Hobi Menyimpan Struk ATM Berpotensi Sebabkan Kanker, Kok Bisa?

21 June 2019, at 00:00
0
0
Hobi Menyimpan Struk ATM Berpotensi Sebabkan Kanker, Kok Bisa?

Anjungan Tunai Mandiri atau ATM merupakan alat yang tentunya sudah nggak asing lagi dikehidupan masyarakat. Fasilitas yang disediakan oleh bank ini memang dirancang untuk mempermudah kegiatan manusia.

Sebagai salah satu orang yang memanfaatkan kemudahan tersebut, kamu pasti tahu bahwa beberapa mesin ATM akan mengeluarkan kertas tanda bukti transaksi setelah digunakan.

Beberapa orang memilih untuk mengabaikan kertas tanda bukti atau yang lebih sering disebut struk tersebut dan langsung membuangnya. Sedangkan sebagian lainnya memilih untuk menyimpan struk ATM di dalam tas atau dompet.

Baca Juga: Sering Dilakukan, Begini Dampak Langsung Tidur Setelah Makan Bagi Kesehatan

Jika kamu termasuk yang suka mengoleksi atau menyimpan struk ATM, sebaiknya mulai hindari kebiasaan tersebut karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

bahaya struk atm
mediaindonesia.com

Pasalnya, kertas yang digunakan pada ATM bukanlah kertas biasa seperti yang kamu gunakan untuk menulis, melainkan kertas thermal yang berpotensi menyebabkan kanker.

Sayangnya, kertas thermal nggak hanya digunakan untuk struk ATM saja. Melainkan beberapa hal yang dekat dengan kehidupan sehari-hari seperti struk mesin kasir, tiket nonton, bahkan tiket pesawat.

Kertas tersebut berbahaya bagi tubuh karena mengandung zat kimia beracun yaitu BPA (Bisfenol A) dan BPS (Bisfenol B). Kandungan tersebutlah yang menghasilakan tulisan saat kertas thermal dipanaskan oleh mesin, bukan tinta.

bahaya menyimpan struk atm
channelkonnect.com

Sebuah penelitian yang mengambil berbagai sempel dari bukti transaksi ATM, bebagai merk kertas struk, bahkan kertas kantor pos menemukan bahwa 60 persen diantaranya mengandung BPA yang berpotensi menyebabkan kanker atau karsinogenik.

Baca Juga: Hindari Kebiasaan Lampiaskan Stres dengan Makan Karena Bisa Menyebabkan Obesitas

Peneliti menyebutkan bahwa dampak dari menyentuh struk ATM terlalu sering bukanlah hal yang dapat disepelekan. Zat tersebut diketahui berkaitan dengan obesitas, kanker, pubertas dini, dan lain sebagainya.

Wah, seram juga ya! Setelah mengetui faktanya, Sobat Qupas masih mau menyimpan struk ATM di dompetmu nggak?

0 Comment