Hentikan Kebiasaan Menyimpan Smartphone di Saku Baju atau Celana, Efeknya Bisa Fatal

17 February 2019, at 07:00
0
0
Hentikan Kebiasaan Menyimpan Smartphone di Saku Baju atau Celana, Efeknya Bisa Fatal

Kamu pasti sering melihat orang-orang menyimpan smartphone mereka di saku celana atau baju. Mungkin kamu juga merupakan salah satu orang yang melakukan kebiasaan tersebut.

Saku celana atau baju memang tempat yang rasanya paling tepat dan praktis untuk menyimpan ponsel. Akan tetapi, kemudahan tersebut ternyata tidak diimbangi dengan efek baik untuk kesehatan.

Menyimpan smartphone, baik di saku celana maupun baju dalam waktu yang lama dan sering bisa membawa hal buruk bagi kesehatanmu.

Baca Juga: Hati-Hati, Membenci Pekerjaan Bisa Berdampak Buruk Bagi Kesehatan, Lho!

Berikut ini dampak yang secara tidak langsung akan kamu rasakan apabila masih terus menerapkan kebiasaan menyimpan smartphone di saku celana atau baju.

1. Risiko Kanker Payudara

bahaya menyimpan smartphone di saku bagi kesehatan risiko kanker
shutterstock.com

Menyimpan smartphone pada saku baju berbahaya bagi kesehatan. Pasalnya, kegiatan ini dinilai dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Saku baju biasanya berada pada bagian tubuh atau dada seseorang. Hal ini membuat paparan radiasi yang besar dari ponsel akan langsung mengenainya.

2. Rasa Nyeri

bahaya menyimpan smartphone di saku bagi kesehatan rasa nyeri
hellosehat.com

Seorang ahli saraf menyimpukan bahwa menyimpan smartphone pada saku celana dapat menimbulkan rasa nyeri. Ia telah mengamati beberapa pasiennya  yang terus mengeluh mendapati rasa sakit di bagian tersebut.

Kondisi tersebut disebabkan radiasi samartphone juga dapat menyakiti saraf siatikatik yang berhubungan dengan saraf pusat.

3. Risiko Luka Bakar

bahaya menyimpan smartphone di saku bagi kesehatan kulit terbakar
en.wikipedia.org

Membawa smartphone dengan menaruhnya di saku celana atau baju lama kelamaan bisa meningkatkan risiko luka bakar pada tubuhmu.

Kondisi ini dapat terjadi karena benda tersebut hampir selalu menyala dan menghasilakan panas. Kamu mugkin akan menderita luka bakar ringan jika terus melakukan kebiasaan tersebut.

4. Memengaruhi Otak

bahaya menyimpan smartphone di saku bagi kesehatan memengaruhi otak
medicalnewstoday.com

Siapa sangka, kebiasaan tersebut juga bisa berpengaruh pada kondisi otak manusia, lho. Lama kelamaan, kamu akan mengalami modifikasi metabolisme apabila sering menyimpan smartphone dalam saku.

Hal ini juga bisa menimbulkan gangguan mental, lho.

Baca Juga: Ternyata Mimpi Berkaitan dengan Kesehatan, Cek arti Mimpimu!

5. Depresi

bahaya menyimpan smartphone di saku bagi kesehatan depresi
starberita.com

Depresi juga bisa menjadi salah satu efek buruk menyimpan smartpone di saku celana atau baju. Seseorang mungkin mengalami kebingungan dan depresi karena selalu menggunakan benda tersebut.

6. Memengaruhi Kesuburan Pria

bahaya menyimpan smartphone di saku bagi kesehatan memengaruhi kesuburan pria
pexels.com/@olly

Bagi pria, menyimpan smartphone di saku celana bisa berakibat fatal. Hal ini akan berpengaruh pada kualitas dan jumlah sperma yang dihasilkan. Oleh sebab itu, kebiasaan ini juga dapat memengaruhi kesuburan seorang pria.

7. Susunan Tulang Berubah

bahaya menyimpan smartphone di saku bagi kesehatan sususnan tulang berubah
hellosehat.com

Menyimpan ponsel di saku celana belakang secara terus menerus dapat berdampak buruk pada susunan tulang belakang. Apalagi kalau kamu tetap melakukan kebiasaan tersebut meskipun sedang duduk dan smartphone terasa mengganjal.

Kondisi tersebut lama kelamaan akan menggeser posisi otot dan tulang dan merubah susunannya.

8. Merusak Smartphone

bahaya menyimpan smartphone di saku bagi kesehatan merusak ponsel
pexels.com/@adriannaca

Menyimpan smartphone di saku celana atau baju tidak hanya buruk bagi kesehatan tubuh, namun juga bisa merusak ponsel itu sendiri.

Karena terus menerus tertekan di saku celana misalnya, ponsel bisa jadi akan lebih mudah panas.

Baca Juga: Hati-Hati, Media Sosial Bisa Membuatmu Depresi

Setelah mengetahui beberapa risiko atau bahaya menyimpan smartphone di saku celana atau baju seperti di atas, kamu masih mau melakukannya?

Sebaiknya bawa ponsel dengan memasukkannya di dalam tas agar radiasi dari benda tersebut tidak langsung mengenai tubuhmu.

0 Comment