Hobi Makan Kerupuk? 5 Masalah Kesehatan Ini Perlu Kamu Waspadai

29 June 2019, at 00:00
0
0
Hobi Makan Kerupuk? 5 Masalah Kesehatan Ini Perlu Kamu Waspadai

Selain menyukai makanan pedas, masyarakat Indonesia dikenal sebagai pecinta kerupuk. Bahkan, banyak orang yang mengatakan bahwa ia nggak bisa menikmati makanan tanpa adanya olahan tepung renyah yang satu ini.

Meskipun enak dan murah, akan tetapi sebaiknya kamu nggak mengonsumsi kerupuk dalam jumlah banyak dan sering lho.

Hal tersebut karena kerupuk mengandung beberapa zat yang nggak baik untuk kesehatan dan dapat menyebabkan beberapa masalah ini apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Baca Juga: Gejala dan Pengobatan Tekanan Darah Tinggi yang Sekarang Banyak Menyerang Anak Muda

1. Tekanan Darah Tinggi

tekanan darah tinggi
honestdocs.id

Tahukah kamu, kerupuk memiliki kandungan natrium yang sangat tinggi. Banyaknya taburan garam dan berbagai bumbu penyedap tersebutlah yang membuatnya terasa enak dan gurih.

Akan tetapi, natrium yang terkandung dalam garam dan bumbu penyedap tersebut apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat membuatmu berisiko mengalami tekanan darah tinggi lho.

2. Risiko Obesitas

risiko obesitas
honestdocs.id

Siapa sih yang nggak tahu kalau kebanyakan jenis kerupuk harus diolah terlebih dahulu dengan cara digoreng menggunakan minyak?

Oleh sebab itu, kerupuk kaya akan kandungan minyak dan kalori. Itulah mengapa mengonsumsi olahan tepung renyah tersebut terlalu banyak dapat memicu obesitas atau kegemukan.

3. Gagal Ginjal

gagal ginjal
honestdocs.id

Masalah kesehatan lain yang dapat kamu rasakan apabila terlalu banyak mengonsumsi kerupuk adalah gagal ginjal.

Memang efek yang diberikan nggak langsung terjadi, namun risikonya akan meningkat apabila kamu terlalu banyak makan kerupuk karena ginjal akan bekerja lebih keras akibat banyaknya kandungan berbahaya di dalamnya.

Baca Juga: Benarkah Minuman Kemasan Sebabkan Gagal Ginjal Pada Anak Kecil?

4. Kanker

kanker
shutterstock.com

Terlalu banyak makan kerupuk juga dapat meningkatkan risiko kanker, terutama apabila olahan tepung tersebut diberi pewarna.

Pasalnya, pewarna tersebut bisa jadi berbahaya dan mengandung bahan yang bersifat karsinogen atau memicu kanker.

5. Kerusakan Otak

kerusakan otak
infofueguina.com

Risiko lainnya apabila kamu terlalu banyak makan kerupuk adalah terjadinya kerusakan otak dan juga pusat koordinasi tubuh.

Hal tersebut bisa saja dipengaruhi oleh zat-zat kimia yang terkandung di dalam kerupuk, terutama yang berwarna.

Meskipun demikian, kamu tetap boleh mengonsumsi olahan tepung renyah tersebut dalam porsi sewajarnya kok. Selain itu, usahakan untuk nggak memilih kerupuk yang berwarna ya Sobat Qupas.

0 Comment