Hati-hati, Hobi Nyinyir Ternyata Berikan Dampak Buruk Bagi Kesehatan!

20 October 2019, at 10:00
0
0
Hati-hati, Hobi Nyinyir Ternyata Berikan Dampak Buruk Bagi Kesehatan!

Beberapa orang mungkin senang menyalahkan atau berkomentar negatif terhadap orang lain alias nyinyir. Atau bahkan, kamu sendiri sering melakukannya?

Jika iya, sebaiknya mulai kurangi kebiasaan tersebut mulai sekarang. Pasalnya, kegiatan yang terkesan sepele itu memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan.

Dilansir dari concordia.ca, penelitian yang dilakukan oleh Universitas Concordia menyatakan bahwa nyinyir terhadap orang lain justru menandakan adanya gangguan fisiologis yang memengaruhi metabolisme, respon imun, dan fungsi organ.

nyinyir
shutterstock.com

Nggak hanya itu, kepala klinik psikiatrik di Free University of Berlin, Michael Linden pun menyatakan hal serupa. Kebiasaan menyalahkan atau berkomentar negatif tentang orang lian bisa menyebabkan penyakit mental.

Linden menduga bahwa kebiasaan negatif tersebut dipengaruhi oleh trauma masa lalu yang menyebabkan gangguan medis atau lebih tepatnya PTED (Post Traumatic Embitterment Disorder).

Baca Juga: Kebiasaan Sepele Ini Akibatnya Fatal, Jangan Dilakukan!

Menurutnya, nyinyir merupakan salah satu cara bagi penerita PTED untuk mengembalikan rasa percaya diri atau pandangan positif terhadap dirinya sendiri.

gosip
istockphoto.com

Dengan menyalahkan atau berkata buruk tentang orang lain, secara nggak langsung ia akan merasa lebih baik dan harga dirinya pun terlindungi.

Padahal, hal tersebut akan menimbulkan pertengkaran dan memancing emosi orang-orang yang ada di sekitarnya. Kondisi tersebut secara nggak langsung juga akan berdampak buruk bagi kesehatan fisik apabila dibiarkan terus-menerus.

membicarakan orang lain
cambo-fresh.com

Nah, jadi Sobat Qupas lebih baik mulai sekarang dikurangi ya nyinyirnya! Mulai lah bersikap positif baik pada diri sendiri maupun orang lain.

Selain akan berdampak buruk pada kesehatan fisik maupun mentalmu, berkomentar negatif kepada orang lain juga akan membuat orang tersebut terluka dan tertekan lho. Nggak mau kan jadi orang jahat?

0 Comment