Hati-hati! Ini yang Terjadi Bila Kamu Terlalu Banyak Pakai Produk Perawatan untuk Jerawat

10 February 2019, at 08:30
0
0
Hati-hati! Ini yang Terjadi Bila Kamu Terlalu Banyak Pakai Produk Perawatan untuk Jerawat

Jerawat jadi salah satu masalah kecantikan yang sangat menyebalkan. Selain bisa datang kapan saja, cara mengobatinya pun tak terhitung mudah.

Perawatan wajah berjerawat memang membutuhkan ekstra kesabaran. Karena umumnya, tampilannya tak akan serta merta hilang dalam sekejap meski sudah menggunakan skincare dengan harga mahal sekalipun.

Namun sayangnya, banyak wanita yang terburu-buru memborong produk perawatan khusus jerawat dan mengaplikasikannya sekaligus pada wajah.

Harapannya, jerawat bisa tersingkir dan wajah kembali mulus. Padahal tidak demikian cara kerjanya.

wanita memakai skincare jerawat
netdna-cdn.com

Memakai beragam produk untuk jerawat sekaligus ternyata bisa berakibat buruk bagi wajah. Hal ini sejalan dengan yang diungkapkan oleh dermatologist, Michelle Henry, MD.

Dikatakan bahwa, sebagian besar skincare jerawat berpotensi membuat kulit menjadi kering. Bila produk seperti face wash, toner, hingga pelembab anti acne digunakan secara bersamaan, wajah justru bisa mengalami peradangan.

jerawat meradang karena terlalu banyak memakai produk perawatan
medicalnewstoday.com

Peradangan atau dermatitis akibat hantaman berbagai macam skincare ini tentu saja akan membuat jerawat semakin parah. Tampilannya menjadi kemerahan, bahkan menimbulkan rasa sakit.

Lebih jauh lagi, penggunaan produk jerawat yang berlebihan juga bisa membuat warna kulit mengalami hiperpigmentasi dan menjadi gelap. Apalagi bagi pemilik kulit sawo matang, seperti wanita Indonesia kebanyakan.

hiperpigmentasi
ocp.ae

Untuk menghindari hal ini, Michelle Henry, MD menyarankan penggunaan skincare anti acne yang seimbang. Maksudnya adalah, kamu bisa menggunakan produk pembasmi jerawat untuk membuatnya cepat kering.

Namun perlu diimbangi pula dengan skincare lain dengan bahan yang lebih lembut.

Baca juga: Fanbo Acne Solution, Skincare Terbaru untuk Hilangkan Jerawat hanya dalam Tiga Hari

Sebagai contoh, bila kamu sudah mengaplikasikan facial wash atau toner khusus jerawat yang mengandung bonzoyl peroxide atau salicylic acid, jangan oleskan pelembab atau acne spot dengan bahan yang sama.

Sebab, risiko peradangan atau iritasi akan lebih tinggi. Baiknya lanjutkan pemakaian produk perawatan dengan formula yang lebih lembut.

bahan alami untuk jerawat
lorensworld.com

Selain itu, pemilik kulit yang rentan berjerawat harus lebih hati-hati dengan penggunaan bahan alami. Hal ini karena kandungan di dalamnya bisa saja terlalu keras untuk wajahmu.

Sebelum meracik bahan alami untuk mengobati jerawat, baiknya konsultasikan dulu ke dokter kulit.

Nah, itulah beberapa risiko yang bisa terjadi apabila kamu terlalu banyak menggunakan skincare anti acne. Jadi, tetaplah bijak dan bersabar saat merawat wajah berjerawatmu.

0 Comment