Hobi Mengunyah Permen Karet? Ini Lho Manfaatnya Bagi Kesehatan

20 September 2019, at 10:00
0
0
Hobi Mengunyah Permen Karet? Ini Lho Manfaatnya Bagi Kesehatan

Siapa sih yang nggak tahu permen karet? Permen manis dengan tekstur yang kenyal tersebut biasanya banyak dikonsumsi untuk mengurangi kebosanan atau bahkan teman perjalanan.

Selain mengurangi rasa jenuh, mengonsumsi permen yang disukai oleh anak muda ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan lho. Apa saja ya?

1. Mengurangi Bau Mulut

mengurangi bau mulut
klikdokter.com

Mengunyah permen karet bisa menjadi salah satu alternatif saat kamu terburu-buru dan nggak sempat menyikat gigi. Pasalnya, kegiatan sepele tersebut dapat mengurangi bau mulut lho.

Produksi air liur yang meningkat saat mengunyah permen karet akan membuat gigi dan mulut bersih dari bakteri sehingga kamu terhindar dari bau mulut.

2. Mencegah Gigi Berlubang

mencegah gigi berlubang
doktersehat.com

Selain mengurangi bau mulut, mengunyah permen karet juga bisa mencegah gigi berlubang. Air liur yang diproduksi saat mengunyah permen karet bisa membersihkan makanan sisa dan menetralkan asam bakteri.

Nggak hanya itu, kegiatan menyenangkan tersebut juga membawa antibodi yang dapat melawan kuman penyebab gigi berlubang.

3. Mencegah Naiknya Asam Lambung

asam lambung naik
klikdokter.com

Tahukah kamu, mengunyah permen karet ternyata juga bisa mencegah terjadinya refluks atau naiknya asam lambung ke kerongkongan yang dapat menyebabkan iritasi pada saluran tersebut lho.

Mengunyah permen karet akan membuat produksi air liur meningkat dan mengubah pHnya menjadi lebih basa sehingga kamu banyak menelan. Hal tersebutlah yang kemudian menetralkan asam lambung.

Baca Juga: Perhatikan, 8 Penyebab Maag Kronis Ini Sering Disepelekan

4. Mengatasi Kecemasan

mengatasi kecemasan
popsugar.com

Manfaat lain dari mengunyah permen karet adalah mengatasi stres dan cemas dengan cara menekan produksi hormon kortisol yang menjadi pemicunya. Selain itu, gerakan mengunyah secara alami memang memberik efek menenangkan.

Oleh sebab itu, mengunyah permen karet bisa menjadi alternatif yang tepat bagi kamu yang punya kebiasaan menggigit kuku saat sedang cemas atau gelisah.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

meningkatkan fungsi otak
hellosehat.com

Beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi permen karet ternyata baik untuk fungsi otak. Kegiatan sepele tersebut dapat meningkatkan kemampuan pemahaman, kewaspadaan, ingatan, bahkan kemampuan mengambil keputusan.

Meskipun belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan hal tersebut, namun para ahli percaya bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan aliran darah menuju otak sehingga dapat bekerja lebih optimal.

Jadi itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang perlu kamu ketahui terkait manfaat mengunyah permen karet. Walau begitu, usahakan untuk nggak mengonsumsinya secara berlebihan karena kebanyakan permen karet mengandung gula.

0 Comment