Hobi Ngemil Es Batu? Hati-hati dengan Masalah Kesehatan Ini!

06 August 2019, at 09:00
0
0
Hobi Ngemil Es Batu? Hati-hati dengan Masalah Kesehatan Ini!

Apakah kamu suka makan es batu. Beberapa orang memiliki kecenderungan mengonsumsi hal nggak lazim tersebut, terutama dari sisa minuman dingin yang baru saja mereka habiskan.

Dilansir dari Healthline, ahli kesehatan menyebutkan bahwa hobi ngemil es batu tersebut menunjukkan tanda adanya kecenderungan masalah kesehatan yang bernama pagophagia.

Penderita penyakit ini sangat suka makan es batu. Beberapa sengaja mencarinya dari lemari pendingin dan dalam beberapa kasus yang parah penderita bahkan nggak mengonsumsi makanan lainnya.

Baca Juga: Suka Makan Sabun? Ternyata Kamu Mengidap Sindrom Ini!

Meskipun terlihat sepele, akan tetapi hobi ngemil es batu bisa memberikan dampak bahaya bagi kesehatan lho.

ngemil es batu
msn.com

Para ahli kesehatan menyebutkan bahwa apabila kamu memiliki keinginan berlebihan untuk makan es batu, maka hal tersebut bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan tertentu seperti anemia pada tubuhmu.

Anemia jenis iron deficiency anemia ini terjadi apabila darah nggak memiliki sel darah merah yang cukup. Padahal, hal tersebut berperah besar dalam sirkulasi oksigen menuju seluruh tubuh. Kondisi tersebut lantas membuat penderita lemas tak bertenaga.

Masalah kesehatan ini akan membuat darah kekurangan zat besi yang merupakan salah satu faktor penting dalam pembentukan sel darah merah.

anemia
shutterstock.com

Lalu apa hubungannya dengan makan es batu? Orang dengan masalah kesehatan ini cenderung suka makan es batu karena kegiatan tersebut dapat membantu mengalirkan darah menuju otak.

Selain itu kecenderungan suka makan es batu juga bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan PICA atau gangguan makan yang membuat penderitanya mengonsumsi hal-hal nggak lazim.

Baca Juga: Awas, Inilah Sederet Penyakit yang Mengintaimu Jika Hobi Mager!

Pagophagia merupakan salah satu jenis PICA yang penderinya suka mengonsumsi es batu, air es, atau salju.

sakit gigi
hellosehat.com

Selain menandakan adanya penyakit pada tubuh, hobi ngemil es batu juga bisa menyebabkan masalah kesehatan tertentu seperti merusak enamel gigi. Padahal, bagian terebut merupakan yang paling kuat dan berfungsi sebagai pelindung keseluruhan gigi.

Apabila enamel rusak, maka gigi akan menjadi sensitif dan risiko gigi berlubang pun meningkat. Nggak hanya itu, kamu yang hobi makan es batu juga bisa mengalami gangguan pencernaan bahkan keracunan lho.

Buat Sobat Qupas yang hobi ngemil es batu, segera kurangi kebiasaan tersebut ya! Apabila sudah parah, berkonsultasilah dengan dokter agar nggak menyebabkan masalah kesehatan yang lebih parah.

0 Comment