Hati-hati, 8 Makanan Ini Ternyata Berbahaya Bila Dikonsumsi Saat Naik Pesawat

25 December 2018, at 07:30
2
0
Hati-hati, 8 Makanan Ini Ternyata Berbahaya Bila Dikonsumsi Saat Naik Pesawat

Bagi sebagian orang, pesawat jadi alat transportasi utama bila tempat yang akan dituju jaraknya terlampau jauh. Dalam perjalanan, tak sedikit yang memilih untuk menyantap makanan.

Tapi tahukah kamu? Ternyata ada beberapa makanan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi saat naik pesawat, karena bisa membahayakan kesehatan.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah makanan yang sebaiknya dihindari saat di pesawat.

1. Air Mineral dari Maskapai

air mineral di pesawat
bestplacesofinterest.com

Saat naik pesawat, sebaiknya hindari untuk meminta air mineral pada pramugari. Sebab, sekitar 12 persen maskapai penerbangan komersil telah dikonfirmasi memiliki tangki air minum yang mengandung coliform.

Yakni jenis bakteri yang sering ditemukan pada kotoran manusia. Seorang pramugari bahkan pernah membeberkan, hal ini karena tangki air yang ada di pesawat jarang dibersihkan.

Jadi, lebih baik untuk membawa air mineral sendiri ya.

2. Minuman Hangat dari Maskapai

minuman hangat dari maskapai
yimg.com

Seperti halnya dengan air mineral, sebaiknya jangan meminta minuman hangat saat di pesawat. Alasannya pun sama, karena tangki air untuk menyimpan air panas juga jarang dibersihkan.

Untuk mengantisipasi hal ini, kamu bisa membawa termos mini yang berisi minuman hangat dari rumah.

3. Alkohol

minuman berlakohol
vinepair.com

Selain efek memabukkan, minuman beralkohol akan membuatmu dehidrasi. Bahkan pengaruhnya bisa dua kali lebih buruk saat berada di dalam pesawat.

Hal ini karena kabin pesawat memiliki kelembaban yang rendah, sehingga tubuh akan membutuhkan hidrasi yang lebih banyak.

4. Minuman Bersoda

minuman bersoda
timeincapp.com

Minuman besoda akan membuat gelembung-gelembung udara berkumpul dan menyebabkan perut jadi kembung, bahkan nyeri ulu hati.

Akibatnya akan timbul rasa ingin membuang gas secara terus menerus. Hal ini tentunya sangat tidak nyaman bila kamu sedang berada di dalam pesawat.

Baca juga: Gara-Gara Pilot Ketiduran, Pesawat ini “Kebablasan” 46 km dari Bandara Tujuan

5. Makanan Cepat Saji

fast food
confidentials.com

Makanan cepat saji memang menggoda untuk disantap kapan saja. Namun kandungan lemak jenuh di dalamnya ternyata sangat berbahaya bila dikonsumsi saat naik pesawat.

Yakni bisa menimbulkan penyumbatan darah. Mengerikan bukan?

Untuk itu, hindari untuk menyantap makanan cepat saji seperti burger, french fries, dan kawan-kawannya saat dan sebelum naik pesawat.

6. Permen Karet

mengunyah permen karet
medicalnewstoday.com

Bagi sebagian orang, mengunyah permen karet adalah hal yang mengasyikkan dan bisa mengusir rasa bosan. Tapi permen yang satu ini ternyata juga cukup berbahaya bila dikonsumsi saat sedang di pesawat.

Seorang ahli gastroenterologi, Dr Robynne Chutkan menyatakan bahwa pemanis buatan pada permen karet bisa menyebabkan kembung. Selain itu, kandungan ini terkadang bisa memicu diare.

7. Kopi

minum kopi di dalam pesawat
foodbeast.com

Selain alkohol, kopi juga bisa membuatmu dehidrasi karena memicu untuk buang air lebih banyak. Secara otomatis kamu juga akan bolak-balik ke toilet, nggak nyaman kan?

Belum lagi, konsumsi kopi akan membuatmu terjaga dan sulit untuk tidur. Bila perjalananmu jauh, tentu badanmu akan lebih lelah karena kurang beristirahat.

8. Bawang Putih

bawang putih
organicfacts.net

Nah, yang tak kalah penting adalah jangan mengonsumsi makanan yang tinggi bawang putih. Sebab, bumbu dapur yang satu ini mengandung sulfur yang cukup tinggi.

Kandungan ini kabarnya bisa mempengaruhi aliran darahmu saat berada di ketinggian.

Itu dia, beberapa makanan yang sebaiknya kamu hindari saat sedang naik pesawat. Bahaya dan efek yang ditimbulkan cukup mengerikan bukan?

0 Comment