Hati-hati, Ini 5 Dampak Serius Membandingkan Si Kecil dengan Anak Lain

07 August 2019, at 02:00
0
0
Hati-hati, Ini 5 Dampak Serius Membandingkan Si Kecil dengan Anak Lain

Disengaja atau nggak, beberapa orang tua terbiasa membandingkan buah hatinya dengan anak lain. Entah dari segi nilai di sekolah, kepatuhan, kemampuan bermain, dan lain sebagainya.

Mungkin hal tersebut dilakukan dengan maksud baik, yaitu untuk memberikan motivasi pada anak agar dapat melakukan yang lebih baik daripada sebelumnya. Namun, anggapan tersebut justru salah lho.

Buah hati malah akan merasa berbagai hal negatif apabila sering dibandingkan dengan orang lain. Berikut ini dampak buruk yang akan terjadi pada anak dan harus diketahui oleh orang tua agar bisa mencegahnya.

Baca Juga: Kekerasan Verbal dan Dampaknya Bagi Perkembangan Mental Si Kecil

1. Stres

stres
gettyimages.com

Buah hati yang terus-menerus dibandingkan dengan orang lain akan merasa tertekan. Secara nggak langsung, anak akan merasa bahwa orang tau nggak bisa menerima kekurangannya dengan terus menuntut.

Kondisi tersebut akan membuat anak merasa gelisah dan bahkan mengalami gangguan tidur. Nggak hanya orang dewasa saja, buah hati juga bisa mengalami stres apabila terus mendapat tekanan.

2. Merasa Rendah Diri

merasa rendah diri
shutterstock.com

Saat sering dibandingkan, anak akan cenderung merasa rendah diri atau minder. Ia akan berpikir bahwa orang lain selalu lebih baik sekeras apapun ia berusaha.

Perasaan percaya diri yang rendah ini kemudian dapat membuat anak berhenti berusaha karena ia merasa nggak akan pernah bisa dan nggak mampu memenuhi harapan orang tua.

3. Menjauh dari Orang Tua

menjauh dari orang tua
amicuslaw.com.au

Anak juga bisa menjauh dari orang tua apabila terus menerus dibandingkan, entah dengan teman, tetangga, atau saudara kandungnya sendiri.

Buah hati merasa kamu sebagai orang tua membencinya, sehingga lebih memilih untuk memberi jarak. Selain itu, anak juga akan kehilangan kepercayaan dan rasa nyaman terhadap orang tua.

Baca Juga: Jangan Dimarahi, Inilah Cara Tepat Mengatasi Anak yang Suka Bohong

4. Tidak Mudah Bergaul

nggak mudah bergaul
abc.net.au

Selain menjauh dari orang tua, anak yang sering dibandingkan juga akan menjauh dari teman-temannya. Hal tersebut menjadikan buah hati sebagai pribadi yang cenderung pendiam, tertutup, dan nggak mudah bergaul.

Apalagi apabila orang tua memuji orang lain di depannya, maka akan timbul kebencian dalam diri buah hati pada orang tersebut.

5. Bakat Menghilang

bakat menghilang
besttennews.com

Dampak buruk lainnya saat orang tua sering membandingkan adalah hilangnya bakat si buah hati. Hal tersebut karena anak merasa orang tua nggak mendukung apa yang ia lakukan.

Bakat yang dimiliki dan sedang berusaha dikembangkan anak nggak mendapatkan apresiasi yang positif dari orang tua. Entah itu karena dibandingkan dengan orang lain yang memiliki bakat sama atau diarahkan ke hal lain yang menurut orang tua lebih bisa buah hati lakukan.

6. Mudah Marah dan Pendendam

anak pendendam dan mudah marah
magltk.com

Selain itu, anak yang sering dibanding-bandingkan juga menjadi mudah marah dan pendendam. Apalagi terhadap orang lain yang ia anggap musuh.

Meskipun terlihat diam saja dan nggak berkomentar banyak, akan tetapi sebenarnya buah hati memendam perasaan kesal, sedih, dan kecewa yang bisa meledak kapan saja.

Baca Juga: Cara Mudah yang Bisa Bunda Coba untuk Membuat Anak Usia Balita Tidur Nyenyak

Jadi Sobat Qupas, meskipun niatnya baik akan tetapi ternyata membandingkan anak sangat berpengaruh terhadap perkembangan mental dan karakternya.

Sayangnya, hal tersebut cenderung mengarah pada hal-hal yang negatif. Oleh sebab itu, daripada membandingkan cobalah untuk memahami anak, memberinya dukungan, serta berdiskusi dan mencari solusi dari kekurangannya.

0 Comment