Hilangkan Bekas Cacar Air dengan 4 Cara Mudah dan Efektif ini

20 December 2018, pada 00:00
2
0
Hilangkan Bekas Cacar Air dengan 4 Cara Mudah dan Efektif ini

Cacar air merupakan penyakit yang menyerang kulit dan membran mukosa yang disebabkan oleh virus. Gangguan kesehatan ini dapat menular kepada orang yang belum pernah mengalaminya atau mendapatkan vaksin.

Penyakit yang satu ini tidak hanya menyerang anak-anak saja. Orang dewasa dapat terkena cacar air juga apabila belum mendapatkan antibodi dari serangan pertama virus ini.

Salah satu hal yang menyebalkan dari cacar air adalah bekasnya. Penyakit yang identik dengan rasa gatal ini aku meninggalkan ruam-ruam merah yang akan menghitam jika terkena sinar matahari.

Jika kamu tidak ingin terdapat bekas cacar air pada tubuhmu, kamu bisa melakukan 4 hal ini. Yuk simak!

1. Jangan Menggaruk

ruam cacar
ampersandintlarts.com

Ketika terserang cacar air, akan muncul bintil-bintil merah yang sangat gatal pada seluruh tubuhmu. Hal ini memang sangat mengganjal dan mengganggu. Akan tetapi jangan pernah menggaruk bintil-bintil tersebut, ya.

jangan menggaruk cacar air
jurnalkeluarga.com

Menggaruknya tidak akan membuat rasa gatalmu berkurang, justru kamu akan memperburuk keadaan karena bagian yang digaruk akan terluka dan kamu akan merasakan perih. Luka tersebut kemudian akan membekas dan sulit untuk dihilangkan.

Usahakan untuk memotong kuku dan selalu menggunakan pakaian yang panjang agar bintil-bintil merah cacar tidak mudah tergores.

2. Mandi Air Hangat

air hangat
chowhound.com

Kamu pasti sering mendengar mitos tentang larangan mandi bagi mereka yang sedang terkena cacar air. Hmm, benar tidak ya mitos tersebut?

Pada kenyataannya, tidak mandi justru akan membuatmu kotor dan akan membuat risiko infeksi virus menjadi lebih besar.

mandi air panas
suara.com

Memang kamu tidak akan bisa mandi seperti biasanya karena akan menyebabkan kondisimu lebih parah.

Akan tetapi kamu bisa mandi menggunakan air panas untuk mengurangi rasa gatal, mengurangi ruam dan tentunya mengurangi risiko adanya bekas cacar air.

3. Gunakan Bahan Alami

bahan alami
inspirasibaking.com

Kamu memang akan mendapatkan resep obat-obatan dari dokter yang mengandung banyak bahan kimia. Hal tersebut wajar dilakukan untuk membunuh virus yang ada di dalam tubuhmu.

Namun, selain obat-obat tersebut, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk membantu proses pemulihan.

mengkudu
alodokter.com

Meskipun belum terbukti secara klinis, akan tetapi tidak ada salahnya kamu mencoba untuk menggunakan mengkudu, bengkuang, kacang hijau, hingga cendana untuk mengurangi ruam dan gatal cacar air.

Baca Juga: 8 Cara Menghilangkan Bekas Cacar dengan Bahan Alami Supaya Kulitmu Halus Lagi

4. Makanan Sehat

makanan sehat
cnnindonesia.com

Sakit memang terkadang membuatmu sulit dan enggan untuk makan. Akan tetapi, kamu tetap harus mengonsumsi makanan sehat. Selain obat-obatan dari dokter, makanan yang sehat akan membantu tubuhmu untuk memulihkan diri.

4 sehat 5 sempurna
bebeclub.co.id

Makanan 4 sehat 5 sempurna akan membantu kulitmu beregenerasi lebih cepat dan hal tersebut membantu dalam proses penyembuhan cacar air.

Nah, sekarang kamu sudah tidak perlu khawatir untuk terserang cacar air, terutama bagi yang belum pernah terjangkit.

Jika kamu melakukan 4 cara mudah dan efektif di atas dengan benar, kamu tidak perlu takut untuk mendapatkan bekas ruam merah cacar air.

0 Komentar