip saja.

Penyakit ini diwariskan dari mutasi kromosom X. Kondisi buta warna bisa muncul kepada anak di usia dini atau saat sudah dewasa.

3. Kebotakan

kebotakan
livewell.com

Kebotakan bisa juga disebabkan oleh faktor keturunan. Seorang ayah yang mengalami kebotakan bisa mewariskan penyakit tersebut ke salah satu anaknya. Penyakit ini bisa jadi tidak terasa efekya ketika masih anak-anak.

Gen yang menyebabkan penyakit ini adalah gen APCDD1 yang dapat menyebabkan folikel rambut menyusut sehingga rambut menjadi rapuh dan terus rontok. Keadaan semakin lama akan semakin parah sehingga terjadilah kebotakan.

4. Alergi

alergi
hellosehat.com

Kamu punya alergi? Bisa jadi kamu mewarisinya dari orang tuamu, lho!

Alergi adalah kondisi dimana pengidap akan merasakan sensasi gatal, sesak napas, bersin-bersin, dan lain sebagainya jika melakukan kontak langsung maupun tidak langsung terhadap alergen tertentu.

Sebagian besar alergi disebabkan oleh faktor keturuan. Apabila orang tua memiliki bakat alergi, maka anak memiliki risiko sebesar 70 persen untuk memilikinya juga. Akan tetapi bila hanya satu dari orang tua saja yang memiliki, kemungkinannya berkurang menjadi 30 persen.

Baca Juga: Apa Saja Sih Tanda-Tanda Alergi Dingin?

5. Hemofilia

hemofilia
imgcop.com

Hemofilia kebanyakan diderita oleh laki-laki. Hal ini disebabkan karena perintah pembekuan darah terjadi di kromosom X. Sedangkan hemofilia sendiri merupakan penyakit turunan akibat faktor kurangnya pembeku darah 8 dan 9.

Dalam hal ini, ibu hanya berperan sebagai pembawa bakat atau benih saja. Penyakit ini sulit dicegah karena anak selalu memiliki masing-masing satu kromosom seks dari ibu dan ayah. Itulah mengapa hemofilia sudah muncul sejak anak-anak.

6. Asma

asma
as.com

Penyakit keturunan selanjutnya adalah asma. Ibu diketahui memiliki faktor yang lebih besar dibanding ayah dalam hal ini. Tidak semua asma disebabkan oleh faktor keturunan. Hanya sekitar 30 persen saja yang mendapatkan warisan asma.

Penyakit yang dapat dipicu oleh adanya alergen ini jika ditangani dan dikontrol dengan baik memiliki kemungkinan untuk hilang atau sembuh saat dewasa.

7. Tekanan Darah Tinggi

tekanan darah tinggi
hellosehat.com

Wah, ternyata tekanan darah tinggi juga termasuk dalam penyakit yang bisa diturunkan, lho. Penyakit yang satu ini sering tidak disadari kehadirannya dalam tubuh karena tidak memiliki tanda atau gejala yang jelas.

Kamu memiliki kemungkinan sebanyak 15 persen jika salah satu dari orang tuamu mengidap penyakit ini. Hati-hati, ya. Tekanan darah tinggi atau hipertensi ini jika tidak segera ditangani dapat mengakibatkan stroke dan serangan jantung.

8. Thalasemia

thalasemia
shutterstock.com

Penyakit yang satu ini mungkin namanya terdengar asing di telingamu. Thalasemia adalah penyakit kelainan darah yang disebabkan oleh hemogoblin yang mudah sekali pecah. Penyakit ini bisa diturunkan jika kedua orang tuanya adalah pembawa sifat atau bakat.

Menurut para ahli, jika ibu merupakan pembawa sifat, maka anaknya berpotensi sebesar 25 persen sehat, 50 persen sebagai pembawa bakat juga dan 25 persen terserang thalasemia.

Nah, itu di sahabat Qupas 8 penyakit yang bisa diwariskan orang tua ke anak-anaknya. Kalau warisannya harta pasti senang ya, Kalau penyakit begini bagaimana?

Jadi meskipun kita terlahir sehat, bisa saja orang tau kita menurunkan bakat penyakit yang kita tidak tahu. Maka dari itu ada baiknya jika kita rajin melakukan cek kesehatan dan mencegah semua penyakit dengan membiasakan gaya hidup yang sehat.

0 Comment