Hati-Hati, Membenci Pekerjaan Bisa Berdampak Buruk pada Kesehatan

28 January 2019, pada 00:00
0
0
Hati-Hati, Membenci Pekerjaan Bisa Berdampak Buruk pada Kesehatan

Setiap orang pasti ingin mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Namun, kenyataan tidak selalu seindah yang diharapkan. Ada banyak orang yang harus bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan mereka.

Bahkan, banyak juga yang membenci pekerjaannya. Jika kamu merupakan salah satu dari mereka, sebaiknya kamu berhati-hati. Selain membuatmu sering marah, berikut ini bahaya membenci pekerjaan pada kesehatan.

1. Insomnia

membenci pekerjaan menyebabkan insomnia
pexels.com/@pixabay

Membenci pekerjaan ternyata dapat membuat seseorang mengalami gangguan tidur. Kesulitan tidur atau insomnia ini terjadi karena pikiran yang terus bekerja keras. Tentang apa yang harus dilakukan keesokan harinya ketika bekerja.

Hal ini diungkapkan oleh psikolog asal Maryland yang bernama Monique Reynolds. Dia mengungkapkan bahwa mendapat banyak keluhan tentang kesulitan tidur dari orang-orang yang membenci pekerjannya.

2. Sakit Kepala

membenci pekerjaan menyebabkan sakit kepala
medicalnewstoday.com

Bahaya membenci pekerjaan pada kesehatan lainnya adalah sakit kepala. Kamu akan terus berpikir, resah, dan mengalami stres. Ketika stres, tubuh akan merespon dengan memproduksi hormon kortisol dan adrenalin.

Kondisi ini membuat jantung memompa darah lebih cepat dan memusatkannya ke bagian bawah tubuh. Di sisi lain, otak menjadi kekurangan oksigen. Hal ini lah yang menyebabkan sakit kepala.

Baca Juga: Awas! Pekerjaan Ini Bisa Bikin Orang Bunuh Diri

3. Nyeri Otot

bahaya membenci pekerjaan pada kesehatan nyeri otot
hellosehat.com

American Psychological Association mengatakan bahwa seseorang akan mengalami ketegangan otot sebagai efek membenci pekerjaan. Jika ada di posisi ini, kamu akan mengalami tegang di bagian leher, bahu, serta kepala.

Hal ini akan menyebabkan kamu mengalami nyeri otot.

4. Nyeri pada Perut

bahaya membenci pekerjaan pada kesehatan nyeri perut
lifeadvancer.com

Stres dan memicu gangguan pada pencernaan juga akan terjadi ketika kamu tidak suka dengan kariermu. Kamu bisa saja mengalami sembelit, diare, atau kembung pada perut.

Selain itu, asam lambung juga akan naik sejalan dengan semakin parahnya stres yang dialami. Jika frekuensi nyeri pada perut sudah semakin sering, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

5. Daya Tahan Tubuh Lemah

membenci pekerjaan membuat daya tahan tubuh lemah
pexels.com/@public-domain-pictures

Penurunan daya tahan tubuh juga merupakan salah satu bahaya membenci pekerjaan pada kesehatan. Kondisi ini disebabkan karena stres yang terjadi di tempat kerja.

Jika kamu mudah terkena penyakit seperti demam atau flu, coba tanyakan kepada dirimu sendiri apakah kamu mencintai pekerjaanmu atau tidak.

6. Gangguan Mental

membenci pekerjaan menyebabkan gangguan mental
pexels.com/@mastercowley

Membenci pekerjaan juga dapat menyebabkan kesehatan mental memburuk. Hal ini diungkapkan oleh E. Kevin Kelloway, seorang profesor psikologi dari Saint Mary’s University.

Kondisi yang tidak nyaman dan tidak adil di tempat kerja dapat mengakibatkan stres yang sangat parah. Jika tidak segera ditangani, hal ini dapat menyebabkan gangguan mental atau depresi.

Baca Juga: Masih Nganggur? Jangan Stres, Begini Cara Atasinya

7. Selalu Lelah

bahaya membenci pekerjaan selalu lelah
pexels.com/@alexander-dummer-37646

Seseorang yang membenci pekerjaannya akan cenderung terus memikirkan hal tersebut, bahkan ketika sedang tidak bekerja sekali pun. Hal ini lah yang kemudian justru menyebabkan kamu menjadi selalu lelah.

Disadari atau tidak, beban pikiran memiliki pengaruh yang kuat terhadap kesehatan fisikmu. Beristirahat di akhir pekan saja tidak akan bisa mengatasi kelelahan tersebut.

8. Selera Makan Berubah

efek membenci pekerjaan selera makan berubah
pexels.com/@gratisography

Pernahkan kamu mempertanyakan mengapa orang yang stres lebih banyak makan dan cenderung memilih makanan manis? Ternyata hal ini disebabkan oleh adanya hormon kortisol dan adrenalin yang meningkatkan nafsu makan.

Membenci pekerjaan akan membawa dampak yang sama sebagai repon dari stres. Hasilnya, selera makan akan berubah dan dapat meningkatkan risiko obesitas.

Setiap orang memiliki alasannya masing-masing untuk membenci pekerjaan. Namun, hal itu ternyata memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan. Sebaiknya, cobalah untuk mencintai kariermu.

Jika tidak, kamu bisa mencari solusi yang paling tepat untuk menghadapi masalah tersebut. Bagaimanapun, kesehatan adalah yang paling utama.

Untuk mendapatkan lebih banyak informasi kesehatan, unduh aplikasi Qupas pada Google Play Store atau Apple App Store sekarang juga!

0 Komentar