Hati-Hati, Ada Bahaya di Balik Wangi Parfummu

14 December 2018, at 07:00
2
0
Hati-Hati, Ada Bahaya di Balik Wangi Parfummu

Pafrum atau minyak wangi merupakan salah satu benda wajib bagi sebagian orang. Bahkan beberapa orang harus membawanya setiap kali keluar rumah. Selain untuk menyempurnakan penampilan, minyak wangi juga dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

Kamu suka pakai minyak wangi juga? Hati-hati ya, sebagian orang merasakan efek alergi terhadap jenis wewangian.

parfum
kaskus.co.id

Efek tersebut dapat berupa gatal-gatal, bersin-bersin atau bahkan sakit kepala. Kondisi hipersensitif atau alergi minyak wangi ini setidaknya dialami oleh lebih dari 2 juta orang.

Penelitian menyebutkan bahwa terdapat sekitar 10 bahan kimia yang terkait dengan reaksi alergi dan 12 bahan kimia yang dapat memicu gangguan hormon, seperti tonalide, dietil ftalat dan benzyl benzoat.

Alergi minyak wangi bisa menyerang siapa saja, termasuk kamu. Kenali tanda-tandanya!

1. Kulit Ruam dan Gatal

kulit ruam dan gatal
alodokter.com

Tanda yang paling umum dijumpai pada pasien alergi adalah kulit ruam yang biasanya disertai dengan gatal-gatal. Kondisi kulit kemerahan ini tidak jauh berbeda dengan iritasi. Akan tetapi kulit ruam akibat iritasi dapat menghilang dengan cepat sedangkan alergi lebih lama.

kulit ruam
hellosehat.com

Kulit kemerahan terkadang juga terasa kering dan diikuti dengan rasa terbakar atau panas.

Meskipun demikian, ada juga orang yang hanya mengalami kulit ruam saja tanpa disertai dengan gatal-gatal atau rasa terbakar. Tapi hal ini bukan berarti kamu tidak alergi, ya.

2. Sakit Kepala

sakit kepala
shutterstock.com

Jika kamu merasakan sakit kepala saat menghirup aroma parfum, mungkin saja kamu alergi terhadapnya. Tapi tidak semua orang yang mengalami hal tersebut berarti alergi, ya.

Sebab, wewangian tertentu kadang membawa ingatan dalam otak kita.

sakit kepala alergi
fitnessformen.co.id

Bisa jadi kamu teringat memori buruk yang dapat menyebabkanmu menjadi pusing.

Akan tetapi jika kamu selalu pusing saat mendapatkan kontak dengan parfum, bagaimana pun wanginya, sudah pasti kamu alergi minyak wangi.

3. Bersin-Bersin, Hidung dan Mata Berair

bersin
hellosehat.com

Bersin-bersin juga merupakan salah satu tanda ketika kita mengalami alergi terhadap sesuatu. Tubuh akan merespon segala hal yang masuk ke dalam tubuh kita. Bukan hanya makanan, itu juga berlaku untuk apapun yang kita hirup.

mata berair
shutterstock.com

Jika kamu bersin-bersin setiap kali memakai parfum atau mencium parfum orang lain, hal tersebut merupakan suatu bentuk pertahanan diri.

Sistem kekebalan tubuh akan mengeluarkan zat kimia yang bernama histamin ketika tubuh terkena penyebab alergi. Itu lah yang membuatmu bersin, hidung berair, atau mata berair.

Baca juga: Apa Saja Sih Tanda-Tanda Alergi Dingin?

4. Sulit Bernapas

sulit bernapas
strategi.id

Efek lain yang lebih parah dari bersin-bersin adalah kesulitan bernapas. Hal ini mungkin terjadi pada orang dengan hipersensistif dan memiliki risiko alergi tinggi.

Sulit bernapas juga salah satu efek alergi minyak wangi atau parfum.

sesak napas
alodokter.com

Pada zaman dahulu, peneliti sempat mengaitkan kedaan sulit bernapas akibat alergi minyak wangi ini dengan asma.

Akan tetapi, meskipun asma merupakan penyebab paling banyak sesak napas, keduanya tidak berkaitan saat kamu memiliki alergi.

5. Mual

mual
hellosehat.com

Rasa mual dapat terjadi karena gangguan lambung, kurang istirahat, stres atau sedang hamil. Selebihnya, perasaan seperti ini juga dapat menjadi indikator atau tanda-tanda ketika kamu sedang alergi terhadap sesuatu.

Jika alergi parfum, otak akan merespon ketika bau-bauan atau wangi parfum tercium olehmu.

mual muntah
shutterstock.com

Respon otak ini bisa bermacam-macam, salah satunya yaitu dengan mengirim sinyal mual dan ingin muntah.

Bagaimana? Kamu alergi sama parfum tidak? Parfum atau minyak wangi memang memiliki  beberapa kandungan yang dapat memicu alergi seperti limonene, geraniol, dan benzyl benzoate.

Beberapa orang yang mengalami gangguan kesehatan ini bisa jadi tidak sadar bahwa dia alergi terhadap parfum.

Segera hentikan pemakaian jika terjadi alergi. Atau kamu bisa mencari minyak wangi yang tidak mengandung unsur-unsur yang membuatmu alergi.

Minyak wangi oplsoan juga tetap berpotensi untuk menimbulkan masalah kesehatan ini, justru lebih parah karena beberapa bahan yang digunakan lebih berbahaya.

Selain minyak wangi, ada juga orang yang alergi dengan wewangian lainnya. Misalnya pengharum ruangan, minyak kayu putih, dan lain sebagainya. Hati-hati, ya!

0 Comment