Hati-Hati! Konsumsi Makanan yang Sama Setiap Hari Bisa Timbulkan Masalah Kesehatan Ini

17 May 2019, at 00:00
0
0
Hati-Hati! Konsumsi Makanan yang Sama Setiap Hari Bisa Timbulkan Masalah Kesehatan Ini

Terlalu menyukai suatu makanan terkadang membuat seseorang mengonsumsinya setiap hari. Padahal, hal ini bukanlah sesuatu yang baik lho.

Pasalnya, kamu membutuhkan berbagai macam nutrisi dan gizi dari berbagai makanan untuk mengoptimalkan fungsi tubuh.

Oleh sebab itu, meskipun makanan favoritmu enak dan bergizi beberapa masalah kesehatan ini akan timbul jika kamu mengonsumsinya setiap hari.

Baca Juga: Hindari Kebiasaan Lampiaskan Stres dengan Makan, Akibatnya Bisa Fatal!

1. Kekurangan Gizi

kekurangan gizi
nuga.co

Mengonsumsi makanan yang sama persis setiap hari dapat membuatmu mengalami kekurangan gizi. Seperti yang telah disampaikan di atas, tubuh membutuhkan berbagai nutrisi yang berasal dari bermacam-macam makanan untuk mengoptimalkan fungsinya.

Makan dengan menu itu-itu saja membuatmu nggak mendapatkan nutrisi penting yang nggak terkandung di dalam makanan tersebut.

2. Merusak Metabolisme

merusak metabolisme
halodoc.com

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2015 menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi berbagai makanan memiliki risiko masalah metabolik yang jauh lebih rendah.

Hal tersebut di muat dalam Journal of Nutrition yang juga mengungkapkan bahwa mengonsumsi berbagai makanan sehat dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

3. Kelebihan Nutrisi Tertentu

kelebihan nutrisi tertentu
pexels.com/@adrienn-638530

Terlalu banyak mengonsumsi makanan tertentu atau satu jenis makanan saja memiliki risiko yang nggak baik bagi kesehatan karena tubuh akan mengalami kelebihan nutrisi tertentu.

Meskipun makanan tersebut memiliki nutrisi dan gizi yang baik untuk kesehatan, kalau terlalu banyak tetap akan menyebabkan berbagai masalah.

Baca Juga: Kebanyakan Minum Air Putih? Awas, Bahaya Ini Mengintaimu

4. Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh

melemahkan sistem kekebalan tubuh
shutterstock.com

Dalam British Journal of Nutrition, mengonsumsi menu yang sama setiap hari dapat melemahkan sistem imun.

Sebaliknya, orang yang mengonsumsi berbagai macam makanan dapat meningkat sistem kekebalan tubuh yang bisa membantu melawan bakteri atau virus penyebab penyakit.

5. Memengaruhi Berapa Lama Hidup

memengaruhi berapa lama hidup
pexels.com/@longkg2000

Menu makanan yang dikonsumsi memengaruhi berapa lama kamu akan hidup. Hal tersebut diungkapkan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Epidemiology yang melibatkan 50.000 perempuan di dalamnya.

Disebutkan bahwa perempuan yang mengonsumsi makanan bervariasi cenderung hidup lebih lama daripada mereka yang mengonsumsi menu sama setiap hari.

Setelah mengetahui bahayanya, kamu masih mau mengonsumsi makanan yang sama setiap hari? Sebaiknya konsumsi menu sehat yang bervariasi agar fungsi tubuh menjadi lebih maksimal ya Sobat Qupas. Jangan lupa buah dan sayurnya juga!

0 Comment