Hati-Hati Depresi! Media Sosial Bisa Pengaruhi Kesehatan Mentalmu

10 February 2019, pada 00:00
0
0
Hati-Hati Depresi! Media Sosial Bisa Pengaruhi Kesehatan Mentalmu

Pada era modern ini, perkembangan teknologi terbilang cepat dan memiliki pengaruh yang kuat pada setiap aspek kehidupan manusia. Media sosial misalnya, dapat memengaruhi kebiasaan dan pola pikir seorang individu.

Berdiam diri berjam-jam hanya untuk menelusuri dunia maya sudah tidak lagi menjadi pemandangan yang aneh saat ini. Namun, kebiasaan ini bukan merupakan hal yang baik, lho.

Menurut penelitian, masyarakat harus mewaspadai dampak negatif dari pengguna media. Pada usia berapapun, perundungan dan potensi depresi selalu ada dalam diri manusia.

Baca Juga: Mencari Sensasi di Media Sosial dengan Selfie pada Lokasi Bencana, Normalkah?

Berikut ini merupakan dampak buruk media sosial pada kesehatan mental.

1. Kecanduan

kecanduan media sosial dampak buruk media sosial
pexels.com/@tracy-le-blanc-67789

Sudah menjadi rahasia umum apabila pengguna media sosial seringkali merasa kecanduan dengan teknologi tersebut.

Hal ini ditandai dengan sikap yang mengabaikan kehidupan pribadi, lari dari kenyataan, dan lain sebagainya.

kecanduan merupakan salah satu efek buruk media sosial
pexels.com/@fotios-photos

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Swansea menyebutkan bahwa berhenti bermain media sosial akan memberikan efek psikologi pada seseorang.

Mereka akan mengalami kecemasan ketika tisdak bermain media sosial.

2. Kehilangan Kepercayaan Diri

kehilangan kepercayaan diri merupakan dampak buruk sosial media
pexels.com/@inzmam-khan-368018

Media sosial dapat memicu seseorang menjadi kehilangan kepercayaan dirinya. Hal ini karena banyaknya kehidupan dunia maya yang terlihat lebih menarik, sempurna, dan menyenangkan daripada apa yang ia miliki.

dampak negatif media sosial pada kesehatan mental
pexels.com/@juresiric

Pada akhrinya, secara tidak langsung kamu akan sering membandingkan dirimu sendiri dengan orang lain. Ia mulai memberikan nilai pada dirinya sendiri atau kehidupannya berdasarkan apa yang dilihatnya dari kehidupan media sosial orang lain.

Pada tahap yang lebih lanjut, seseorang akan merasa terobsesi untuk meniru tingkah laku orang lain di dunia maya.

3. Menimbulkan Kecemburuan

efek buruk media sosial menimbulkan kecemburuan
pexels.com/@tessseymourphotography

Membandingan diri sendiri dengan orang lain tidak hanya akan menghilangkan rasa percaya diri dan menimbulkan depresi.

Namun, hal ini juga membuatmu merasa cemburu saat tidak mampu menyaingi orang tersebut.

Kecemburuan sosial ini akan berdampak buruk bagi kesehatan, baik mental dan fisik. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan Humboldt Universitas Berlin.

perasaan iri dampak buruk media sosial
pexels.com/@pixabay

Mereka melihat adanya rasa kecemburuan dan hal negatif lainnya yang tumbuh ketika orang tersebut menggunakan media sosial Facebook.

Ini dapat dikatakan sebagai lingkaran setan. Siklus kecemburuan ini akan terus berputar. Ketika kamu iri, kamu berusaha untuk menunjukkan diri.

Sedangkan orang lain yang merasa tersaingi olehmu juga akan melakukan hal yang sama.

Baca Juga: Punya 9 Kepribadian, Benarkah Ia Gila?

4. Semakin Tidak Memiliki Teman

semakin tidak memiliki teman efek buruk media sosial
pexels.com/@noellegracephotos

Memiliki banyak teman di media sosial tidak menjamin bahwa kamu akan memiliki banyak teman juga dikehidupan nyata. Justru kamu bisa jadi tidak memiliki sahabat dekat sehingga melampiaskan segala hal di dunia maya.

Inilah salah satu hal yang merupakan dampak buruk media sosial. Menurut sebuah penelitian, kemampuan otak manusia terbatas dalam hal menangani banyak teman. Hanya sahabat di dunia nyatalah yang mampu menjaga pertemanan.

tidak punya teman dampak negatif media sosial
pexels.com/@pixabay

Anak muda cenderung merasa bahagia dan kekinian ketika memiliki banyak teman atau pengikut pada media sosialnya. Namun sangat memungkinkan bahwa ia adalah orang yang kesepian di kehidupan sesungguhnya.

5. Selalu Sedih

selalu sedih efek buruk media sosial
pexels.com/@katlovessteve

Dampak buruk media sosial lainnya adalah bisa membuatmu selalu merasa sedih. Dengan kecemburuan, rasa tidak percaya diri, teman yang tidak sebenarnya, dan lain sebagainya tentang media sosial.

Ini membuat perasaan sedih menjadi wajar menghampirimu. Semakin lama seseorang menyelami media sosial, maka akan semakin ia merasa tidak bahagia.

Hal ini karena secara tidak langsung ia akan merasa terisolasi dari kehidupan sosial yang sesungguhnya karena lebih sering fokus pada dunia maya.

tidak punya teman efek negatif sosial media pada kesehatan mental
pexels.com/@yogendras31

Setelah mengetahui efek buruk media sosial, kamu masih mau berlama-lama menunduk memandang handphone? Sebaiknya kurangilah penggunaannya dan lebih fokuslah pada kehidupan nyatamu.

Apa yang ditampilkan oleh orang lain pada akun media sosialnya belum tentu benar dan nyata. Sehingga kamu tidak perlu ambil pusing dan iri hati kepada mereka. Percayalah bahwa kamu bisa bahagia dengan apa yang kamu miliki.

0 Komentar