Hobi Berenang? Lakukan 5 Langkah Perawatan Ini Supaya Kulitmu Tetap Cantik

12 September 2019, at 18:00
0
0
Hobi Berenang? Lakukan 5 Langkah Perawatan Ini Supaya Kulitmu Tetap Cantik

Bukan sekedar baik untuk tubuh, berenang juga bermanfaat bagi kesehatan mental dan emosional. Maka nggak heran kalau banyak yang melakukan olahraga air ini sebagai hobi.

Tapi di sisi lain, berenang di area out door pada waktu siang hari cukup mengancam kecantikan kulit. Apalagi kalau kamu nggak memperhatikan perawatannya dengan benar.

Nah, biar kulit wajah dan tubuhmu tetap cantik, simak cara merawat kulit sebelum dan sesudah berenang berikut ini deh!

1. Pakai Sunblock 20 Menit Sebelum Menyentuh Air

wanita memakai sunblock
instagram.com/neutrogena

Kamu pastinya tahu, salah satu bekal wajib saat berenang adalah sunblock. Produk yang satu ini akan bekerja dengan membentuk lapisan untuk menangkal atau menghalangi sinar UV supaya nggak menembus kulit.

Perlu diingat, aktivitas berenang membutuhkan sunblock yang mengandung minimal SPF 50+. Aplikasikan sekitar 20-30 menit sebelum kamu menyentuh air, supaya formulanya meresap dan mampu melindungi kulit dengan sempurna.

Kalau perlu, pilih sunblock yang dilengkapi dengan teknologi waterproof supaya nggak perlu bolak-balik mengaplikasikan ulang.

2. Basahi Diri Sebelum Masuk ke Kolam Renang

wanita mandi
unsplash.com

Setelah sunblock yang kamu pakai 'siap', baiknya basahi tubuhmu dulu sebelum masuk ke kolam renang. Karena hal sepele yang sering diabaikan ini ternyata punya manfaat yang luar biasa.

Membasahi diri sebelum berenang akan membantu menghidrasi kulit supaya air kolam yang kotor nggak terserap ke dalam tubuhmu. Terlebih lagi, kebiasaan ini katanya juga membantu sunblock yang kamu pakai bekerja lebih efektif lagi lho.

Baca juga: Kamu Hobi Berjemur di Pantai? Ini Bahayanya untuk Kulit yang Harus Diwaspadai

3. Oleskan Minyak Kelapa

wanita memakai face oil
instagram.com/luxcrime_id

Sebagai perawatan tambahan sebelum berenang, akan lebih baik lagi kalau kamu mengoleskan minyak kelapa ke wajah dan sekujur tubuh. Jenis essential oil yang satu ini mampu melindungi kulit dari virus dan bakteri.

Apalagi, berenang di air yang penuh dengan klorin bisa menyebabkan kulit kehilangan minyak alaminya. Dengan mengoleskan coconut oil, kulitmu akan senantiasa lembab dan terhindar dari iritasi karena kandungan bahan kimia di dalam kolam.

4. Segera Mandi dan Keramas

wanita sedang berendam
instagram.com/sensatiabotanicals

Setelah berenang, segeralah mandi dan keramas dengan air hangat. Jangan menunggu hingga badanmu kering karena klorin dari kolam renang bisa membuat kulitmu sangat kering.

Bersihkan seluruh area badan dan rambutmu dengan seksama. Kalau perlu, gunakan sabun mandi anti-bakteri juga shampoo yang bagus dan sesuai dengan kondisi kulit kepalamu.

5. Pakai Pelembab

wanita memakai pelembab
instagram.com/banilacousa

Setelah badan dan wajahmu benar-benar bersih dari klorin, langsung hidrasi kulitmu memakai produk pelembab wajah dan body lotion.

Perawatan setelah berenang ini akan mencegah kulitmu supaya nggak kering. Selain itu, kamu boleh lho memakai serum vitamin C yang mengandung antioksidan untuk menjaga kulit dari kerusakan yang bisa diakibatkan oleh sinar UV.

Nah, itulah rutinitas perawatan sebelum dan setelah berenang supaya kulitmu tetap cantik. Selamat mencoba!

0 Comment