Hati-Hati! Mengemudi Sambil Lihat GPS Sekarang Bisa Dipenjara

07 February 2019, at 03:00
2
0
Hati-Hati! Mengemudi Sambil Lihat GPS Sekarang Bisa Dipenjara

Kamu pasti pernah mengemudikan motor atau mobil sambil sesekali memriksa jalan melalui GPS, kan? Jika tidak, pasti ada orang disekelilingmu yang melakukan hal tersebut.

Peta online ini memang sangat membantu. Apalagi jika kamu merupakan orang yang buta arah dan tidak hafal jalan.

Fitur ini juga seringkali digunakan oleh para pengemudi ojek online untuk mengetahui lokasi pelanggan atau tujuan mereka.

Baca Juga: Awas, Kamu Bisa Dipenjara Kalau Melipat-Lipat Uang Mahar!

Namun, mulai sekarang kamu tidak bisa sembarangan menggunakannya. Pengemudi lihat GPS akan dipenjara! Beberapa waktu yang lalu, Mahkamah Konstitusi (MK) menegaskan tentang aturan tersebut.

Sesuai dengan UU LLAJ (Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan), pengemudi dapat dipenjara apabila terbukti menggunakan handphone dalam perjalanan.

pengemudi lihat gps akan dipenjara
epinium.com

Menelepon atau menggunakan GPS merupakan beberapa diantaranya. MK mengungkapkan bahwa hal tersebut dapat menurunkan tingkat konsentrasi pengemudi. Padahal, itu merupakan kunci utama keselamatan dalam perjalanan.

Dalam UU LLAJ sendiri sudah jelas disebutkan pasal-pasal yang melarang pengemudi untuk menggunakan handphone dalam perjalanan. Adapun pasal 106 ayat 1 berbunyi:

“Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mengemudikan dengan wajar dan penuh konsentrasi.”

pengemudi dilarang lihat gps
todayonline.com

Penjelasan pasal 106 ayat 1 tersebut yaitu:

“Yang dimaksud dengan penuh konsentrasi adalah setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor dengan penuh perhatian dan tidak terganggu perhatiannya karena sakit, lelah, mengantuk, menggunakan telepon atau menonton televisi atau video yang terpasang di kendaraan, atau meminum minuman yang mengandung alkohol atau obat-obatan sehingga memengaruhi kemampuan dalam mengemudikan kendaraan.”

Sehingga dapat disimpulkan bahwa orang yang mengemudikan kendaraan sambil melihat GPS akan dikenai sanksi pidana.

hati hati mengemudi
driving.co.uk

Hal ini telah menyebabkan pro dan kontra. Namun, sebagian besar orang tidak setuju mengingat manfaat GPS sebagai petunjuk jalan yang praktis.

Namun, MK menilai bahwa penerapan pasal ini merupakan salah satu upaya untuk menertibkan lalu lintas di Indonesia. Polisi juga menghimbau kepada pengendara agar mematuhi peraturan dan lebih mementingkan keselamatan.

ojek online lihat gps akan dipenjara
tirto.id

Lalu, apa hukumannya bagi orang-orang yang melanggar? Hal tersebut telah diatur pada pasal 283 UU 22/2009, yang menyatakan:

“Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di jalan sebagaimana dimaksud dalam 155 Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 bulan atau denda paling banyak Rp 750 ribu.”

Baca Juga: Pesawat Ini Kebablasan karena Pilotnya Ketiduran!

Nah, mulai sekarang hati-hati saat berkendara ya Sobat Qupas. Jangan sampai kamu dipenjara gara-gara lihat GPS!

Untuk informasi lainnya, kamu bisa unduh aplikasi Qupas melalui Google Play Store atau Apple App Store sekarang juga!

0 Comment