Hati-hati, Kesalahan Saat Menggunakan Masker Wajah Ini Bisa Bikin Kulitmu Rusak

16 January 2019, pada 02:00
1
0
Hati-hati, Kesalahan Saat Menggunakan Masker Wajah Ini Bisa Bikin Kulitmu Rusak

Bila diaplikasikan secara benar, masker wajah akan mendatangkan banyak manfaat. Sebut saja bisa mengatasi masalah hiperpigmentasi, sebum, bahkan jerawat.

Sayangnya, masih banyak wanita yang melakukan kesalahan saat menjalankan ritual perawatan ini. Akibatnya, khasiat luar biasa dari masker wajah malah tak dapat dirasa.

Bahkan hal ini bisa berpotensi membuat kulit semakin bermasalah lho. Nah, supaya kamu tak mengalaminya, yuk simak kesalahan yang sering dilakukan ketika menggunakan masker wajah berikut ini.

1. Melewatkan ritual eksfoliasi wajah

melewatkan eksfoliasi wajah saat maskeran
skincare.com

Beberapa produk masker yang beredar di pasaran sudah dilengkapi dengan fungsi eksfoliator. Tapi banyak juga yang belum.

Agar khasiat masker bisa diserap oleh kulit secara sempurna dan hasilnya memuaskan, baiknya kamu melakukan eksfoliasi dulu sebelum mengaplikasikannya.

Sebab, sel-sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk bisa menghalangi kandungan masker untuk meresap ke dalam kulit.

2. Menggunakan jari atau kuas yang kotor

mengoleskan masker dengan jari
lannaworld.com

Mengoleskan masker wajah menggunakan jari memang boleh saja dilakukan. Tapi, pastikan tanganmu telah dicuci bersih.

Sebab, minyak atau kotoran lainnya yang masih menempel di tangan bisa membuat pori-pori tersumbat. Hal ini nantinya malah akan mendatangkan komedo dan jerawat.

Menggunakan kuas khusus memang lebih dianjurkan saat mengaplikasikan masker wajah. Meski begitu, jangan lupa juga untuk memperhatikan kebersihannya.

3. Belum membersihkan wajah

membersihkan wajah
britcdn.com

Penting untuk diingat, masker wajah bukan pengganti face wash. Malah, kamu harus mencuci muka terlebih dahulu hingga bersih, sebelum maskeran.

Alasannya pun sama seperti penjelasan pada poin sebelumnya. Sisa makeup, debu, minyak, maupun kotoran lainnya yang masih menempel di wajah akan membuat pori-pori tersumbat dan memicu komedo serta jerawat.

4. Menggunakan masker yang salah

menggunakan sheet mask
thenypost.wordpress.com

Saat ini jenis masker wajah yang beredar sangatlah banyak. Fungsi dan kelebihan yang ditawarkan juga semakin beragam.

Untuk itu kamu harus lebih selektif dalam memilih masker yang tepat sesuai dengan kondisi wajahmu. Bila bermasalah dengan kulit kering, gunakan produk yang berfungsi memberi hidrasi secara mendalam.

Sedangkan bagi kulit sensitif, pilihlah masker yang memang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif. Supaya iritasi atau masalah wajah lainnya bisa dihindari.

Baca juga: Jangan Salah Pilih, Ini 8 Jenis Masker Wajah yang Wajib Kamu Pahami Fungsinya

5. Mengaplikasikan masker terlalu tebal

menggunakan clay mask terlalu tebal
scstylecaster.wordpress.com

Semakin banyak masker yang diaplikasikan bukan berarti khasiatnya akan semakin maksimal. Apalagi bila yang kamu pakai berjenis charcoal atau clay mask.

Kedua masker tersebut difungsikan untuk mendetoks kulit dan menyerap sebum. Bila dioleskan terlalu tebal, minyak alami wajah justru bisa hilang.

Akibatnya, kulit jadi terlalu kering, terlihat bersisik, bahkan mengelupas.

6. Membiarkan masker terlalu lama

membiarkan masker terlalu lama
cloudfront.net

Tak berbeda jauh dari poin sebelumnya, banyak yang mengira dengan membiarkan masker lebih lama dari yang disarankan, hasilnya juga semakin mantap. Padahal pemikiran ini sangat salah.

Bila didiamkan terlalu lama, masker berjenis clay dan acid bisa merusak kulit. Sedangkan produk yang menghidrasi justru berpotensi membuat kulit semakin dehidrasi bila tak segera diangkat.

7. Tak memakai pelembab setelah mengaplikasikan masker

menggunakan pelembab wajah
allure.com

Setelah wajah bersih dari masker, dianjurkan untuk mengoleskan pelembab. Sayangnya, banyak yang belum tahu mengenai hal ini.

Pemakaian pelembab akan membantu kulit terhindar dari efek iritasi atau kemerahan. Sebab wajah biasanya akan terasa lebih kering setelah maskeran.

8. Kurang konsisten

kesalahan menggunakan masker wajah
stylecraze.com

Kunci utama agar produk perawatan kulit bisa bekerja secara maksimal adalah rutin digunakan. Bukan pada mahal atau tidaknya suatu skincare, termasuk masker wajah.

Supaya hasilnya maksimal dan sudah terlihat dalam waktu singkat, kamu harus konsisten dalam mengaplikasikan masker. Idealnya, produk perawatan yang satu ini bisa diaplikasikan 2-3 kali dalam seminggu.

Nah, itulah kesalahan saat menggunakan masker wajah yang sering dilakukan dan tak disadari para wanita. Pastikan untuk menghindarinya ya!

0 Komentar