Hobi Jajan Kopi? Ini Tanda Tubuhmu Sudah Overdosis Kafein

30 January 2019, at 09:00
0
0
Hobi Jajan Kopi? Ini Tanda Tubuhmu Sudah Overdosis Kafein

Saat ini, kopi tidak hanya menjadi sebuah minuman penunjang kebutuhan. Tapi sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern, khusunya anak muda.

Tidak heran jika dewasa ini keberadaan kedai kopi merajalela. Fenomena ini membuat kebanyakan orang tidak sadar bahwa dirinya telah mengonsumsi terlalu banyak kafein.

Di balik manfaatnya bagi kesehatan, ternyata terdapat bahaya minum kopi yang siap menyerangmu. Ini tanda yang akan diberikan oleh tubuhmu jika kamu sudah overdosis kafein.

1. Sakit Kepala

kebanyakan minum kopi menyebabkan sakit kepala
medicalnewstoday.com

Apabila kamu merasa sakit kepala setelah minum kopi, mungkin kamu sedang mengalami overdosis kafein. Kondisi ini dapat terjadi apabila kamu terlalu banyak mengonsumsi minuman tersebut.

Baca juga: Waduh! Terlalu Sering Minum Minuman Ini Bisa Akibatkan Gagal Ginjal?

Asupan kafein kopi yang di atas batas normal dapat meningkatkan tekanan dan mengakibatkan sakit kepala.

Selain itu, masalah kesehatan ini juga bisa muncul jika kamu berhenti mengonsumsi minuman berkafein padahal sudah terbiasa meminumnya.

2. Detak Jantung Tidak Teratur

bahaya minum kopi setiap hari detak jantung tidak teratur
shutterstock.com

Ciri-ciri overdosis kopi lainnya adalah detak jantung yang tidak teratur. Kafein merupakan zat yang dapat memengaruhi tekanan darah.

Apabila terlalu banyak, maka akan terjadi peningkatan tekanan dan membuat jantung bekerja lebih keras. Hasilnya, denyut jantung menjadi tidak teratur karena asupan kafein yang berlebih.

Pada beberapa kasus yang cukup parah, sistem kardiovaskular yang tidak berjalan normal tersebut juga dapat menyebabkan kematian.

3. Badan Gemetar

kebanyakan minum kopi membuat badan gemetar
jonbarron.org

Badan gemetar setalah minum kopi merupakan salah satu ciri-ciri overdosis kafein yang bisa saja terjadi padamu. Sebenarnya, dampak kafein yang satu ini tidak berbahaya.

Kondisi ini akan hilang setelah kafein selesai dicerna oleh tubuh. Efek kebanyakan minum kopi seperti ini terjadi karena kafein mengirim sinyal pada sistem saraf agar bekerja lebih keras.

Otot-otot akan berkontraksi dan bergerak tanpa kendalmu. Ini lah yang membuat badanmu gemetar.

4. Mual dan Muntah

dampak kafein mual dan muntah
hellosehat.com

Bagi penderita maag, kopi atau kafein merupakan musuh besar. Hal ini karena kafein kopi dapat meningkatkan asam lambung hingga menyebabkan masalah kesehatan.

Kondisi ini merupakan salah satu bahaya minum kopi yang bisa menyebabkan mual dan muntah.

Selain itu, beberapa orang yang sistem pencernaannya tidak kuat akan mengalami dampak kafein yang lebih parah. Bahkan, kamu bisa terserang diare dan gangguan pencernaan lainnya.

5. Gelisah

kafein kopi membuat gelisah
gentlemancode.id

Minum kopi akan meningkatkan kadar kewaspadaan seseorang. Itulah mengapa minuman ini selalu menjadi pilihan ketika harus terjaga di malam hari meskipun tubuh sudah lelah.

Akan tetapi, kewaspadaan yang berlebihan dapat menimbulkan kegelisahan. Kebanyakan minum kopi akan membuatmu gelisah dan tidak tenang. Tentunya hal ini bukan merupakan pertanda bagus bagi kesehatan.

6. Sering Merasa Haus

ciri-ciri overdosis kopi sering merasa haus
hellosehat.com

Semakin banyak minum kopi, kamu akan semakin sering merasa haus. Meskipun kafein masuk ke dalam tubuh dalam bentuk minuman, tetapi dampak kafein justru bukan untuk menghilangkan dahaga.

The Food and Drug Administration menyatakan bahwa kebutuhan cairan tidak dapat terpenuhi dengan minuman berkafein. Hal ini karena dampak kafein menyebabkan orang sering buang air kecil dan mengalami dehidrasi.

Baca Juga: Konsumsi Kopi dengan Takaran yang Pas, Kamu Bisa Dapatkan Manfaat Ini

7. Insomnia

bahaya minum kopi insomnia
carilionclinicliving.com

Dampak kafein yang satu ini memang sering dimanfaatkan oleh anak muda untuk menambah produktivitas kerja mereka.

Namun, jika kamu mengalami insomnia bahkan setelah tidak mengonsumsi kopi ini merupakan ciri-ciri overdosis kafein.

8. Tekanan Darah Tinggi

kebanyakan minum kopi hipertensi
shutterstock.com

Selain 7 masalah kesehatan di atas, tekanan darah tinggi juga merupakan bahaya minum kopi setiap hari. Kebanyakan minum kopi menyebabkan tekanan darah meningkat sampai 4 kali lipat pada orang yang memiliki hipertensi.

Hal ini dipengaruhi oleh meningkatnya hormon adrenalin sebagai dampak kafein kopi.

Jadi, apakah tubuhmu sudah memberikan ciri-ciri overdosis kafein? Jika iya, sebaiknya kurangi konsumsi kopi dan lain sebagainya. Minumlah dalam batas wajar dan tidak berlebihan.

Untuk mendapatkan informasi kesehatan lainnya, silakan unduh aplikasi Qupas melalui Google Play Store atau Apple App Store sekarang juga!

0 Comment