Hindari Bahaya, Lakukan Ini untuk Dampingi Anak Usia Remaja Menggunakan Media Sosial

16 October 2019, at 17:00
0
0
Hindari Bahaya, Lakukan Ini untuk Dampingi Anak Usia Remaja Menggunakan Media Sosial

Kemajuan teknologi menjadikan media sosial sebagai sesuatu yang melekat pada kehidupan sehari-hari. Bukan hanya bagi orang dewasa, akan tetapi juga pada anak-anak dan remaja.

Apabila digunakan dengan bijaksana, media sosial memang akan menjadi sesuatu yang bermanfaat dan mempermudah berbagai hal. Sebaliknya, alat tersebut juga bisa disalahgunakan oleh buah hati maupun orang lain.

Ancaman seperti cyberbullying, penculikan, penipuan, dan lain sebagainya pasti menghantui orang tua. Oleh sebab itu, berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mendampingi anak usia remaja dalam hal menggunakan media sosial dengan bijak.

1. Jangan Melarang Anak Menggunakan Media Sosial

menggunakan media sosial
pexels.com/@pixabay

Hal pertama yang perlu dilakukan orang tua untuk mendampingi anak dalam hal bermain media sosial adalah memahami alasannya.

Pada dasarnya, remaja menggunakan media sosial karena tuntutan lingkungan agar lebih mudah terhubung dengan teman-temannya.

Sehingga, kurang bijak rasanya apabila orang tua memutuskan untuk melarang buah hati menggunakan media sosial demi keamanannya. Sebaliknya, berikan izin kepada anak dengan memberikan pemahaman tentang plus dan minus dari media sosial.

2. Dorong Anak untuk Menjadi Diri Sendiri

mendampingi anak menggunakan media sosial
howcoolbrandsstayhot.com

Selain memberikan pemahaman tentang plus dan minus dari media sosial, orang tua juga sebaiknya mendorong anak untuk menjadi diri sendiri.

Jujur dan menjadi diri sendiri akan mengurangi beban dan tekanan anak dalam menggunakan media sosial. Selain itu, hal tersebut secara nggak langsung akan membuat buah hati memiliki kendali atas dirinya sendiri sehingga lebih bijak saat membagikan sesuatu di akun media sosialnya.

3. Ajak Anak Menghargai Orang Lain

menghargai orang lain
carilionclinicliving.com

Selain mengajarkan anak untuk menjaga privasinya sendiri, orang tua juga perlu memberikan pemahaman kepada buah hati untuk menghargai orang lain.

Menghindari komentar-komentar jahat pada akun orang lain atau cyberbullying merupakan salah satu yang perlu ditekankan.

Baca Juga: Bunda, Begini Cara Mendidik Anak untuk Menghargai Orang Lain

4. Ajak Anak Menggunakan Waktu dengan Bijak

ajak anak menggunakan waktu dengan bijak
theworldnews.net

Orang tua juga sebaiknya mengajarkan pada anak untuk menggunakan waktu dengan bijak. Pasalnya, media sosial bisa membuat siapa saja kecanduan sehingga melupakan banyak hal.

Berikan batasan atau aturan pada anak mengenai waktu penggunaan media sosial setiap harinya sehingga buah hati menjadi terbiasa.

5. Selalu Memantau Media Sosial Anak

media sosial
pexels.com/@fotios-photos

Selain empat hal di atas, orang tua juga sebaiknya juga menjadi pengguna untuk memantau aktivitas anak di media sosial.

Meskipun demikian, kamu sebaiknya menjadi “teman” yang cool alias silent friend. Nggak perlu memberikan komentar atau like pada media sosial anak agar buah hati nggak merasa dihantui dan membutuhkan akun cadangan lain untuk melarikan diri.

Nah, jadi itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mendampingin anak usia remaja dalam hal menggunakan media sosial. Nggak sulit, kan?

0 Comment