Qupas Healthy

Hati-hati, Terlalu Sering Makan Daging Merah Bisa Bikin Kesehatanmu Bermasalah!

07 February 2020, at 08:00
Hati-hati, Terlalu Sering Makan Daging Merah Bisa Bikin Kesehatanmu Bermasalah!

Daging merah adalah daging yang berasal dari hewan mamalia seperti sapi, kambing, dan babi. Mengandung banyak protein, mineral, dan vitamin membuatnya menjadi salah satu menu andalan untuk diet sehat dan seimbang.

Akan tetapi, beberapa penelitian justru menyebutkan bahwa sering mengonsumsi daging merah dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Meningkatkan Risiko Kanker

Daging Merah (Foto: pexels.com/@goumbik)
pexels.com/@goumbik

Mengonsumsi daging merah terlalu sering ternyata diklaim dapat meningkatkan risiko kanker. World Health Organization (WHO) menerbitkan sebuah laporan yang menyimpulkan bahwa bahan makanan ini mungkin saja bersifat karsinogenik untuk manusia.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health-AARP juga menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi daging sapi, domba, maupun kambing dalam jumlah banyak lebih cepat meninggal karena kanker dibandingkan yang lainnya.

2. Penyakit Jantung

Penyakit Jantung (Foto: shutterstock.com)
shutterstock.com

Selain kanker, risiko kesehatan makan daging merah selanjutnya adalah penyakit jantung. Sebuah studi di Harvard School of Public Health melibatkan 37.000 laki-laki dan 83.000 perempuan sehat dalam penelitiannya.

Hasilnya ditemukan bahwa 24.000 partisipan meninggal selama penelitian, 5.900 diantaranya karena penyakit jantung sedangkan sekitar 9.500 lainnya disebabkan oleh kanker.

Partisipan yang mengonsumsi satu porsi daging merah segar lebih banyak setiap harinya memiliki risiko kematian 13 persen lebih tinggi.

3. Gagal Ginjal

Ginjal (Foto: parade.com)
parade.com

Mengonsumsi daging merah terlalu sering juga dapat menyebabkan gagal ginjal. Hal tersebut dipengaruhi oleh kandungan purin yang cukup tinggi di dalamnya.

Purin dalam daging merah dapat membentuk asam urat dan meningkatkan risiko batu ginjal.

Baca juga: 8 Bumbu Dapur yang Dipercaya Bikin Panjang Umur

4. Pencernaan Terganggu

Bahaya Daging Merah (Foto: pexels.com/@solliefoto)
pexels.com/@solliefoto

Tahu nggak sih, makan daging merah terus juga bisa membuatmu mengalami gangguan pencernaan lho. Pasalnya, bahan makanan yang satu ini hampir nggak memiliki serat.

Maka dari itu, imbangilah konsumsi daging merah dengan sayur atau buah-buahan agar pencernaan tetap lancar ya!

5. Bau Badan

Bau Badan (Foto: shutterstock.com)
shutterstock.com

Selain itu, mengonsumsi daging merah juga bisa menyebabkan bau badan. Para ilmuwan mengaitkan hal tersebut dengan durasi pencernaan makanan.

Daging merah membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna dibandingkan makanan yang lain, sehingga memberi waktu lebih lama bagi bakteri untuk memicu pembusukan.

Oleh sebab itu, Sobat Qupas sebaiknya nggak mengonsumsi daging merah secara berlebihan ya. Jangan lupa imbangi dengan makanan sehat lainnya!