Hati-hati! Ini 8 Penyebab Depresi Paling Umum yang Perlu Diwaspadai

11 October 2019, at 11:00
0
0
Hati-hati! Ini 8 Penyebab Depresi Paling Umum yang Perlu Diwaspadai

Masalah kesehatan mental menjadi salah satu isu penting yang akhir-akhir ini terus diangkat ke permukaan. Hal tersebut bertujuan agar masyarakat memiliki kesadaran bahwa kondisi psikis nggak kalah krusial dibandingkan dengan kondisi fisik.

Salah satu masalah kesehatah mental yang menjadi fokus utama adalah depresi. Dapat menyerang siapa saja tanpa pandang usia, penyebab penyakit jiwa tersebut nggak bisa diketahui secara pasti.

Meskipun demikian, depresi biasanya disebabkan oleh kombinasi berbagai faktor kompleks seperti berikut ini.

1. Ketidakseimbangan Zat Kimia dalam Otak

depresi
pexels.com/@nastyasensei-66707

Depresi bisa terjadi karena adanya ketidakseimbangan zat kimia dalam otak. Kondisi tersebut menyebabkan kadar seretonin yang mengatur emosi dan suasana hati menjadi sangat sedikit.

Tingkat hormon seretonin yang rendah tersebut lah yang seringkali dikaitkan dengan gejala depresi. Jenis penyakit yang satu ini dikenal sebagai depresi klinis.

2. Faktor Genetik

faktor genetik
pexels.com/@anafrancisconi

Selain ketidakseimbangan zat kimia dalam otak, faktor genetik ternyata juga berperan penting dalam munculnya depresi.

Memiliki orang tua atau saudara kandung yang merupakan pengidap depresi dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami masalah kesehatan mental tersebut juga.

3. Trauma Psikis

trauma
pexels.com/@noellegracephotos

Kejadian buruk di masa lalu yang mengakibatkan trauma psikis seperti pelecehan seksual, perceraian orang tua, meninggalnya orang tercinta, dan lain sebagainya juga bisa menimbulkan gejala depresi.

Hal tersebut juga berlaku apabila seseorang mengalami stres berat di masa sekarang. Perasaan terpukul dan nggak mampu beradaptasi dalam tekanan yang berat bisa meningkatkan risiko depresi.

4. Perubahan Hormon

penyebab depresi
pexels.com/@lucaspezeta

Perubahan hormon juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab depresi. Maka dari itu, perempuan dua kali lebih rentan terhadap masalah kesehatan tersebut karena selalu terjadi perubahan hormon pada hidupnya, seperti saat menstruasi, hamil, melahirkan, bahan saat mengalami menopause.

Risiko depresi pada perempuan biasanya akan menurun setelah melewati masa-masa menopause karena sudah nggak terlalu banyak perubahan hormon dalam tubuh.

Baca Juga: Cegah Masalah Kesehatan Mental, Lakukan 5 Hal Ini untuk Atasi Depresi dan Jadilah Bahagia

5. Memiliki Penyakit Kronis

masalah kesehatan
123rf.com

Memiliki penyakit kronis ternyata juga bisa menjadi penyebab depresi. Merasakan sakit dan tekanan yang bekelanjutan akibat masalah kesehatan yang parah seperti kanker, jantung, diabetes, dan lain sebagainya dapat membuat seseorang mengalami stres berat.

Oleh sebab itu, dukungan orang terdekat dan tercinta sangat dibutuhkan oleh seseorang yang mengidap penyakit kronis agar risiko depresi bisa dihindari.

6. Penyalahgunaan Obat dan Konsumsi Alkohol

obat
pexels.com/@pixabay

Mengonsumsi obat-obatan dan alkohol juga dapat memicu depresi karena bisa menekan susunan serta merusak fungsi otak, terutama menyebabkan kerja hipotalamus yang merupakan bagian pengatur emosi terhambat.

Bukan hanya narkoba, bahkan obat yang diresepkan oleh dokter pun bisa meningkatkan risiko depresi. Seperti contohnya stimulan, benzodiazepine, antikonvulsan, statin, kortikosteroid, dan betablocker.

7. Pola Makan yang Buruk

pola makan buruk
pexels.com/@olly

Selain penyalahgunaan obat dan konsumsi alkohol, seseorang juga berpotensi terkena depresi apabila memiliki pola makan yang buruk.

Hal tersebut membuatnya kekurangan vitamin dan mineral seperti omega 3 yang berperan sebagai pencegah kerusakan otak. Nggak hanya itu, pola makan tinggi gula juga memicu seseorang mengalami depresi lho!

8. Lingkungan yang Negatif

masalah kesehatan mental
pexels.com/@energepic-com-27411

Terlepas dari kondisi tubuh seseorang, lingkungan yang memberikan dampak negatif dan nggak suportif juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab depresi.

Depresi memang bukan masalah kesehatan yang terlihat nyata secara fisik, akan tetapi kondisi mental yang satu ini sangat membahayakan.

Setelah mengetahui faktor-faktor penyebabnya, semoga Sobat Qupas bisa menjadi lebih sehat secara mental dan terhindar dari depresi, ya!

0 Comment