Hati-Hati! Menyalakan Wifi di Daerah ini Bisa Kena Pasal Pidana

30 November 2018, at 10:00
1
0
Hati-Hati! Menyalakan Wifi di Daerah ini Bisa Kena Pasal Pidana

Sebuah desa di Serambi Mekkah, Aceh, menerapkan larangan penggunaan jaringan internet berbasis sinyal dengan kecepatan tinggi yang biasanya disebut dengan WiFi.

Desa tersebut bernama Curee Baroh, kecamatan Simpang Mamplang, Kabupaten Bireuen, Aceh. Aturan yang sudah dibuat itu tentu bukan sebuah hal yang asal-asalan.

larangan penggunaan wifi di aceh
bbc.com

Ada banyak kasus dan temuan banyaknya anak-anak muda yang ada di desa tersebut yang tidak lagi rajin dan giat mengaji. Hal itu tentu membuat banyak masyarakat resah dan akhirnya membuat larangan tertulis.

Baca juga : Uang Maharmu Dilipat-Lipat hingga Berbentuk seperti ini? Bersiaplah Masuk Penjara

Pada tanggal 13 November yang lalu, Camat Simpang Mamplam, Darramil dan Kapolsek menyetujui surat pemberitahuan yang dibuat oleh masyarakat setempat. Jadi untuk warung kopi yang ada di sekitar desa dan masih nekat memberikan fasilitas internet gratis. Warga tidak segan-segan untuk melaporkan pemilik warkop ke ranah hukum.

larangan di warkop
bbc.com

“Apabila setelah ada imbauan tentang larangan WiFi tidak juga dipatuhi oleh pemilik, akan kami tempuh jalur hukum. Dalam imbauan juga ada kami sebutkan” kata Kepala Desa Curee Baroh, Helmiadi Mukhtaruddin.

Keresahan warga desa terusik karena seringnya menemui anak muda yang membolos mengaji hanya karena memilih bermain internet gratis di warung kopi. Anak-anak itu asyik bermain gadget daripada harus menghabiskan waktu untuk mengaji.

ilustrasi anak anak mengaji
maindigot.wordpress.com

Selain itu juga, banyak munculnya aksi pencurian di desa Curee Baroh. Selama WiFi menjadi fasilitas yang ada di Warkop, sudah ada total enam kasus pencurian yang pernah terjadi.  

Anak-anak juga semakin berani untuk berbohong, pamitnya pergi mengaji tapi saat tak sengaja ditemui malah berada di warung kopi. Wah, tentu ini bisa jadi pelajaran tersendiri ya untuk anak muda di sana. Agar tidak lagi berani berbohong, hanya karena untuk menikmati layanan internet.

0 Comment