Hentikan Kebiasaan BAB Sambil Main HP Sekarang Juga, Akibatnya Bisa Fatal

06 February 2019, at 05:00
0
0
Hentikan Kebiasaan BAB Sambil Main HP Sekarang Juga, Akibatnya Bisa Fatal

HP memang seolah sudah menjadi kekasih atau sahabat bagi beberapa orang. Setiap apapun hal yang dilakukan, dapat dipastikan gawai tersebut akan menemani.

Ketika makan, menjelang tidur, bahkan saat berada di toilet sekali pun. Banyak orang yang kemudian membangun kebiasaan main HP saat BAB.

Entah siapa yang memulai hal ini, namun semakin lama semua orang semakin tidak bisa lepas dari hal tersebut. Mungkin kelihatannya sepele, tetapi kamu akan menemui bahaya BAB sambil main HP berikut ini jika terus menerus melakukannya.

1. Toilet adalah Sumber Kuman

toliet adalah sumber kuman bahaya bab sambil main hp
medium.com

Siapapun tahu bahwa toilet bukanlah tempat yang bersih. Kuman dan bakteri seperti Salmonella, E. coli, Shigella, Campylobacter dan lain sumber penyakit lainnya bisa saja bersarang di tempat tersebur.

Tidak menutup kemungkinan bahwa kamu akan terkontaminasi juga. Apalagi jika kamu memiliki kebiasaan main HP saat BAB. Menurut para ahli, kuman dan bakteri akan mudah berpindah ke gawaimu

toilet sumber kuman bahaya main hp saat bab
youtube.com

Meskipun kamu telah mencuci tangan, hal tersebut seolah tidak pernah kamu lakukan jika setelahnya kamu langsung menyentuh HP. Maka, kuman yang tersisa akan menempel di benda kesayanganmu tersebut.

Cuci tangan akan sia-sia dan risiko terkena penyakit menjadi lebih besar.

2. Membuat Duduk Terlalu Lama

membuat duduk terlalu lama main hp saat bab
hellosehat.com

Tanpa sadar, BAB sambil main HP akan membuatmu teralihkan dan membuang waktu lebih lama di toilet. Para peneliti mengungkapkan bahwa durasi normal buang air besar ini hanya sekitar 5 sampai 15 menit saja.

Jika lebih dari itu, maka dipastikan kamu mengalami sembelit. Namun jika BAB lancar tetapi kamu menjadi lama di kamar mandi mungkin hal tersebut disebabkan oleh konsentrasimu yang teralih oleh HP.

bahaya main hp sambil bab bisa kena wasir
shutterstock.com

Maka dari itu, salah satu bahaya BAB sambil main HP adalah membuatmu duduk terlalu lama. Hal ini tidak baik bagi kesehatan, apalagi dengan kenyataan bahwa kamu menetap di tempat yang penuh kuman.

Penyakit seperti ambeien atau wasir pun bisa menjadi ancaman. Beberapa waktu yang lalu juga pernah terjadi kelumpuhan pada laki-laki di Tiongkok akibat terlalu lama duduk di toilet.

3. Otak Kelelahan

bahaya main hp saat bab otak kelelahan
hellosehat.com

Menurut para ahli, BAB sambil main HP bukanlah hal yang baik untuk otak. Sebagian orang mungkin berpikir bahwa mereka menjadi lebih produktif dan tidak membuang waktu dengan melakukan hal tersebut.

Namun, kebiasaan main HP saat BAB justru dinilai dapat membuat otak kelelahan. Kamu sudah seharian berkutat dengan pekerjaan dan lain sebagainya.

main hp sambil bab menyebabkan kelelahan otak
klikdokter.com

Jika di dalam toilet pun kamu masih harus mengurusi ini-itu tentang banyak hal, ini akan menyebabkan otak tidak bisa beristirahat.

Bukannya menjadi produktif, kamu malah akan menurunkan daya otak. Bukan hanya itu, hal ini akan membuatmu menjadi sulit untuk berpikir atau memecahkan masalah.

Baca Juga: Ups, Susa BAB Ternyata Munculkan Penyakit Ini

4. Sirkulasi Udara yang Buruk

bab sambil main hp bikin sesak napas
hellosehat.com

Orang yang memiliki kebiasaan main HP saat BAB biasanya berada di toilet lebih lama daripada orang lain. Tanpa mereka sadari, udara di tempat tersebut tidak baik bagi tubuh.

Hal ini disebabkan oleh kondisi ruangan yang kecil dan minim sirkulasi udara.

sirkulasi udara buruk saat bab sambil main hp
shutterstock.com

Sehingga, sirkulasi udara yang buruk merupakan salah satu bahaya BAB sambil main HP. Kondisi ini sekaligus dapat menyebabkan perlambatan peredaran darah dalam tubuh.

Sehingga, kebiasaan tersebut sangat tidak disarankan bagi penderita penyakit jantung.

5. Risiko HP Masuk ke Closet

Selain bahaya kesehatan, terdapat juga risiko lain yang cukup fatal. HP mungkin bisa saja terjatuh ke dalam closet ketika kamu sedang asyik memainkannya. Hal ini juga sudah pernah terjadi kepada salah satu warga di China.

Selain akan membuat HPmu menjadi kotor dan penuh kuman, hal tersebut juga bisa membuatmu mengeluarkan biaya lebih apabila gawai tersebut rusak. Mengambilnya kembali juga bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Setelah mengetahui risiko atau bahaya BAB sambil main HP di atas, kamu masih mau melakukannya? Sebaiknya gunakan waktu sebentar saja untuk melakukan buang hajat dengan fokus dan tenang.

Kamu juga akan lebih menjadi kreatif dan penuh ide jika meninggalkan HPmu ketika BAB. Untuk mendapatkan info kesehatan lainnya, kamu bisa unduh aplikasi Qupas melalui Google Play Store atau Apple App Store.

0 Comment