Hati-hati, Menyimpan Rahasia Ternyata Bisa Menimbulkan Penyakit

14 February 2019, at 00:00
0
0
Hati-hati, Menyimpan Rahasia Ternyata Bisa Menimbulkan Penyakit

Siapa yang tidak memiliki rahasia. Semua orang pasti menyimpan sesuatu yang tidak ingin disampaikan atau diketahui oleh orang lain. Biasanya, hal yang disimpan sendiri itu adalah sesuatu yang memalukan atau menyedihkan.

Namun, sebuah penelitian di Universitas Colombia mengungkapkan bahwa menyimpan rahasia akan berpengaruh pada kondisi kesehatan fisik dan mental seseorang.

Berikut ini bahaya menyimpan rahasia bagi kesehatan yang jarang diketahui. Kamu harus berhati-hati, ya.

1. Stres dan Depresi

stres dan depresi karena menyimpan rahasia
pexels.com/@katlovessteve

Menyimpan rahasia besar sendirian seringkali membuat seseorang menjadi stres dan depresi. Kamu akan merasa khawatir akan ketahuan dan berusaha sekuat tenaga untuk menghindari hal-hal yang bersinggungan dengan rahasiamu.

Secara tidak langsung dan tanpa disadari, kamu akan berpikir dengan keras bagaimana cara untuk mengatasi hal tersebut. Hasilnya, akan terjadi lonjakan hormon stres pada tubuh.

Hal ini merupakan respon alami tubuh saat merasa ada ancaman secara psikologis.

depresi karena menyimpan rahasia
pexels.com/@pixabay

Apalagi jika banyak hal yang sedikit banyak bersinggungan atau memiliki kesamaan dengan rahasia yang kamu simpan. Hal ini akan membuatmu lebih sulit melupakannya.

Lebih lanjut, kamu juga bisa mengalami depresi akibat stres akut yang terus-menerus. Rahasia yang kamu simpan secara tidak langsung membuatmu terus menerus gelisah dan cemas.

Hal ini disebabkan oleh rasa takut, malu, dan bersalah yang mungkin berkaitan dengan apa yang kamu pendam.

2. Masalah Pencernaan

masalah pencernaan bahaya menyimpan rahasia bagi kesehatan
click2houston.com

Secara tidak langsung, stres akan memberikan banyak pengaruh pada kondisi fisik seseorang. Kamu bisa mengalami masalah pencernaan ketika kondisi tersebut sedang menyerangmu.

Perut dan otak memang memiliki kaitan yang sangat kuat. Stres secara psikologis dapat mengganggu kontraksi saluran pencernaan dan menyebabkan peradangan.

Selain itu, kondisi tersebut juga dapat meningkatkan kerentanan sistem pencernaan terhadap infeksi.

bahaya menyimpan rahasia sistem pencernaan terganggu
gettyimages.com

Kamu bisa saja mengalami sakit perut kronis, iritasi usus, mual dan mutah, serta gejala lain yang tidak menyenangkan saat mengalami stres.

Menyimpan rahasia besar dalam waktu yang lama dapat membuatmu mengalami hal ini. Apalagi jika kamu memikirkan rahasia tersebut setiap hari karena memiliki hubungan dengan rutinitas sehari-hari.

3. Sistem Kekebalan Tubuh Menurun

sistem kekebalan tubuh menurun bahaya menyimpan rahasia
shutterstock.com

Bahaya menyimpan rahasia sendirian lainnya adalah bisa membuat sistem kekebalan tubuh menurun. Jika hal ini terjadi, maka kamu akan menjadi sangat mudah terserang penyakit.

Stres akibat menyimpan rahasia dapat mengeluarkan hormon glukokortikoid dalam jangka panjang. Hal inilah yang mempengaruhi timus, tempat salah satu sel imun atau kekebalan tubuh diproduksi.

daya tahan tubuh menurun karena bahaya menyimpan rahasia
xwork.co

Selain itu, hormon ini juga bisa menghambat produksi sitokin dan interleukin yang merangsang dan mengatur aktivitas sel darah putih.

Kortisol juga bisa memengaruhi respon sistem imun terhadap beberapa virus dan membuatnya lebih mudah menyerang tubuh.

Baca Juga: Jangan Malu, Menangis Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan

4. Tekanan Darah Tinggi

bahaya menyimpan rahasia bagi kesehatan tekanan darah tinggi
doktersehat.com

Sebenarnya, menyimpan rahasia tidak terlalu berpengaruh kepada peningkatan tekanan darah. Namun, jika rasa khawatir, cemas, dan tertekan sering muncul akibat rahasia tersebut sepertinya kamu perlu waspada.

Stres akibat menyimpan rahasia membuat otak melepaskan beberapa hormon seperti kortisol, adrenalin, dan lain sebagainya.

bahaya menyimpan rahasia bagi kesehatan hipertensi
catatanmini.com

Kondisi tersebut dapat meningkatkan denyut jantung dan menyebabkan pelebaran pembuluh darah.

Inilah yang kemudian membuat tekanan darah meningkat sebanyak 30 hingga 40 persen. Meskipun efeknya hanya sementara, akan tetapi jika rahasia yang kamu simpan sering membuatmu cemas hal ini akan lebih intens terjadi.

5. Gangguan Tidur

bahaya menyimpan rahasia bagi kesehatan gangguan tidur
pexels.com/@jmark

Rahasia yang bisa membuat seseorang mengalami gangguan tidur adalah masalah keuangan, keluarga, hubungan atau orientasi seksual, dan lain sebagainya.

Kondisi ini terjadi karena beberapa hal tersebut merupakan sesuatu yang bersinggungan dengan kehidupan sehari-hari. Sehingga akan terus terpikirkan dan membuat stres.

gangguan tidur merupakan bahaya menyimpan rahasia
pexels.com/@pixabay

Hal inilah yang bisa memicu munculnya ganguan tidur. Kamu bisa jadi mengalami insomnia dan rasa kantuk yang berlebihan saat siang hari.

Menyimpan rahasia ternyata memiliki dampak yang hampir sama dengan efek berbohong bagi kesehatan.

Baca Juga: Hati-hati, Begini Efek Berbohong Bagi Kesehatan

Meskipun demikian, tidak lantas kamu tidak boleh menyimpan rahasia dan mengumbarnya ke sembarang orang, ya. Hal itu justru akan membuatmu semakin stres dan rentan terhadap banyak masalah kesehatan.

Lebih baik ceritakan rahasia kepada orang atau sahabat yang benar-benar kamu percaya. Menuliskannya dalam sebuah buku diary juga bisa membantu mengatasi stres dan kecemasan yang bisa mengganggumu.

0 Comment