Hobi Maraton Nonton Film? Lakukan 8 Tips Ini Supaya Mata Tetap Sehat

06 October 2018, at 01:00
0
0
Hobi Maraton Nonton Film? Lakukan 8 Tips Ini Supaya Mata Tetap Sehat

Buat kamu yang ngaku pecandu film, biasanya kamu menghabiskan waktu berapa jam dalam sehari untuk nonton? Kalau belum pernah mengalami yang namanya ‘maraton’ nonton film, berarti kamu belum sepenuhnya dikatakan sebagai pecandu film.

Yap, maraton nonton film memang sering dinobatkan kepada orang-orang yang sering menghabiskan waktunya sehari-hari hanya untuk nonton film. Jadi, sekali nonton film, orang-orang ini bisa menghabiskan lebih dari 2 film sekaligus. Bisa dibayangkan, berapa jam yang telah dihabiskan hanya untuk menonton film?

nonton film
pexels.com

Kalau urusan waktu, mungkin masih bisa ditoleransi. Sebab, bisa jadi, memang tidak ada kegiatan apapun, daripada nganggur ya dibuat nonton film, benar begitu? Tapi, lebih dari itu sebenarnya ada satu hal penting yang harus diperhatikan bagi setiap pecandu film, yaitu kesehatan mata.

Mata adalah salah satu indera yang fungsinya teramat penting dalam kehidupanmu. Jadi, alangkah baiknya kamu menyadari akan hal itu sebelum terjadi sesuatu yang membuat mata jadi tidak sehat sehingga akhirnya akan menimbulkan penyesalan.

Nah, untuk mencegah terjadinya kerusakan pada mata akibat maraton nonton film. Yuk simak tipsnya berikut ini.

Baca juga : Jangan Dikucek, Inilah 8 Obat Sakit Mata Alami yang Ampuh dan Aman

1. Teori 20 – 20

nonton film
pexels.com

Mungkin nama dari teori ini sedikit aneh dan membingungkan. Tapi tenang saja, teori ini sudah dikenal sejak dulu. Praktiknya mudah, arti dari 20 – 20 adalah kamu harus memalingkan fokus pandanganmu dari layar laptop setiap 20 menit sekali. Dalam memalingkan pandangan juga ada waktunya, yakni sekitar 20 detik. Setelah itu, kamu bisa kembali menatap layar untuk melanjutkan nonton.

2. Posisi yang Tepat

nonton film
pexels.com

Memang benar, nonton di rumah itu paling nikmat sambil tidur-tiduran di kasur. Namun, ketika kamu melakukan maraton nonton film, jangan bertahan pada posisi ini terlalu lama karena akan berisiko merusak penglihatanmu. Lebih baik, lakukan pada posisi duduk tegak. Boleh lah sekali-kali tiduran, tapi ingat jangan terlalu lama agar mata tetap terjaga kesehatannya.

3. Sering Berkedip

berkedip
top10homeremedies.com

Selanjutnya, kamu harus sering-sering berkedip. Sebab, berkedip adalah cara alami untuk melindungi mata. Selain itu, berkedip juga mampu menjaga kelembapan mata agar tidak kering. Karena dalam proses nonton film yang berjam-jam akan membuat mata menjadi kering. Akibatnya, mata akan terasa gatal dan panas. Jadi, sering-seringlah berkedip saat kamu melakukan maraton nonton film.

4. Camilan Sehat

camilan sehat
pexels.com

Saat sedang nonton memang paling nikmat jika ditemani dengan camilan. Namun, jangan asal pilih camilan, pilihlah camilan yang sehat, seperti buah-buahan. Sebab, selain bisa membuat tubuh bugar, camilan sehat itu juga bisa melindungi mata. Disarankan untuk memilih buah yang kaya akan vitamin A, seperti tomat, pepaya, dan sebagainya.

5. Perawatan Sederhana

kedip
inovasee.com

Untuk memastikan agar mata tetap dalam kedaaan sehat, kamu juga perlu melakukan perawatan. Cara merawatnya pun mudah dan tanpa biaya. Kamu hanya perlu memijat area sekitar mata dengan perlahan, seperti dahi, bawah mata, dan samping mata. Disarankan untuk menggunakan minyak alami agar bisa memberi efek rileks kepada otot mata yang lelah.

6. Memberi Waktu Jeda

nonton film
pexels.com

Ingatlah, sekuat-kuatnya mata pasti akan lelah juga. Jangan pernah dipaksa ketika sudah terasa lelah. Lebih baik istirahatkan atau beri jeda beberapa menit untuk sekedar memejamkan mata. Hal ini bertujuan untuk mengendurkan kembali otot mata yang tegang akibat lelah menonton film selama berjam-jam.

7. Perhatikan Pencahayaan

nonton film
pexels.com

Untuk menjaga kondisi mata agar tetap sehat, jangan lupa agar memerhatikan kondisi pencahayaan dari laptop. Usahakan untuk memberi pencahayaan yang tidak terlampau terang karena bisa membuat mata semakin cepat lelah. Kalau memang bisa dan masih memungkinkan, lebih baik redupkan sedikit layar laptopmu.

8. Perhatikan Waktu

nonton film
expressnewzpk.com

Yang teakhir adalah perhatikan waktu menonton. Boleh saja kamu melakukan maraton nonton film, tapi kamu harus menyadari bahwa semua organ pada tubuh memiliki batas kemampuan. Ketika kamu sudah menghabiskan waktu sekitar 4 jam, maka akhiri segera. Jangan terlalu dipaksakan. Mata juga perlu istirahat agar tetap terjaga kesehatannya.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar mata tetap sehat, meskipun sering maraton nonton film. Selamat mencoba!

0 Comment