Hati-hati, Masalah Kesehatan Ini Mengintai Saat Idul Adha

10 August 2019, at 05:00
0
0
Hati-hati, Masalah Kesehatan Ini Mengintai Saat Idul Adha

Selain Idul Fitri, Idul Adha juga menjadi salah satu momen penting bagi umat muslim di seluruh dunia. Di Indonesia, Hari Raya Qurban tersebut biasanya dirayakan dengan berkumpul bersama keluarga dan makan besar.

Perayaan tersebut membuat siapa pun dapat mengonsumsi daging sepuasnya. Berbagai menu daging sapi maupun kambing pun menjadi andalan.

Meskipun demikian, ada baiknya kamu tetap membatasi konsumsi daging karena apabila berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah di bawah ini.

Baca Juga: 5 Masalah Kesehatan yang Sering Menyerang Pasca Hari Raya

1. Pencernaan Terganggu

pencernaan terganggu
doktersehat.com

Dampak negatif pertama yang akan kamu rasakan apabila terlalu banyak makan daging adalah terganggunya pencernaan.

Daging memang memiliki rasa yang enak dan banyak kandungan sehat, akan tetapi daging nggak bisa memenuhi kebutuhan serat harian tubuh.

Oleh sebab itu, risiko masalah pencernaan seperti sembelit dan lain sebagainya akan meningkat apabila kamu terlalu sering makan daging.

2. Bau Mulut

bau mulut
headtopics.com

Mengonsumsi banyak daging ternyata juga bisa menyebabkan bau mulut lho! Hal tersebut dipengaruhi oleh konsumsi protein yang lebih banyak daripada karbohidrat membuat tubuh melepaskan zat ketones.

Zat tersebutlah yang dilepaskan melalui napas dan menyebabkan mulut berbau nggak sedap.

3. Dehidrasi

dehidrasi
hayred.com

Masalah kesehatan lainnya yang bisa kamu alami saat terlalu banyak mengonsumsi daging adalah kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi.

Sebuah penelitian dari University of Connecticut menyebutkan bahwa kandungan protein yang tinggi dari daging dapat menyebabkan ginjal memproduksi urine lebih pekat.

Baca Juga: Selalu Haus Meskipun Sudah Minum, Mungkin Kamu Mengalami Kondisi Ini

4. Lelah dan Pusing

lelah dan pusing
klikdokter.com

Seperti yang diketahui bersama bahwa daging merupakan salah satu makanan yang sulit dicerna oleh tubuh. Maka dari itu, lambung membutuhkan tenaga ekstra untuk mengolahnya.

Hal tersebut membuat orang yang terlalu banyak mengonsumsi daging dapat merasa cepat lelah dan pusing.

5. Berat Badan Naik

berat badan naik
klikdokter.com

Meskipun banyak orang yang memanfaatkan daging sebagai makanan pokok saat sedang diet tinggi protein, akan tetapi hal tersebut hanya efektif dalam jangka pendek lho.

Terlalu banyak makan daging justru bisa membuat berat badan dan kolesterol tubuh meningkat. Apalagi kalau kamu memilih jenis daging yang tinggi lemak.

6. Berubahnya Suasana Hati

suasanan hati
nypost.com

Siapa sangka, mengonsumsi daging secara berlebihan juga dapat berpengaruh pada mood atau suasana hati seseorang.

Hal tersebut karena saat kamu mengonsumsi terlalu banyak daging, ditakutkan asupan karbohidrat yang berasal dari tepung dan gula menjadi terlampau rendah. Sehingga nggak bisa merangsang produksi hormon seretonin yang dapat mengatur suasana hati.

Jadi apabila Idul Adha tahun ini mendapatkan banyak daging, jangan mengolahnya dan mengonsumsinya sekaligus ya Sobat Qupas. Makanlah secara bertahap dan tetap imbangi dengan nutrisi yang berasal dari sumber lainnya.

0 Comment